Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPeluncuran Teleskop James Webb, Konfirmasi Kembali Alami Penundaan

Peluncuran Teleskop James Webb, Konfirmasi Kembali Alami Penundaan

Peluncuran Teleskop James Webb mengalami penundaan dua hari dari jadwal awalnya yang sudah terkonfirmasi. NASA mengumumkan pemberitahuan ini melalui konferensi pers terbarunya kemarin, 16 Desember 2021.

Kabar terbaru dari badan internasional antariksa ini memicu perhatian warganet. Pasalnya dari awal mereka telah memberitahukan apabila akan ada peluncuran teleskop terbaru ini pada pekan depan.

Desember sepertinya menjadi bulan penelitian yang cukup serius. Setelah sebelumnya robot yang akan meluncur ke planet mars kini teleskop terbaru yang alami kemajuan.

Namun dengan adanya penundaan ini mereka langsung memberikan klarifikasi. Penundaannya pun tidak terlalu lama hanya beberapa hari saja dan mereka mengumumkannya terbuka.

Baca Juga: Teleskop James Webb Undur Jadwal Peluncuran, Kini Akhirnya Berhasil

Tertundanya Peluncuran Teleskop James Webb

Pada Kamis, 16 Desember 2021 Badan Antariksa Eropa melangsungkan konferensi secara resminya. Mereka memberitahukan apabila terjadi kerusakan pada bagian kabel komunikasi.

Sehingga hal ini menyebabkan adanya keterlambatan peluncuran pada teleskop terbaru ini. alat ini menjadi kunci cukup penting, pasalnya gunanya untuk mengirimkan data dari teleskop ini.

Maka ketika alami kerusakan nantinya data yang akan diancam lalu kirim tidak akan dapatkan yang paling baik. Oleh karena itu mereka melakukan perbaikan yang akan memberikan data tabel yang sempat terputus-putus tersebut.

Observatorium bersama dengan jaringan listrik juga peralatan pendukung daratnya menjadi perhatian utama mereka. Nah, ini yang jadi konsen utama mereka dalam penyebab adanya penundaan peluncuran tersebut.

Pembaharuan Tanggal Peluncuran Teleskop James Webb

Mereka ungkap bahwa kepastiannya pada pembaharuan tanggal peluncurannya belum bisa terkonfirmasi. NASA Arianespace hanya bisa memberikan perkiraan apabila peluncurannya pada bulan Desember ini.

Karena sejak hari ini Jumat, 17 Desember 2021 mereka baru akan memperbaharuinya. Untuk tanggal paling lambatnya mereka hanya memperkirakan pada 22 Desember sampai 24 Desember 2021 saja.

Hal tersebut masih tetap belum mereka pastikan hingga saat ini. Sejak awal mereka sudah alami penundaan sejak 31 Oktober 2021 dan berulang kali.

Integrasi dan beberapa masalah internal lainnya sempat jadi kendala juga. Perusahaan ini memberikan tanggung jawab penuh akan kerusakan ini dan akan segera lakukan pembaharuan.

Baca Juga: Teleskop Luar Angkasa Tercanggih yang Bantu Ilmuwan, Apa Saja?

Klaim Jadi Teleskop Luar Angkasa Tercanggih

Peluncuran Teleskop yang satu ini sempat digadang-gadang menjadi yang tercanggih. Pasalnya pengembangannya sudah sejak tahun 1996 dan terus alami peningkatan meski juga penundaan.

Mereka memberikan klaim bahwa nantinya teleskop yang satu ini bisa memberikan data yang akurat. Dalam mengambil foto eksoplanet dan galaksi pertama yang belum terungkap.

Banyak sekali misteri dan asal mula dari alam semesta yang harapannya akan terkuak dengan alat ini. Bahkan mereka juga memberikan pernyataan bahwa teleskop terbaru ini akan segera menggeser Hubble yang legendari.

Karena mereka menjamin keakuratan dari teleskop yang satu ini mencapai 100 kali lebih canggih darinya. Tentu saja hal ini belum benar-benar bisa kita akui karena sampai saat ini belum ada bukti keakuratan tersebut. Meski demikian, peluncuran Teleskop James Webb alami penundaan ini tetap berhasil curi perhatian.(R10/HR-Online)

- Advertisment -