Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rambut Bau Apek, Pahami Hal Ini!

Penyebab Rambut Bau Apek, Pahami Hal Ini!

Penyebab rambut bau apek kemungkinan akibat produksi minyak berlebih. Rambut termasuk hal yang sangat penting dalam menyempurnakan penampilan.

Sehingga pentingnya selalu melakukan perawatan rambut. Hal ini agar Anda dapat tampil lebih maksimal.

Salah satu masalah rambut yang wanita alami yaitu penumpukan minyak pada kulit kepala. Sehingga akan mengakibatkan rambut menjadi bau apek. Padahal apabila Anda terlalu sering keramas juga akan mengakibatkan rambut apek.

Baca Juga: Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Rambut Bau Apek

Rambut yang berbau kurang sedap kemungkinan disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya bau pada rambut.

Tidak Mencuci Rambut dengan Teratur

Apabila Anda jarang mencuci rambut, maka kotoran, sel kulit mati, dan keringat akan menumpuk di kulit kepala. Terlebih apabila Anda cukup sering keluar rumah.

Nantinya tumpukan kotoran tersebut akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Sehingga rambut menjadi bau apek dan tidak terhindarkan lagi.

Debu dan Polusi Jalanan

Apabila Anda tinggal di kota besar, pasti sangat mudah tercemar polusi. Saat beraktivitas normal dan berkendara setiap hari dengan motor atau transportasi umum, maka menimbulkan beberapa masalah pada rambut.

Paparan polusi pada kulit biasanya akan meningkatkan produksi minyak. Partikelnya yang sangat kecil akan menempel dan merusak batang rambut. Hal ini tentu akan membuat rambut mudah bau apek.

Baca Juga: Efek Samping Pomade bagi Kesehatan Rambut dan Tubuh

Perubahan Hormon

Penyebab rambut bau apek lainnya yaitu terjadinya perubahan hormon. Perubahan hormon dalam tubuh juga akan mengakibatkan perubahan produksi minyak.

Hal ini yang akan memicu munculnya jerawat, bau badan, hingga rambut yang berbau tidak sedap.

Terlalu Sering Keramas

Penggunaan shampoo memang dapat membersihkan rambut dan membuatnya wangi. Namun apabila terlalu sering keramas, sebenarnya juga tidak baik.

Kebiasaan ini nantinya akan menghilangkan minyak alami rambut dari kulit kepala. Sehingga kondisinya akan menjadi lebih kering.

Selain itu, kelenjar sebaceous di kulit kepala akan menjadikan minyak berlebih untuk dapat menghidrasi kulit kepala Anda.

Tujuannya memang baik, namun hal ini dapat memperburuk permasalahan rambut bau yang dialami sebelumnya.

Sehingga pastikan memahami frekuensi yang tepat untuk mencuci rambut. Pastikan juga sesuai dengan kondisi dan jenis rambut Anda masing-masing.

Baca Juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan Rambut Lebih Berkilau

Mengenakan Topi atau Hijab Terlalu Lama

Apabila mengenakan topi atau hijab terlalu lama, tentu akan mempengaruhi sirkulasi udara ke kulit kepala. Sehingga menjadikan keringat atau produksi minyak lebih banyak. 

Hal ini tentu membuat rambut bau apek lebih cepat. Bagi Anda yang berhijab, sebaiknya memilih jenis hijab dengan bahan berkualitas. Selain itu, juga breathable dan bisa melancarkan sirkulasi udara menuju kepala Anda.

Berbagai penyebab rambut bau apek sangat penting untuk Anda ketahui. Sehingga Anda dapat menjaga kondisi rambut agar tetap wangi. (R10/HR-Online)