Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Perut Terasa Keras Perlu Diwaspadai!

Penyebab Perut Terasa Keras Perlu Diwaspadai!

Penyebab perut terasa keras penting untuk Anda ketahui agar terhindar dari gangguan tersebut. Jika sudah mengalaminya, Anda pun harus segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Perut yang terasa keras tentunya membuat kita tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya kondisi tersebut sering dialami oleh banyak orang.

Kalau gangguan tersebut hanya terjadi dalam waktu yang singkat, maka Anda tidak perlu khawatir. Tapi sebaliknya, kalau ternyata berkepanjangan sebaiknya Anda temui dokter.

Tapi alangkah lebih baiknya lagi Anda mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Merangkum dari berbagai sumber, perut yang terasa keras biasanya akibat makanan maupun minuman yang Anda konsumsi.

Beberapa Faktor Penyebab Perut Terasa Keras

Baca Juga : Gejala Gangguan Anoreksia Nervosa yang Wajib Diwaspadai

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi mengandung zat yang kontradiktif sehingga menimbulkan gas. Selain itu, penyebab perut terasa keras juga bisa akibat porsi makan terlalu banyak hingga membuat perut Anda penuh.

Kondisi perut yang demikian itu bisa hilang hanya dalam waktu yang singkat, dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Namun, jika masalah tersebut berlangsungnya dalam jangka waktu lama. Kemudian rasa tidak nyaman pun muncul, bisa jadi ada hal lain yang menjadi pemicunya, seperti;

Konstipasi

Konstipasi atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan sembelit, yaitu kondisi susah BAB (buang air besar). Masalah sembelit ini perlu Anda waspadai.

Baca Juga : Gangguan Sistem Pencernaan Akibat Kebiasaan Buruk, Segera Dihindari!

Ketika tumpukan sisa dari pencernaan keluarnya tidak lancar, maka perut akan terasa penuh sehingga tidak nyaman saat Anda beraktivitas.

Masalah pada Usus

Penyebab perut terasa keras yang berikutnya yaitu adanya masalah pada usus. Seperti halnya terjadi peradangan atau gangguan pada usus besar. Masalah ini dapat menjadi pemicu perut terasa mengeras.

Hal itu karena proses pencernaannya terganggu. Sehingga pada tahap pembuangan makanan maupun sisa-sisa makanan tidak bisa tersalurkan dengan lancar.

Masalah gangguan pada usus tentu saja penting untuk Anda perhatikan dan mewaspadainya. Jangan sampai gangguan usus ini bertambah parah.

Baca Juga : Perut Kembung Sebelah Kanan yang Harus Anda Waspadai

Gastritis

Gastritis juga menjadi salah satu penyebab perut terasa keras yang patut Anda waspadai. Karena bakteri jahat menyebabkan peradangan pada bagian lambung, sehingga membuat perut terasa keras.

Muncul pula rasa nyeri sehingga Anda sebaiknya segera mendapatkan pemeriksaan dokter saat merasakan gejala tersebut.

Kondisi Hamil

Penyebab perut terasa keras yang terakhir yaitu karena kondisi sedang hamil bagi wanita. Hal itu karena dalam perut terdapat janin yang sedang berkembang.

Kondisi ini tidak begitu terlihat ketika usia kehamilan baru menginjak dua bulan pertama. Pada ibu hamil, perut yang keras akan mereka alami dalam waktu lebih lama.

Itulah beberapa penyebab perut menjadi keras yang patut Anda perhatikan. Saat terjadi indikasi tersebut sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter untuk memastikannya, sekaligus mencarikan solusinya. (R3/HR-Online/Editor-Eva)