Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Mesin Mobil yang Overheat, Lakukan 6 Langkah Awal Ini!

Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat, Lakukan 6 Langkah Awal Ini!

Mengatasi mesin mobil yang overheat bisa Anda lakukan dengan memulai enam langkah awal saat berupaya mengatasi masalah tersebut. Mesin mobil mengalami overheat atau suhu mesin yang terlalu panas sudah umum terjadi.

Masalah tersebut biasanya dialami oleh mobil-mobil keluaran tahun tua. Tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mobil keluaran baru.

Letak permasalahan utamanya pada sistem pendingin, yang mana tutup radiator, radiator, kipas radiator, water pump, fan belt, thermostat. Serta selang-selang dan cairan yang ada di dalamnya seringkali terabaikan.

Apabila salah satunya tidak dapat bekerja secara maksimal, maka rawan terjadi overheating dan akibatnya pun bisa fatal. Mobil sudah pasti mogok, bahkan kemungkinan besarnya harus sampai turun mesin.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali masalah tersebut, dari mulai gejala, penyebab, serta cara menanganinya. Anda juga tidak perlu panik jika mobil Anda mengalami masalah ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi mesin mobil yang overheat.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

6 Langkah Awal Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat

Berhenti di Pinggir Jalan dan Matikan Mesin

Saat mesin mobil mengalami overheat, segera berhenti dan menepi ke pinggir jalan yang aman. Kemudian matikan mesin mobil Anda.

Hal itu penting Anda lakukan agar mobil tidak mengalami kerusakan lebih parah. Selanjutnya awasi bagian jarum temperatur.

Buka Kap Mesin

Agar mesin yang panas bisa cepat dingin, Anda harus membuka bagian kap mobil supaya panasnya tidak terperangkap dalam ruang mesin.

Cari tuas kecil sebagai pembuka kap mesin, lalu angkat. Tapi Anda juga harus berhati-hati karena bisa beresiko tersengat panas radiator.

Baca Juga : Cooling Fan Mobil dalam Beragam Jenis, Pilih Sesuai Kebutuhan

Jangan Buka Tutup Radiator saat Mesin Panas

Langkah selanjutnya dalam mengatasi mesin mobil yang overheat yaitu jangan membuka tutup radiator ketika mesin masih panas.

Jika membukanya ketika mesin mobil dalam keadaan masih panas bisa menyebabkan air dan uap yang bertekanan tinggi itu akan lepas. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya luka bakar yang serius kalau terkena kulit.

Periksa Tabung Cadangan Air Radiator

Dalam mengatasi mesin mobil yang overheat, Anda juga harus memeriksa tabung cadangan air radiator untuk memastikan apakah kurang atau cukup.

Karena setiap mobil pasti punya air radiator cadangan yang terhubung ke radiator bagian atas. Terdapat pula indikator untuk mengetahui ketinggian air. Karena kalau air kurang bisa berbahaya bagi mesin mobil.

Dalam hal ini, langkah yang bisa Anda lakukan yaitu menambah cairan pendingin hingga posisinya berada pada garis atas.

Baca Juga : Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang, Salah Satunya Asap Knalpot Pekat

Anda dapat mengisi air pada tabung meski mesin panas. Atau menunggu dulu kondisi mesin sampai dingin. Tapi kalau cuma memiliki radiator, Anda harus menunggu sampai dingin.

Cari Kebocoran pada Sistem Pendingin

Ketika mengatasi mesin mobil yang overheat, langkah awal berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu mencari sumber kebocoran yang terjadi pada sistem pendinginan.

Jika kepala silinder atau radiator rusak, kemungkinan terjadi kebocoran pada sistem pendinginan. Kalau Anda memiliki pengalaman yang cukup dengan mobil, periksa radiator, kepala silinder, atau blok mesin dekat gasket. Cara ini untuk mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Namun sebaliknya, kalau Anda tidak paham, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel untuk memeriksa tekanan sistem pendinginan. Pemeriksaan tersebut mudah, bahkan mungkin dapat dilakukan secara gratis.

Ambil Keputusan Tetap Jalan atau Panggil Bantuan Darurat

Apabila radiator hanya kurang cairan, kemudian Anda masih bisa mengisinya, hal ini tentu tidak masalah. Anda tinggal mengisinya lalu melanjutkan lagi perjalanan. Tapi jika air pada radiator habis, jangan menjalankan mobil.

Selanjutnya, jika mobil bisa jalan kembali, sebaiknya matikan AC. Hal ini untuk mengurangi kinerja mesin mobil. Anda cukup nyalakan saja heater guna mengurangi panas pada mesin, dan menjalankan mobil dengan stabil.

Kalau sekiranya bantuan mudah Anda dapatkan, sebaiknya minta bantuan mobil derek ketimbang Anda harus mengendarainya.

Itulah enam langkah awal yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi mesin mobil yang mengalami overheat. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -