Selasa, Mei 24, 2022
BerandaGaya HidupKesehatanMengobati Radang Testis Secara Mudah Namun Efektif

Mengobati Radang Testis Secara Mudah Namun Efektif

Mengobati radang testis bisa menjadi solusi untuk meredakannya. Selain dengan bahan alami, juga ada antibiotik yang mampu mengatasi gangguan infeksi ini. Namun sesuaikan pengobatan ini dengan faktor yang menyebabkan infeksi jenis ini.

Radang testis merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang pada area testis. Penyakit yang dalam istilah medis terkenal dengan sebutan orchitis atau orkitis ini termasuk sangat mengganggu.

Orchitis bisa kita kenali karena adanya peradangan pada salah satu atau kedua bagian testis. Menurut Wikipedia, peradangan terjadi sebagai reaksi tubuh karena adanya serangan virus atau bakteri.

Virus atau bakteri inilah yang menyebabkan penyakit ini. Dari jumlah kasus yang ada, ada beberapa jenis virus yang paling sering menyerang para pria. Seperti virus gondongan atau mumps, echovirus, varicella, atau Coxsackie virus.

Sedangkan untuk jenis bakteri yang sering menyerang antara lain ecoli, neisseria gonorhoeae, chlamydia trachomatis, pseudomonas aeruginosa, klebsiella pneumoniae, maupun dari jenis staphylococcus sp atau streptococcus sp.

Virus atau bakteri inilah yang menyebabkan kelenjar parotis membengkak. Sejumlah gejala yang menyertai penyakit ini antara lain terjadinya demam, nyeri ketika buang air, hingga bisa menyebabkan keluar nanah.

Radang testis ini sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan memerlukan perawatan khusus untuk membantu mengatasi masalah radang tersebut. Cara mengobati radang testis bisa dengan banyak pilihan.

Baca Juga : Obat Radang Tenggorokan Alami, Ini Pilihan yang Efektif

Namun untuk mengatasi infeksi ini perlu kita lakukan sesuai dengan gejala yang ada dan juga faktor penyebabnya.

Anda bisa menggunakan bahan herbal atau membeli obat antibiotik dari apotik untuk membantu mengatasi permasalahan radang testis ini. Namun jika kondisi semakin parah sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Mengobati Radang Testis

Bagi anda yang sedang menderita radang testis bisa menggunakan beberapa pilihan untuk mengatasi masalah radang testis ini. Nah berikut ini beberapa cara mengobati radang testis yang bisa Anda lakukan dengan segera.

Daun Sirsak

Salah satu pilihan untuk mengatasi orchitis adalah dengan obat herbal. Daun sirsak merupakan salah satu pilihan tepat.

Hal ini karena herbal ini mengandung senyawa bernama Acetogenins yang bermanfaat untuk mendeteksi sel jahat dalam tubuh. Senyawa ini juga berperan penting dalam meregenerasi sel dalam tubuh.

Baca Juga : Gangguan pada Otot, Jenis dan Penyebabnya yang Sering Terjadi

Dengan mengonsumsi air rebusan herbal ini akan bisa mengatasi sel kanker jahat yang tumbuh. Sehingga obat herbal juga bisa kita gunakan untuk menyembuhkan radang testis.

Kulit Manggis

Alternatif lain cara mengobati radang testis adalah dengan menggunakan kulit manggis. Bagian kulit yang keras dari buah manggis ini memiliki peranan besar untuk mencegah virus.

Kandungan dalam herbal ini juga terdapat senyawa zat anti kanker yang baik untuk mengatasi masalah radang testis. Anda perlu merebus bagian dalam kulit buah manggis dan mengonsumsinya secara rutin.

Antibiotik

Obat antibiotik ini sendiri merupakan salah satu pilihan yang kerap orang gunakan sebagai penanganan untuk membantu mengatasi gangguan peradangan orchitis jenis idiopatik.

Antibiotik atau anti inflamasi ini sendiri akan bekerja untuk membantu membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan terjadinya radang pada bagian testis tersebut.

Baca Juga : Radang Selaput Dada, Ketahui Penyebab dan Cara Mendiagnosisnya!

Selain itu, antibiotik ini pun juga akan berfungsi untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran bakteri ke orang lain, yang tentu saja berbahaya.

Anti Inflamasi Non Steroid

Alternatif selanjutnya cara mengobati radang testis adalah dengan menggunakan obat anti inflamasi non steroid. Jenis obat ini merupakan salah satu yang berguna untuk membantu mengatasi inflamasi pada alat vital karena adanya infeksi virus.

Untuk membantu meredakan masalah peradangan testis ini Anda juga perlu istirahat total. Selain itu, Anda juga bisa mengompres bagian skrotum dengan es batu untuk meredakan peradangan yang terjadi.

Ibuprofen

Jenis obat lainnya yang juga banyak orang gunakan untuk membantu mengatasi masalah radang testis adalah dengan menggunakan ibuprofen.

Obat yang satu ini juga berguna untuk membantu meredakan peradangan yang biasanya terjadi pada penderita radang pada buah zakar.

Khususnya untuk jenis orchitis yang terjadi karena adanya infeksi virus atau bakteri. Demikian beberapa cara mengobati radang testis yang bisa Anda lakukan.

Baik dengan menggunakan bahan herbal alami maupun obat lainnya. Namun untuk memastikan penyebabnya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -