Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Pori-Pori Besar, Wajib Untuk Anda Ketahui

Penyebab Pori-Pori Besar, Wajib Untuk Anda Ketahui

Penyebab pori-pori besar penting untuk dipahami para wanita. Pori-pori fungsinya untuk dapat mengeluarkan sebum.

Hal itu agar dapat menjaga kondisi kulit selalu kenyal, lembab, juga sehat. Namun apabila produksi sebum berlebihan, tentunya akan menyumbat dan menjadikan pori-pori membesar.

Pori-pori besar tentu dapat menurunkan rasa kepercayaan diri. Bahkan kondisi ini dapat membuat kulit wajah mudah memunculkan komedo dan jerawat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pori-pori Tersumbat, Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Inilah Penyebab Pori-Pori Besar

Memiliki pori-pori besar tentu akan mengganggu kepercayaan diri. Untuk itu, ketahui berbagai penyebab dari kondisi wajah ini.

Pertambahan Usia

Pori-pori membesar kemungkinan karena pertambahan usia. Apabila semakin tua usia seseorang akan berpengaruh pada kondisi wajah.

Hal itu karena semakin berkurangnya kemampuan tubuh dalam produksi kolagen dan elastin. Sehingga kulit menjadi tampak kendur, berkerut, dan pori-pori membesar. 

Menggosok Wajah Terlalu Kasar

Kebiasaan lainnya yang dapat membuat pori-pori membesar yaitu terlalu kasar saat menggosok wajah. Pada saat ingin mengeringkan wajah, sebaiknya hindari untuk menggosoknya.

Hal ini hanya akan membuat pori-porinya semakin tampak besar. Anda hanya perlu untuk menepuk-nepuk wajahnya dengan halus.

Baca Juga: Skincare untuk Menyamarkan Pori-pori, Kulit Wajah Tampak Mulus

Produksi Minyak Berlebih

Pori-pori wajah membesar biasanya akibat produksi minyak berlebih. Meski secara alami, sebenarnya minyak dapat menjaga kelembaban wajah. Setiap orang mempunyai kelenjar minyak di kulitnya, namun jumlahnya berbeda-beda.

Apabila terlalu banyak serta bercampur dengan sel kulit mati, kotoran yang menumpuk akan menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Hal ini membuat minyak tidak dapat keluar secara alami. Sehingga mengakibatkan ukuran pori-pori membesar.

Tidak Membersihkan Wajah Hingga Bersih

Penyebab pori-pori besar lainnya yaitu tidak membersihkan wajah hingga bersih. Kotoran seperti halnya sisa make up dan debu masih belum terangkat. Sehingga menumpuk dan menyumbat dalam pori-pori.

Hal ini tentu membuat pori-pori tampak lebih besar. Pastikan untuk rutin melakukan double cleansing setiap malam. Selain itu, membersihkan kulit di pagi harinya juga penting Anda lakukan.

Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari terlalu sering atau secara berlebihan juga membuat pori-pori tampak besar.

Kulit saat terpapar sinar matahari, lama-kelamaan akan mengalami penebalan. Sehingga pori-pori wajah menjadi membesar tidak dapat terhindarkan. 

Baca Juga: Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah, Ampuh dan Aman

Terlalu Sering Cuci Muka

Membersihkan wajah menjadi hal penting untuk Anda lakukan secara rutin. Aktivitas ini  dapat membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

Biasanya yang menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Namun apabila tidak Anda lakukan, kondisinya dapat menyebabkan jerawat. 

Meski kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-porinya, dengan mencuci muka terlalu sering juga akan membuat pori-pori tampak besar.

Penggunaan pembersih wajah yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan iritasi kulit. Sehingga kulit akan menebal dan menjadikan pori-pori tampak membesar.

Berbagai penyebab pori-pori besar tersebut penting untuk dipahami. Sehingga Anda dapat menjaga kondisi wajah agar lebih terawat dan sehat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -