Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruModul Wi-Fi 6E Seri AMD RZ600 Hadir dengan Konektivitas Tanpa Batas

Modul Wi-Fi 6E Seri AMD RZ600 Hadir dengan Konektivitas Tanpa Batas

Modul wi-fi 6E seri AMD RZ600 informasi baru yang akan mengguncang kegiatan dunia. Perlu Anda ketahui bahwa AMD dan MediaTek baru-baru ini mengeluarkan pengumuman yang berkaitan dengan konfirmasi kemitraan mereka satu sama lain.

Mereka menyatakan sedang mengembangkan seri baru modul wifi 6E sebagai seri dari RZ600. Dengan adanya modul terbaru ini, harapannya adalah bisa muncul pada laptop yang mempunyai tenaga Ryzen generasi selanjutnya.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga terdapat pada komponen PC desktop pada tahun 2022 sampai selanjutnya.

Baca Juga: Update iOS 16 Siap Rilis, Simak Tipe Ponsel yang Akan Mengantonginya!

Dua pihak yang sedang melakukan kerja sama tersebut juga mengatakan bahwa kecepatan dari wi-fi ini memang tidak bisa Anda remehkan, dengan latency yang rendah, serta terdapat pengurangan gangguan dari sinyal lainnya.

Mengacu pada pernyataan tersebut, modul wi-fi 6E memang akan memberikan banyak keuntungan. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan peranan dari modul tersebut, jangan ragu untuk memilikinya.

Mengintip Sekilas Spek dari Modul Wi-fi 6E Seri AMD RZ600

Demi menambah keyakinan Anda untuk membeli modul wi-fi yang merupakan produk dari kerjasama AMD dengan MediaTek, alangkah lebih baiknya jika kita mengintip sedikit spesifikasinya terlebih dahulu.

Sebelum kita lebih dalam menguak spesifikasi dari modul wi-fi 6E seri AMD RZ600, perlu Anda ketahui bahwa nantinya akan terdiri dari 2 model.

Untuk yang pertama adalah RZ 616 dan kedua adalah RZ 608. Namun, Anda juga tidak perlu khawatir ataupun bingung memilih yang mana. Mengapa begitu?

Alasannya adalah kedua model tersebut sudah menampung chipset Filiogic 330P MediaTek. Dengan demikian, kedua model tersebut akan mendukung wi-fi 6E 2 x 2 juga standar konektivitas bluetooth 5.2 terbaru.

Guna mengoptimalkan modul wi-fi yang satu ini, AMD dan MediaTek fokus terhadap penghadiran pengalaman konektivitas tanpa batas bagi pelanggannya.

Selain itu, AMD dengan MediaTek juga mengembangkan serta mensertifikasikan interface PC le dan USB pada kondisi sleep hingga power management. Hal ini juga merupakan elemen penting dari pengalaman pelanggan modern.

Baca Juga: Asus ExpertBook B7 Flip Hadir untuk Kalangan Pebisnis, Intip Desainnya!

Bukan hanya itu saja, untuk proses pengoptimalan modul wi-fi 6E seri AMD RZ600 ini juga mencakup stress test dan memastikan standar kompatibilitas. Hingga pada akhirnya dapat mengurangi waktu pengembangan untuk para pelanggan OEM.

Penjelasan Alan Hsu

Corporate Vice President dan General Manager, Intelijen Connectivity Business Unit MediaTek, Alan Hsu menjelaskan bahwa MediaTek sudah lama menjadi pemimpin wi-fi yang berada di sejumlah segmen berbeda. Misalnya saja ada Smart TV, Voice Assistant, dan router.

Dengan adanya penggunaan chipset filologic 330p ini, nantinya juga akan memberi dampak untuk memperluas portofolio konektivitas. Hal ini juga akan berjalan seiring apabila pihaknya terus melakukan perluasan di pasar PC.

Dengan menggunakan modul wi-fi 6E seri AMD RZ600 yang mempunyai tingkat ketepatan produksi tinggi dengan chipset berdaya rendah, namun mendukung laptop AMD generasi selanjutnya ini, konsumen akan bisa menikmati konektivitas tanpa batas.

Selain itu, masa pakai baterai juga akan bertahan lebih lama meskipun digunakan untuk bermain game, obrolan video, dan streaming.

Ungkapan Saeid Moshkelani

Bukan Alan Hsu saja yang mengungkapkan pernyataannya terhadap modul wi-fi 6E seri AMD RZ600. Xenia Vice President dan General Manager, client business AMD juga menambahkan bahwa adanya penggabungan antara prosesor AMD Ryzen yang kuat dengan teknologi konektivitas terdepan berasal dari MediaTek ini, nantinya akan memberikan pengalaman komputasi menakjubkan.

Perbedaan dari Kedua Modul

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa produk jebolan AMD dan MediaTek ini akan hadir dengan dua model. Akan tetapi, untuk kualitasnya sama-sama bagus.

Hanya saja yang membedakan adalah terletak pada saluran yang digunakan. Untuk modul RZ 616 menggunakan spektrum 6 GHz baru pada Bandwidth saluran 160 mhz. Untuk ukurannya sendiri terdapat dua variasi, 2230 dan 1216.

Sedangkan untuk kecepatan adalah PHY sampai 2,4 giga BPS. Berbeda dengan modul RZ608 yang mendukung spektrum 6 GHz pada Bandwidth mencapai 80 mhz.

Baca Juga: Game io Gratis yang Tidak Membosankan, Namun Terlihat Lebih Seru

Jika kita bandingkan, hal ini hanya sebagian dari tingkat PHY Maximum modul sebelumnya. Kemudian untuk ukuran model yang satu ini hanya tersedia 2230 saja.

Bukan Pertama Kalinya

Hubungan yang terjalin antara AMD dan MediaTek bukanlah untuk yang pertama kalinya. Sehingga untuk modul RZ 608 itu kehadirannya sudah sejak lama hingga pada akhirnya diganti dengan nama MediaTek MT 7921K.

Tetapi, dalam hal ini juga terdapat catatan bahwa untuk modul seri RZ 608 kali ini merupakan versi terbaru dari yang aslinya juga hanya mendukung wi-fi 6, bukan wi-fi 6E.

Jadi, untuk Anda yang menginginkan bermain game, live streaming, dan jenis kegiatan tergolong berat lainnya hanya dengan satu platform, maka Anda bisa menggunakan modul wi-fi 6E seri AMD RZ600. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -