Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Jerawat Muncul di Hidung yang Bikin Kamu Kurang Percaya Diri

Penyebab Jerawat Muncul di Hidung yang Bikin Kamu Kurang Percaya Diri

Penyebab jerawat muncul di hidung penting untuk kamu ketahui agar masalah tersebut bisa kamu hindari. Memiliki kulit yang sehat dan bersih tentunya menjadi dambaan setiap orang. Apalagi kalau kamu sangat perhatian terhadap penampilan.

Kemunculan jerawat pada wajah terkadang membuat kita jadi tidak pede (percaya diri), apalagi kalau munculnya pada area yang terlihat jelas, seperti halnya hidung.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada bagian hidung supaya kamu dapat mengatasi dan menghindarinya.

Karena jerawat muncul tentunya bukan tanpa sebab. Apabila tidak segera mengatasinya maka kamu pun akan merasa tidak nyaman, terlebih jerawat terasa begitu sakit jika tersentuh.

Memang biasanya jerawat akan sembuh sendiri, namun beberapa orang lebih memilih mempercepat penyembuhannya dengan menggunakan produk khusus untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga : Penyebab Jerawat Muncul di Telinga dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Jerawat Muncul di Hidung

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu jerawat tumbuh pada bagian hidung yang perlu kamu hindari.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang dapat memicu munculnya jerawat, khususnya di hidung.

Produksi Minyak Berlebih pada Kulit

Dalam menjaga kelembabannya, kulit akan memproduksi minyak. Tetapi produksi minyak yang berlebihan justru membuat jerawat muncul pada kulit.

Area hidung memproduksi minyak lebih banyak ketimbang area lainnya. Hal itu membuat pori-pori pada hidung menjadi tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat.

Baca Juga : Makanan Penyebab Jerawat yang Mesti Anda Hindari

Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Salah satu penyebab munculnya jerawat di hidung yaitu akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit serta dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebihan.

Misalnya makanan cepat saji, junk food, gorengan, dan sejenisnya. Agar kesehatan kulit tetap terjaga, penting untuk mengonsumsi konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Menumpuknya Sel Kulit Mati

Sel kulit yang mati harus sering dibersihkan. Karena menumpuknya sel kulit mati dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di hidung.

Selain itu, menumpuknya sel kulit yang mati juga bisa menyebabkan masalah lainnya pada kulit, seperti komedo yang bisa membuat kamu merasa tidak pede.

Baca Juga : Jenis-jenis Jerawat di Wajah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Kebiasaan Menyentuh Area Hidung

Penyebab muncul jerawat di hidung bisa juga akibat dari kebiasaan menyentuh hidung. Karena tangan menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kotoran lainnya.

Agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya kurangi kebiasaan terlalu sering menyentuh hidung. Kecuali kalau sebelumnya kamu mencuci tangan terlebih dahulu.

Kulit Mengalami Dehidrasi

Saat kulit mengalami dehidrasi maka kulit akan memproduksi banyak minyak untuk menjaga kelembabannya. Itulah pentingnya kebutuhan air wajib terpenuhi.

Karena kondisi kulit yang mengalami dehidrasi bisa mengakibatkan pori-pori semakin tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat.

Adanya Perubahan Hormon

Minyak yang berlebihan dapat memicu timbulnya masalah jerawat pada wajah. Selain itu, perubahan hormon pada wanita saat melahirkan dan menyusui.

Atau memasuki masa haid dan ketika masuk masa menopause juga bisa menjadi penyebabnya.

Demikianlah beberapa penyebab munculnya jerawat pada area hidung yang bisa bikin penampilan kita terganggu. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -