Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruNama Surga dan Penghuninya, Penyebab Semangat dalam Beribadah

Nama Surga dan Penghuninya, Penyebab Semangat dalam Beribadah

Nama surga dan penghuninya tentunya menjadi hal yang sangat penting dan akan memberikan dampak tersendiri dalam kehidupan kita.

Informasi tersebut bukan tidak mungkin apabila akan menyebabkan kita lebih bersemangat dalam melakukan hal-hal kebaikan. Hal ini dalam rangka taat kepada Allah dan rasul-Nya untuk mendapatkan surga.

Berbicara tentang surga, sudah pasti semua orang mendambakan akan hal ini. Jika di logika, surga merupakan iming-iming yang sangat luar biasa. Surga menjadi tempat yang penuh kenikmatan untuk kaum muslim.

Terkadang, bodohnya manusia itu malah memilih hal-hal yang merugikan diri sendiri. Misalnya saja adalah lebih rela mengeluarkan uangnya untuk membeli minuman keras atau khamr daripada bersedekah. Padahal minum khamr tidak menjadi syarat masuk surga, tetapi sedekah.

baca juga: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Deretan Nama Surga dan Penghuninya dalam Islam

Memang benar, banyak orang yang mengatakan bahwa surga itu murah, namun sedikit peminatnya. Sedangkan neraka itu mahal, tetapi lebih banyak peminatnya.

Dengan mengetahui nama surga dan penghuninya, dapat membuat kita lebih semangat dalam beribadah kepada Allah SWT. Semoga hal ini juga yang mengakibatkan mereka menjadi sadar bahwasannya surga itu merupakan nikmat sangat luar biasa.

Untuk mengetahui siapa saja yang akan menjadi penghuni surga dengan amalan bagaimana dan seperti apa, simak penjelasannya berikut ini.

Namun, sebelumnya ketahuilah bahwa menurut ulama surga merupakan tempat yang terdapat banyak pohon kurma juga anggur. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa tempat ini terdapat pohon rindang dan lebat. Dalam Al-Qur’an sendiri surat Yunus ayat 26 menjelaskan,

“Bagi mereka yang berbuat baik, kelak akan mendapatkan pahala yang terbaik berupa surga dan tambahannya yakni kenikmatan melihat Allah SWT. Wajah mereka juga tidak akan ditutupi oleh debu berwarna hitam, tidak pula dalam keadaan hina. Karena sesungguhnya, mereka itulah para penghuni surga yang kekal di dalamnya”.

baca juga: Perbuatan yang Paling Dibenci Allah, Dosa Besar Penghalang Surga

Firdaus

Untuk nama surga dan penghuninya yang pertama ada surga Firdaus. Tujuan Allah menciptakan surga ini adalah sebagai imbalan untuk mereka yang memelihara amanah.

Seperti sudah kita ketahui bahwa dalam agama Islam mengajarkan setiap umat nantinya akan dimintai pertanggungjawaban terhadap hal-hal yang menjadi tanggungan kita.

Selain itu, surga ini juga untuk mereka yang memelihara salat. Dalam Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 107 menjelaskan:

Selain itu, terdapat juga dalam Al-Quran surat Al-Mu’minun ayat 9 sampai dengan 11 bahwa mereka yang memelihara salat akan menjadi pewaris dari surga Firdaus dan kekal di dalamnya.

Tetapi, jannah yang satu ini bukan hanya untuk mereka yang mampu mengemban amanah dengan baik serta memelihara salat, melainkan juga bagi mereka yang mampu menghindari perbuatan sia-sia. Lebih tepatnya mereka yang mampu memanfaatkan waktu dengan baik dan menjaga kemaluannya.

baca juga: Hikmah Membaca Istighfar, Peluang untuk Menjadi Penghuni Surga

Adn

Kemudian nama surga dan penghuninya selanjutnya adalah Adn. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 31 yang menjelaskan bahwa surga Adn, di bawahnya terdapat sungai yang mengalir.

Mereka yang menjadi penghuni surga ini juga akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Karena yang demikian itu merupakan balasan untuk orang-orang yang bertakwa.

Amalan apa yang bisa kita banggakan dan jaminan supaya menjadi penghuni surga Adn? Perlu Anda ketahui, mereka yang akan menjadi penghuni Adn ini adalah orang-orang yang selalu mencari rida Allah, beriman, beramal sholeh, juga bertaqwa.

Darussalam

Selanjutnya nama surga dan penghuninya yang harus kita ketahui adalah surga Darussalam. Tempat ini nantinya akan dihuni oleh mereka yang mempunyai iman kuat juga Islamnya.

Selain itu, tempat ini khusus bagi mereka yang memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an juga mengamalkannya. Menyiarkan agama Islam meskipun hanya satu ayat. Akan tetapi, mempunyai makna yang besar juga mendatangkan pahala dan ganjaran yang berupa surga.

Mengenai hal ini, terdapat dalam Al-Qur’an surat Yunus ayat 25, “Allah menyuruh manusia untuk menuju ke surga Darussalam serta memberikan petunjuk kepada mereka menuju ke jalan lurus sesuai yang Allah kehendaki”.

Daarul Muqoomah

Bukan hanya itu saja, melainkan nama surga dan penghuninya ada Daarul muqoomah. Tempat ini adalah untuk mereka yang gemar berbuat kebaikan dengan rasa ikhlas, tidak mengharap imbalan, maupun pamrih. Calon penghuni surga ini adalah mereka yang juga jarang melakukan kesalahan.

Ma’wa

Selain itu, ada juga nama surga dan penghuninya yakni ma’wa. Surga yang satu ini akan dihuni oleh orang-orang beriman dan takut akan kekuasaan Allah.

Harapannya, adanya penjelasan nama surga dan penghuninya tersebut, membuat kita bersemangat dalam melakukan amal kebaikan dan taat kepada Allah. Dengan harapan, kelak Allah akan memberikan atau mengizinkan kita menjadi penghuni surga tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -