Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita BisnisMenghasilkan Uang dari Rumah, Begini Strategi Jitu yang Mudah

Menghasilkan Uang dari Rumah, Begini Strategi Jitu yang Mudah

Menghasilkan uang dari rumah ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Apalagi jika Anda ingin menjadikan rumah sebagai sumber penghasilan ataupun untuk menambah pendapatan keluarga.

Makin tingginya kebutuhan maupun tuntutan hidup mendorong banyak keluarga untuk pandai-pandai mencari penghasilan tambahan.

Apalagi jika kita telah berumah tangga dan telah memiliki beberapa anak, maka pengelolaan keuangan keluarga tak cukup mampu memecahkan persoalan keuangan.

Dalam mengelola keuangan keluarga, kita memang dituntut untuk pandai dalam merencanakan pengeluaran. Membelanjakan penghasilan dari gaji suami harus terencana agar mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Baca Juga: Jenis Usaha Modal Kecil Tapi Untungnya Besar, Pasti Laris Manis!

Sehebat apapun perencanaan yang baik, sebaik apapun pengelolaan keuangan yang telah kita jalankan namun ini bukan hal yang mudah. Apalagi jika kebutuhan dasar minimal saja sulit terpenuhi tentunya akan menimbulkan masalah keuangan keluarga.

Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melihat apakah perlu menambah penghasilan. Seiring kebutuhan hidup yang terus meningkat, mungkin saja gaji suami tak akan lagi mampu mencukupi semua kebutuhan yang ada.

Karena itulah dalam merencanakan keuangan keluarga, ada beberapa informasi lain yang juga perlu mendapat penjelasan agar hasilnya lebih optimal. Berikut  tahapan cara menghasilkan uang dari rumah yang perlu Anda lakukan.

Mengidentifikasi Sumber Penghasilan

Anda perlu melakukan identifikasi dari mana saja sumber penghasilan anda. Seperti misalnya dari gaji suami, honor ibu menulis artikel, laba investasi, dan sebagainya.

Informasi ini mencakup semua sumber penghasilan atau pendapatan yang telah nyata dan menjadi sumber keuangan keluarga.

Menghitung Kebutuhan Hidup

Rincian kebutuhan dan pengeluaran rutin juga mesti Anda lakukan. Baik tentang kebutuhan belanja untuk makan, biaya pendidikan anak-anak, biaya kontrak rumah, pajak atau zakat, sumbangan sosial, dan sebagainya.

Selain pengeluaran tetap, anda juga perlu menegaskan tentang pengeluaran lain non-rutin yang mesti juga Anda siapkan.

Merinci Jumlah Hutang

Hutang apa saja yang mesti anda perhatikan juga penting dalam perencanaan Anda. Termasuk merencanakan tanggal jatuh tempo pembayaran atau pelunasan hutang.

Langkah ini penting agar anda tidak merasa terbebani dengan denda jika mengalami keterlambatan.

Baca Juga: Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Mudah dan Menjanjikan

Menilai Aset

Langkah lainnya dalam menghasilkan uang dari rumah adalah dengan menilai aset yang Anda miliki. Harta atau aset apa saja yang anda miliki juga penting untuk Anda perhitungkan.

Ini bisa mencakup semua harta benda bergerak maupun tak bergerak. Seperti tanah, rumah, mobil, investasi, perhiasan emas, tabungan, dan sebagainya.

Menjadikan Aset Rumah sebagai Sumber Penghasilan

Dengan memperhatikan berbagai potensi maupun besarnya kebutuhan keluarga, ada saatnya anda perlu membuat langkah yang lebih riil dalam membantu mengatasi problem keuangan keluarga.

Ada banyak cara yang bisa setiap keluarga lakukan untuk mengatasi hal itu. Ada yang istrinya kemudian ikut mencari penghasilan dengan berjualan, berdagang, atau bekerja paruh waktu.

Cara lainnya adalah dengan mengoptimalkan harta ataupun aset yang kita miliki. Nah, jika anda memiliki tanah atau rumah, beberapa langkah berikut ini mungkin bisa menginspirasi anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah.

Membuat Kos-kosan

Cara menghasilkan uang dari rumah juga tak ada salahnya untuk menambah bangunan guna Anda buat kos-kosan atau rumah kontrakan. Ini terutama jika anda mempunyai rumah dengan halaman yang cukup luas.

Tanah sisa ini bisa berupa halaman atau pekarangan yang masih bisa Anda buat tambahan bangunan ruangan.

Banyak pula cara mendapatkan dana untuk menambah bangunan itu, baik dari pinjam saudara, pinjam bank, atau cara lainnya.

Jika kesulitan mencari modal untuk membangun namun anda memiliki rumah yang besar dengan banyak kamar, kenapa tidak menawarkan salah satu atau salah dua kamarnya untuk Anda kontrakkan ke orang lain.

Baca Juga: Peluang Usaha Belum Banyak Pesaing Tapi Cukup Menjanjikan

Cara ini relatif lebih praktis dan tidak membutuhkan modal. Dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang nyata.

Membuka Warung Kelontong

Cara lain menghasilkan uang dari rumah adalah dengan membuat warung kelontong dengan memanfaatkan garasi atau ruangan depan rumah. Anda sebaiknya jangan membayangkan warung kelontong layaknya minimarket yang membutuhkan modal besar.

Tak sedikit tetangga kita yang bisa membuka warung kelontong hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Bahkan mereka mampu memberikan keuntungan yang tidak bisa terbilang kecil.

Membuka Usaha Jasa

Menjalankan bisnis dari rumah merupakan cara lain mengoptimalkan fungsi rumah. Tak sedikit jenis usaha yang bisa kita jalankan dari rumah dengan keuntungan yang juga tak bisa kita anggap remeh.

Beberapa peluang usaha yang cukup prospek adalah membuka usaha laundry kiloan, jasa jahitan, memproduksi makanan kecil atau cemilan, membuka warung makan, dan masih banyak lagi.

Tak jarang, langkah iseng atau sekedar pengisi waktu luang dalam menghasilkan uang dari rumah akhirnya dapat berkembang menjadi usaha yang jauh lebih maju dan lebih besar. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -