Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruObat Herbal Gagal Ginjal Alami yang Berkhasiat

Obat Herbal Gagal Ginjal Alami yang Berkhasiat

Obat herbal gagal ginjal bisa menjadi alternatif guna mengatasi dan meredakan penyakit yang berbahaya ini. Selain mudah mendapatkannya, bahan herbal ini juga aman dan khasiatnya tidak kalah dengan obat dari apotik.

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya terjadi karena adanya fungsi ginjal yang menurun.

Gangguan pada fungsinya inilah yang kemudian kalangan medis menyebutnya sebagai gagal ginjal.

Kondisi ini tentu saja akan menjadikan metabolisme tubuh juga ikut mengalami gangguan. Mengutip dari situs Smarter Health, terganggunya fungsi ginjal akan memudahkan masuk dan menumpuknya racun dan limbah dalam darah.

Gangguan fungsi ini juga akan menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan dalam mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh.

Bahkan kondisi ini juga bisa memicu gangguan pada organ vital lainnya, seperti jantung, otak, maupun paru-paru.

Tidak optimalnya fungsi ginjal bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti adanya kerusakan ginjal, tersumbatnya saluran ureter, ataupun terganggunya aliran darah yang menuju ke ginjal.

Baca Juga : Makanan Penyebab Gagal Ginjal, Kenali dan Batasi Konsumsinya

Kondisi ini juga bisa terjadi karena adanya sejumlah pemicu lainnya yang meliputi dehidrasi berat, serangan infeksi, gagal hati, gangguan pada jantung, hingga akibat konsumsi obat tertentu.

Rekomendasi Obat Herbal Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan jenis penyakit yang berat dan memerlukan penanganan yang tepat dan serius. Hal ini mengingat fungsi ginjal sebagai salah satu organ yang berperan penting dalam proses penyaringan kotoran.

Adanya gangguan fungsi ginjal juga meningkatkan risiko munculnya penyakit komplikasi yang berat.

Apalagi penanganan gagal ginjal akut biasanya penderita mesti menjalani cuci darah selama beberapa periode.

Namun bagi Anda yang ingin mencoba pengobatan herbal dengan cara yang alami, banyak jenis tanaman herbal yang bisa Anda coba gunakan untuk membantu mengatasi masalah ginjal ini.

Menjalani gaya hidup yang sehat dan berhenti merokok berperan penting dalam meringankan dan menyembuhkan penyakit gagal ginjal.

Baca Juga : Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Nah, berikut adalah beberapa obat herbal untuk mengatasi gagal ginjal yang bisa Anda coba gunakan.

Ramuan Rambut Jagung

Rambut jagung yang biasanya kerap kita buang ini ternyata bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi gagal ginjal secara alami. Hal ini karena kandungan dalam bahan tersebut berkhasiat.

Untuk cara menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu menambahkan dan mengombinasikannya dengan alang-alang dan kumis kucing. Siapkan dan bersihkan ketiga bahan tersebut terlebih dahulu.

Setelah itu Anda bisa mencampurkannya dengan air dan merebusnya hingga mendidih. Biarkan selama 15 menit agar menjadi hangat lalu saring.

Kemudian Anda bisa meminum air rebusan itu sebagai salah satu ramuan alami untuk gagal ginjal.

Baca Juga : Makanan Pantangan Penderita Batu Ginjal, Ini Daftarnya!

Ramuan Daun Sukun

Pilihan obat herbal gagal ginjal selanjutnya adalah daun sukun. Hal ini karena kandungan flavonoid yang tinggi ada dalam ramuan satu ini.

Sehingga herbal ini baik sebagai salah satu bahan alami untuk membantu memulihkan kondisi ginjal.

Membuat ramuan ini juga cukup mudah. Cuci bersih daun sukun beberapa lembar, dan gunakan untuk merebus dalam air secukupnya.

Setelah mendidih dan hangat, Anda bisa menyaringnya dan minum air rebusan daun sukun ini secara teratur pagi dan sore hari untuk hasil yang terbaik.

Ramuan Bawang Putih

Ramuan bawang putih juga baik untuk membantu menyembuhkan dan menyelamatkan ginjal Anda. Sediakan bawang putih, bawang bombay, dan jeruk nipis secukupnya.

Blender semuanya menjadi satu. Setelah itu Anda bisa langsung minum ramuan ini sebelum makan setiap harinya. Herbal yang satu ini pun berkhasiat untuk membantu mencegah anda dari gangguan penyakit ginjal.

Ramuan Kaktus Ekor Tikus

Jenis obat herbal gagal ginjal yang satu ini juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal dan merawat ginjal Anda.

Sediakan saja kaktus berjenis ekor tikus, lalu remas agar keluar airnya. Anda juga perlu menyiapkan bagian kuning telur ayam yang Anda masak setengah mentah.

Setelah itu tinggal campurkan kedua bahan ini dan aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut secara rutin untuk membantu mengatasi masalah ginjal.

Air Kelapa Kuning

Untuk mengatasi dan meredakan gagal ginjal juga bisa dengan menggunakan air kelapa kuning. Air buah kelapa kuning yang telah kita panaskan juga termasuk salah satu jenis obat ginjal yang bisa Anda coba gunakan.

Itulah beberapa jenis obat herbal gagal ginjal yang bisa Anda gunakan. Bahan herbal ini bisa menjadi alternatif solusi dalam mengatasi masalah gagal ginjal Anda. Namun jika tak kunjung sembuh sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -