Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisPenanaman Padi Serentak di Ciamis Ditunda Gegara Hama Monyet

Penanaman Padi Serentak di Ciamis Ditunda Gegara Hama Monyet

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gegara hama monyet kian merajalela, penanaman padi gogo secara serentak di Desa Karangpaningal, Kec. Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terpaksa ditunda. 

Kepala Desa Karangpaningal, Dede Hermawan mengatakan, penanaman tersebut rencananya akan dilakukan pada masa tanam tahun ini di atas lahan 25 hektare.

Namun berhubung hama monyet tidak bisa diatasi, maka para petani menunda jadwal tanam. Sebab, menurutnya, kalau dipaksakan dapat dipastikan akan merugi.

“Sebelum kawanan monyet kembali ke habitatnya, jadwal penanaman padi serentak pun belum bisa kita tentukan,” katanya kepada HR Online, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, Dendi, salah seorang petani mengungkapkan, sudah hampir dua tahun semua tanaman palawija milik petani selalu habis digasak kawanan monyet. 

Ia pun tidak mengetahui dari mana kawanan monyet tersebut berasal. Selain itu, monyet-monyet yang turun ke perkebunan hingga memasuki pekarangan rumah, kini tidak takut lagi oleh manusia. 

Dendi menjelaskan, beberapa tahun silam, pemerintah desa telah mendatangkan orang yang ahli menangkap monyet tersebut. 

Pada saat itu ratusan monyet berhasil ditangkap. Namun, sudah dua tahun ini kawanan monyet kembali menggila, seperti menggasak semua jenis tanaman palawija.

Karena tidak sanggup mengantisipasinya, maka para petani sepakat untuk menunda jadwal penanaman padi serentak. Hal tersebut sebagaimana anjuran dari Pemerintah Desa Karangpaningal, Kabupaten Ciamis. 

“Ya, sepakat menundanya. Ketimbang para petani harus merugi gegara hama monyet,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online/Editor-Adi) 

- Advertisment -