Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rambut Tumbuh ke Dalam dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair) dan bisa terjadi tanpa pandang usia.

Kondisi ini mengganggu penampilan dan menyebabkan peradangan yang terasa nyeri. Biasanya muncul benjolan kecil pada area kulit yang dicukur.

Ingrown hair awalnya bukan kondisi berbahaya. Jika mulai terasa nyeri, terlihat kemerahan, dan membengkak, maka itu pertanda kamu harus periksa ke dokter. Terutama jika benjolan pada area ingrown hair berisi nanah dan melepuh.

Baca Juga: Tawas Pengganti Deodoran, Penghilang Bau Badan Alami

Dengan mengetahui penyebab rambut tumbuh ke dalam, kamu akan lebih mudah mencari solusinya.

Terutama jika kondisi yang kamu alami tergolong ringan atau belum terlalu parah. Bisa juga menggunakan bahan-bahan yang mudah tersedia di toko terdekat.

Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam

Ingrown hair merupakan kondisi yang sangat umum, lebih dari 2 juta kasus di Indonesia. Biasanya orang dapat melakukan perawatan sendiri dan waktu pemulihannya terhitung harian atau mingguan.

Cara Pencukuran yang Salah

Penyebab rambut tumbuh ke dalam bisa terjadi akibat cara pencukuran yang salah. Metode pencabutan rambut yang umum adalah waxing.

Dalam mengoleskan wax, kamu harus mengikuti arah pertumbuhan rambut lalu mencabutnya dengan arah berlawanan. Jika masih pemula, mungkin kegiatan waxing akan tampak menakutkan dan menyakitkan.

Ada baiknya kamu menggunakan jasa salon berpengalaman jika ingin mencoba waxing pertama kali. Karena tenaga profesional lebih tahu cara mencabut bulu yang minim iritasi. Membiarkan bulu tetap tumbuh juga bisa menghindari terjadinya ingrown hair.

Alat Pencukur Tidak Tajam

Menggunakan pisau cukur lebih praktis dan cepat. Kita bisa mendapatkan alat pencukur dengan harga murah di toko swalayan penyedia kebutuhan.

Dengan alat pencukur ini, kita bisa mencukur bulu kapan saja di saat senggang. Akan tetapi, sebuah alat pencukur yang tidak lagi tajam bisa menjadi penyebab rambut tumbuh ke dalam.

Alat pencukur memiliki masa pakai. Jika kita sudah menggunakan alat tersebut beberapa kali, ketajamannya akan berkurang dan hanya menghasilkan gesekan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Pipi dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Kegiatan mencukur jadi tidak rapi, lalu muncul ingrown hair yang membuat kondisi kulit tampak buruk. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengganti alat cukur saat masa pakainya sudah habis.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Jarang melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Akibatnya, rambut yang telah dicukur jadi tidak bisa tumbuh keluar.

Selain menjadi penyebab bulu tumbuh ke dalam, jarang eksfoliasi juga memicu kemunculan jerawat.

Tekanan atau Gesekkan Berlebihan

Apabila kamu sering menggunakan pakaian ketat, resiko ingrown hair lebih mungkin terjadi. Alasannya karena tekanan dan gesekkan berlebih bisa menghalangi pertumbuhan rambut.

Tak heran jika terlalu sering memakai celana jeans, rambut pada area paha dan lutut tidak tumbuh ke luar permukaan.

Pertumbuhan Rambut Berlebih

Biasanya rambut di tangan dan kaki akan berhenti tumbuh ketika sudah mencapai 3-4 mm. Namun, sebagian orang bisa mengalami pertumbuhan rambut lebih panjang, sehingga ingin mencukurnya.

Rambut tumbuh secara berlebih bisa terjadi karena faktor genetik atau pengaruh dari makanan sehari-hari.

Cara Mengatasi Rambut Tumbuh ke Dalam

Dengan mengetahui penyebab rambut tumbuh ke dalam, akan lebih mudah bagi kita untuk berdamai.

Umumnya kondisi ini tidak membutuhkan diagnosa dokter sehingga kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Beberapa cara untuk mengatasi ingrown hair adalah sebagai berikut:

Eksfoliasi Sebelum Mencukur

Untuk berdamai dengan ingrown hair, lakukan eksfoliasi sebelum bercukur. Pada area tubuh, kamu bisa menggunakan body scrub.

Tidak ada salahnya menggunakan exfoliating toner ke badan selama produk yang kamu pakai aman dan terdaftar BPOM.

Gunakan Cream untuk Jerawat

Cream untuk jerawat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan centella asiatica bisa mengobati kulit yang bengkak.

Pada kasus ingrown hair, kulit yang meradang bisa mengalami benjolan merah seperti jerawat. Oleh karena itu, bahan-bahan yang bersifat anti inflamasi akan sangat membantu.

Oleskan Moisturizer

Penyebab rambut tumbuh ke dalam bisa karena gesekan atau tekanan yang terjadi saat mencukur. Moisturizer bisa meredakan rasa perih setelah mencukur bulu. Kandungan yang bisa membantu salah satunya hydrocortisone.

Baca Juga: Kesalahan dalam Menggunakan Skincare Perlu Diperhatikan Sejak Awal

Gunakan Shaving Cream Ketika Bercukur

Ada berbagai cara untuk mencukur rambut, salah satunya dengan shaving cream. Pemakaian shaving cream ini ternyata lumayan efektif dalam mengurangi gesekan alat pencukur, sehingga kita bisa mencegah ingrown hair bertambah.

Pastikan kamu sudah melakukan tes alergi terlebih dulu sebelum menggunakan shaving cream.

Itulah penyebab rambut tumbuh ke dalam dan cara mengatasinya. Ingrown hair merupakan kondisi yang umum terjadi di Indonesia, sehingga kita tidak perlu khawatir dan bisa melakukan perawatan sendiri. Akan tetapi jika kondisi kulit sudah membengkak dan memburuk, sebaiknya hubungi dokter. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -