Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BisnisPelatihan Untuk Karyawan, Begini Cara Memilih Lembaga yang Tepat

Pelatihan Untuk Karyawan, Begini Cara Memilih Lembaga yang Tepat

Pengadaan program pelatihan untuk karyawan merupakan bagian yang sangat vital dalam sebuah manajemen modern. Melalui pelatihan semacam ini organisasi dapat merencanakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Mengikutkan karyawan atau pegawai dalam program pelatihan tentunya harus melalui perencanaan yang matang. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi, pelaksanaan pelatihan juga perlu dengan melalui tahapan kemampuan yang menjadi kebutuhan lembaga.

Baca Juga: Investasi 100 Ribu Profit Harian Seperti Ini Memiliki Banyak Keuntungan

Program pelatihan dan pengembangan SDM sangatlah penting bagi kemajuan sebuah organisasi. Selain untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi personal dari karyawan, hal ini pada gilirannya juga memberikan manfaat yang tidak kecil untuk perusahaan.

Peningkatan kualitas karyawan harus padu dengan produktivitas perusahaan. Proses perpaduan haus berlangsung secara simultan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Karyawan yang selalu belajar untuk mengembangkan kualitas dirinya pada gilirannya juga akan meningkatkan mutu produk atau jasa hasil organisasi atau perusahaan.

Memilih Lembaga Pelatihan Untuk Karyawan

Sebelum Anda memberikan pelatihan untuk karyawan, berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih lembaga training yang tepat dan sesuai kebutuhan organisasi.

Pertimbangkan Jenis Pelatihannya

Memilih lembaga pelatihan SDM yang baik juga perlu dengan mempertimbangkan jenis pelatihan yang kita butuhkan.

Ada beberapa jenis pelatihan yang Anda inginkan, apakah berupa private training, public training bersama peserta umum, atau dalam bentuk in house training.

Anda bisa memilih public training yang umumnya tersedia dari lembaga training secara periodik dengan jadwal tertentu. Jenis pelatihan ini jauh lebih murah ketimbang jenis lainnya.

Baca Juga: Manajemen Risiko Trading Forex Mengurangi Terjadinya Kerugian

Namun jika Anda ingin melibatkan karyawan dalam jumlah tertentu dengan bidang pelatihan tertentu pula bisa memilih jenis private training atau in house training.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan

Lembaga pelatihan untuk karyawan umumnya menyertakan penjelasan detail tentang tujuan atau manfaat sebuah program pelatihan.

Jika dari brosur atau informasi yang ada masih belum jelas, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan lembaga pelatihan agar manfaat yang diperoleh organisasi Anda optimal.

Fasilitas dan Layanan Pelatihan

Memilih sebuah lembaga training juga perlu mempertimbangkan fasilitas dan layanan yang ada. Public training yang umumnya berlangsung singkat tentunya akan lebih optimal jika ada layanan konsultasi gratis pasca pelatihan.

Begitu juga dengan peralatan atau bahan yang menjadi kebutuhan untuk pelatihan, khususnya jenis skill training tentunya akan meningkatkan penyerapan dan pengalaman peserta pelatihan.

Tips Membangun Karir Untuk Karyawan

Selain memilih lembaga pelatihan untuk karyawan, membangun karir bagi karyawan atau pegawai bukanlah pekerjaan mudah. Tak sedikit kisah sukses orang-orang dalam karir yang cemerlang setelah melalui proses panjang yang melelahkan.

Nah, buat Anda yang ingin membangun karir sukses dalam pekerjaan, sebaiknya mewaspadai dan menghindari berbagai pantangan dalam membangun karir berikut ini.

Pantang Berpuas Diri

Sifat cepat puas diri pada dasarnya merupakan karakter orang yang sombong dan angkuh. Orang yang cepat puas dengan apa yang telah mereka raih umumnya cenderung egois.

Karyawan semacam ini kebanyakan juga tidak menyukai kritik atau masukan dari orang lain. Jika orang cepat puas kebanyakan lebih berorientasi pada kekuasaan dan materi ketimbang pada prestasi.

Karena itu jika Anda ingin berhasil dalam karir sebaiknya jauhi sifat cepat puas semacam ini.

Pantang Berhenti Belajar

Bagi setiap karyawan yang baik, belajar adalah proses yang harus mereka lakukan sepanjang karir dan hidupnya. Termasuk dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk karyawan.

Baca Juga: Keuntungan dan Kelebihan Bisnis Online dan Kebutuhan Modalnya

Sebaliknya, pegawai yang pasrah dan tidak mau belajar lagi pada prinsipnya telah mengalami kematian. Tanpa keinginan untuk belajar dan menguasai perkembangan yang ada, maka Anda secara sengaja menutup karir dan masa depan Anda sendiri.

Apalagi dunia kerja tidak akan berjalan linier melainkan berkembang pesat sesuai perubahan lingkungan dan kebutuhan zaman.

Pantang Menyukai Rutinitas

Jika Anda ingin meraih karir yang cemerlang dalam profesi Anda sebaiknya hindari dari rutinitas yang justru akan membuat Anda stagnan dan tidak berkembang.

Kebanyakan pegawai yang senang melaksanakan rutinitas kerja cenderung monoton. Mereka akan datang ke kantor, duduk, baca koran, dan ngobrol. Aktivitas semacam ini tak akan pernah berhasil meraih masa depan yang cemerlang.

Karena itu penting selalu membangun kreativitas dan ide-ide baru yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Berikan sesuatu yang bernilai untuk kantor Anda daripada hanya menunggu untuk menerima gaji setiap akhir bulan.

Demikianlah beberapa pertimbangan dalam memilih lembaga pelatihan untuk karyawan agar memberikan manfaat untuk perusahaan Anda.Makin banyaknya lembaga pelatihan dan pengembangan SDM yang ada, memilih lembaga training tentunya harus tepat. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -