Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rantai Motor Sering Lepas, Salah Satunya karena Kendur

Penyebab Rantai Motor Sering Lepas, Salah Satunya karena Kendur

Penyebab rantai motor sering lepas cukup beragam. Mengingat fungsinya yang penting, sebaiknya hindari masalah yang satu ini sehingga tidak membuat Anda merasa kesulitan saat berada di perjalanan.

Lepasnya rantai pada sepeda motor dari girnya akan mengakibatkan masalah fatal. Saat kondisi ini terjadi akan mengakibatkan ban motor bagian belakang terkunci.

Sebab, rantai yang putus akan tersangkut dan berisiko menimbulkan masalah besar. Misalnya terjadinya kecelakaan.

Pentingnya komponen pada sepeda motor membuat Anda harus bisa mengetahui kondisi saat hendak digunakan.

Karena alasan inilah, Anda juga perlu melakukan service dan pengecekan komponen. Jika tidak, justru banyak masalah yang bisa terjadi.

Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga bisa terjadi putusnya rantai dari gir.

Tidak ada salahnya jika Anda cari tahu apa saja penyebab rantai motor sering lepas supaya Anda akan lebih mudah untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Baca Juga : Gas Motor Tersendat, Kenali Penyebab yang Timbul pada Teknologi Injeksi

Jika tidak diperhatikan, tentu banyak masalah yang membuat kendaraan tidak bisa difungsikan secara optimal. Saat sedang mengendarai sepeda motor, tiba-tiba muncul suara bunyi dan motor berhenti mendadak.

Ternyata masalah ini bisa menjadi salah satu yang sering terjadi ketika rantai putus. Rantai akan putus dan melilit roda bagian belakang membuat kendaraan tidak dapat lagi Anda jalankan.

Banyak penyebab yang bisa mengakibatkan masalah fatal ini terjadi. Sebagai pemilik kendaraan, selalu cek semua komponen kendaraan secara rutin.

Mengetahui Apa Saja Penyebab Rantai Motor Sering Lepas

Sepeda motor menjadi salah satu piranti kendaraan yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Meski sudah memiliki komponen yang lengkap, namun kendaraan bisa saja mengalami masalah.

Salah satu komponen yang bisa mengalami kerusakan yaitu rantai. Rantai dan gir merupakan piranti utama untuk memutar roda. Sehingga sepeda motor bisa melaju dengan baik.

Komponen yang satu ini cukup vital. Jika mengalami kerusakan, tentu akan berpengaruh pada kinerjanya.

Baca Juga : Merawat Rem Cakram Motor Saat Musim Hujan, Ini Caranya

Mengingat fungsinya yang penting, sebaiknya Anda berikan pengecekan dan penggantian secara berkala supaya risiko rantai putus bisa terhindari.

Agar tidak menimbulkan masalah besar pada rantai motor, ada baiknya jika Anda cari tahu dulu apa penyebabnya. Hal ini bisa mengurangi risiko rantai putus di tengah jalan.

Rantai Kendur

Salah satu penyebab rantai motor sering lepas yaitu karena kondisinya kendur. Untuk itu, agar bisa terhindar dari rantainya yang putus ada baiknya jika Anda cek dulu sebelum digunakan.

Saat kondisinya kendur tentu rantai rawan putus. Bahkan bisa memberikan masalah lain yaitu lepas. Jika kondisi rantai kendur, bisa saja membuat tarikan motor menjadi kurang nyaman saat dikendarai.

Hal ini karena rantai memiliki fungsi yang cukup vital, sehingga rantai harus bekerja lebih ekstra untuk menarik ban belakang dalam kondisinya yang kendur.

Penyebab hal ini sering terjadi akibat rantai motor kering kurangnya perawatan. Ketika sepeda motor melaju cukup kencang mengakibatkan putus. Karena alasan inilah, sebaiknya Anda sempatkan untuk melakukan pengecekan.

Baca Juga : Speedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Jika kondisinya kotor segera bersihkan. Gunakan pelumas untuk membuatnya bersih kembali. Jika rantai kendor, maka pastikan Anda melakukan penyetelan ulang.

Cara Memasang Kembali Rantai Sepeda Motor

Penyebab rantai motor sering lepas salah satunya karena kondisinya kendur. Namun ketika hal ini tidak segera Anda atasi bisa mengakibatkan rantai putus.

Bahkan masalah ini dapat terjadi kapan dan di mana saja. Agar tidak mengakibatkan masalah berkelanjutan, segera untuk mengatasinya. Jika kondisi ini sudah terjadi, Anda bisa segera melakukan perbaikan.

Ketika rantai putus, Anda bisa memasangnya kembali. Cara pemasangan rantai sepeda motor juga tidaklah sulit. Memasang kembali rantai yang putus sama seperti Anda memasang rantai sepeda.

Anda cukup rekatkan terlebih dulu bagian atas gear belakang dengan rantai. Setelah itu, putar roda motor ke belakang. Dari situlah rantai akan kembali ke tempat semula.

Sebaiknya sebagai pemilik kendaraan, Anda harus tahu beberapa masalah yang sering terjadi. Sehingga dalam mengatasinya tidak perlu membawanya ke bengkel.

Begitu juga dengan mengetahui penyebab rantai motor sering lepas. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengatasi masalah kapan saja. Jadi tidak perlu membawanya ke bengkel. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -