Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Bisul dengan Cepat, Ini Pilihan Cara yang Efektif

Menghilangkan Bisul dengan Cepat, Ini Pilihan Cara yang Efektif

Ada banyak cara menghilangkan bisul dengan cepat. Salah satunya dengan metode pengobatan tradisional yang telah turun temurun sejak lama. Ini bisa menjadi solusi praktis sebelum Anda memeriksakannya ke dokter jika perlu.

Bisul, menurut Wikipedia dan sejumlah referensi medis, merupakan nanah yang mengumpul dan menumpuk dalam jaringan tubuh kita. Bentuknya yang berupa benjolan merah ini akan terasa sakit.

Bisul yang populer juga dengan sebutan abses terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena adanya infeksi bakteri yang bisa menyebabkan kulit menjadi membengkak.

Bakteri penyebab bisul ini sendiri salah satunya yang populer adalah bakteri berjenis Staphylococcus aureus. Bakteri ini bisa masuk ke dalam lapisan folikel melalui luka goresan atau karena gigitan serangga.

Sejumlah gejala yang menyertai timbulnya bisul antara lain berupa pembengkakan yang menimbulkan benjolan, berwarna kemerahan, hangat, dan terasa nyeri.

Risiko bisul ini sendiri bisa menyerang dan terjadi pada siapa saja, dari masa pubertas hingga dewasa. Namun kasus ini jarang terjadi pada masa kanak-kanak.

Bisul yang terjadi karena infeksi bakteri ini bisa menyebar hingga masuk ke bagian tulang. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan risiko terjadinya infeksi pada organ tubuh lainnya. Karena itu penanganan yang cepat dan tepat sangat penting.

Baca Juga : Manfaat Daun Ciplukan Redakan Bronkitis, Sariawan dan Bisul

Cara Menghilangkan Bisul dengan Cepat

Dalam mengobati bisul anda bisa memanfaatkan berbagai macam herbal alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan juga tanpa adanya efek samping. Banyak jenis herbal yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi bisul.

Jika Anda ingin mencoba pengobatan herbal untuk membantu mengatasi bisul, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bisul dengan cepat yang bisa Anda coba. Baik dengan menggunakan bahan herbal atau cara tradisional.

Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki kandungan senyawa yang baik dalam meredakan bisul secara alami. Tumbuhan alami yang satu ini, bisa Anda gunakan dengan mengombinasikannya biji wijen dalam jumah secukupnya.

Untuk cara membuatnya, sangrai bunga matahari dan biji wijen ini hingga warnanya menjadi kecoklatan dan kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah itu, tuangkan minyak wijen ke dalamnya, gunakan ramuan ini untuk Anda tempelkan pada bagian bisul guna membantu mengempeskannya.

Baca Juga : Obat Bisul Tradisional Alami yang Ampuh untuk Mencegah Infeksi

Daun Anyang-anyang

Cara menghilangkan bisul dengan cepat juga bisa dengan menggunakan daun anyang-anyang. Tanaman ini merupakan salah satu jenis daun yang bagus dan berkhasiat mengatasi bisul.

Untuk caranya adalah dengan memilih dan menyiapkan daun anyang-anyang yang masih muda. Setelah itu tumbuk hingga halus.

Selanjutnya tinggal Anda tempelkan daun yang telah Anda tumbuk halus ini ke bagian area tubuh yang mengalami bisul. Lakukan secara teratur untuk mengempiskan bisul Anda.

Daun Asam Jawa

Daun asam Jawa juga terkenal memiliki khasiat anti radang yang baik untuk meredakan bisul. Namun untuk menggunakannya sebaiknya kombinasikan daun asam jawa ini dengan kunyit sebagai ramuan herbal untuk bisul ini.

Caranya, Anda tinggal menumbuk daun ini hingga halus. Setelah itu campurkan dengan kunyit dan aduk hingga berbentuk menyerupai krim. Lalu oleskan secara merata pada bisul.

Baca Juga : Makanan Penyebab Bisul yang Wajib Dihindari

Herbal Bandotan

Herbal yang satu ini juga merupakan salah satu bahan alami yang baik sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat.

Kandungan senyawa dalam daun ini bersifat anti peradangan sehingga baik untuk membantu mengatasi bisul.

Caranya Anda perlu mengambil dan menyiapkan daun bandotan secukupnya lalu lumatkan hingga halus.

Setelah itu tinggal tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul hingga merata. Balut dengan kain perban atau kasa.

Garam

Pilihan lain untuk mengatasi bisul juga bisa dengan menggunakan garam. Bahan bumbu dapur yang satu ini juga merupakan salah satu yang baik untuk membantu mengempiskan bisul.

Untuk melakukannya, siapkan garam dan daun bandotan secukupnya. Kemudian tumbuk bahan tersebut hingga halus.

Setelah itu Anda tempelkan pada bagian bisul secara merata. Lakukan secara rutin hingga bisulnya menjadi kempis.

Demikian beberapa cara menghilangkan bisul dengan cepat menggunakan bahan herbal. Namun jika kondisi bisul tidak segera membaik sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih efektif, sebelum berkembang menjadi lebih parah. (R11/HR-Online/Editor-Eva)