Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Dukung Program Lembur Raharja

Pemkab Ciamis Dukung Program Lembur Raharja

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis mendukung penuh program Lembur Raharja yang digulirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Adapun program Lembur Raharja menurut Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar, merupakan program mendukung Desa agar bisa memenuhi kebutuhan dasar secara mandiri serta memiliki kemandirian ekonomi.

Ia menyebut ada 8 indikator untuk menjadi Lembur Raharja. Salah satunya dengan tersedianya data kemiskinan yang update.

Kemudian ada layanan rehabilitasi sosial, terdapat kampung siaga bencana dan juga ada partisipasi masyarakat dalam program kesejahteraan sosial.

“Tujuan Lembur Raharja ini untuk meningkatkan ketercapaian indeks kesejahteraan sosial masyarakat,” ujar Dodo saat Kick off Lembur Raharja di Taman Borosngora, Desa Panjalu, Ciamis, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Wabup Minta Kades di Ciamis Inventarisir Potensi Desa

Hadir dalam kesempatan itu Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Wabup Ciamis Yana D Putra dan Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana.

Di Kabupaten Ciamis program Lembur Raharja menyasar 5 Desa sebagai pilot project.

Antara lain Desa Panjalu, Maparah, Desa Sukamantri, Desa Margaharja Kecamatan Sukadana dan Desa Sukasenang, Sindangkasih.

“Lewat program ini kita tingkatkan ketercapaian indeks kesejahteraan sosial lewat keterpaduan program mulai dari perlindungan dan jaminan sosial, rehabilitasi sosial, partisipasi masyarakat, dan pemberdayaan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Sementara itu Wabup Ciamis Yana D Putra, mendukung penuh program Laja di Kabupaten Ciamis.

“Semoga program ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, program Laja ini selaras dan mendukung visi misi Kabupaten Ciamis.

Maka dari itu, untuk mensukseskan program Lembur Raharja di Ciamis perlu terjalin kolaborasi pentahelix dengan berbagai elemen masyarakat. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -