Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruPerawatan Kulit Alami yang Mudah dengan Khasiat Lidah Buaya

Perawatan Kulit Alami yang Mudah dengan Khasiat Lidah Buaya

Perawatan kulit alami bisa dengan berbagai bahan herbal. Salah satunya dengan lidah buaya yang terkenal. Bahan alami ini kaya kandungan mineral dan senyawa yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya lebih menarik.

Lidah buaya atau yang populer pula dengan sebutan aloe vera memang terkenal sebagai tumbuhan yang memiliki seribu manfaat.

Banyak sekali produk kosmetika dan industri farmasi yang memanfaatkan lidah buaya untuk bahan baku dalam pembuatannya.

Lidah buaya atau aloe vera termasuk jenis herbal yang terbilang sangat lengkap kandungan nutrisinya.

Mengutip dari berbagai sumber, kandungan nutrisi lidah buaya antara lain vitamin, mineral, dan senyawa lainnya.

Untuk jenis vitamin yang terdapat dalam herbal ini seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B12, E, folic acid, inositol, dan choline. Sedangkan mineralnya meliputi magnesium, kalsium, potasium, kromium, seng, iron, dan sodium.

Yang menarik dalam lidah buaya juga terkandung beragam jenis enzim, seperti cellulase, amylase, bradykinase, carboxycellulose, carboxy epilase, dan catalase.

Baca Juga : Byunest, Minuman Kolagen dari Sarang Burung Walet untuk Perawatan Kulit

Selain itu, tanaman herbal ini bukan hanya berguna untuk perawatan kulit alami, namun bisa juga kita manfaatkan untuk konsumsi minuman bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, aloe vera juga memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang sangat baik untuk kulit.

Seperti aspartic acid, asparagin, alanin, arginin, glutamat, histidin, glycine, isoleucine, serine, phenylalanine, dan threonine.

Hebatnya lagi, tanaman yang kaya akan gel-nya ini mengandung sifat anti jamur, sehingga dapat menangani pembengkakan akibat bisul pada kulit. Tanaman lidah buaya juga mampu mengatasi masalah atau gangguan kulit.

Ragam Perawatan Kulit Alami dari Lidah Buaya

Maka tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan lidah buaya sebagai salah satu obat herbal untuk perawatan kulit alami Anda.

Nah, berikut ini beragam manfaat dan khasiat dari lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga : Perawatan Kulit Wajah Berminyak Sebelum Tidur, Ini Langkahnya

Mencegah Keriput Mata

Bagaimana jika bagian kulit mata Anda menjadi lebih keriput dari sebelumnya? Tentu saja ini tanda-tanda penuaan dini. Anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk mencegah terjadinya keriput di bagian mata.

Hal ini karena lidah buaya mengandung banyak vitamin A, C, dan E yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sedangkan untuk cara penggunaanya juga cukup mudah. Anda hanya perlu lakukan setiap akan tidur malam dan tunggu beberapa saat sebelum membersihkannya.

Menghilangkan Flek Hitam

Siapa sangka bila penggunaan secara rutin lidah buaya sebagai perawatan kulit alami, memungkinkan untuk memudarkan flek hitam yang terdapat pada lapisan kulit wajah.

Flek hitam dan bintik pada area wajah dapat tersamarkan jika Anda menggunakan lidah buaya untuk perawatan kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C dan E sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

Baca Juga : Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Tak Perlu Mahal, Pakai Air Garam Saja

Membersihkan Kulit

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika tumbuhan lidah buaya memiliki sifat yang dapat membersihkan area kulit. Apalagi dengan kandungan aneka macam vitamin dalam herbal ini.

Gunakan lidah buaya sebagai pembersih wajah untuk membersihkan sel kulit mati dan merawat pori-pori kulit. Lakukan secara teratur terutama setelah Anda pulang dari kantor maupun aktivitas luar rumah.

Mengencangkan Elastisitas Kulit

Bentuk perawatan kulit alami yang bisa Anda lakukan dengan tanaman lidah buaya adalah untuk meningkatkan dan lebih mengencangkan elastisitas kulit.

Hal ini karena saat menerapkan lidah buaya untuk merawat kulit, maka sel fibroblas pada daerah kulit dapat terangsang secara sendirinya. Kandungan aloe vera ini mampu meningkatkan kolagen alami yang bisa menjaga elastisitas kulit.

Setidaknya Anda bisa menggunakan batang lidah buaya yang masih segar atau bisa beli dalam bentuk kemasan.

Memelihara Kesehatan Kulit

Kulit adalah bagian tubuh terluar dari anggota badan kita, sehingga perlu perawatan yang lebih agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

Salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh supaya kulit terasa segar dan bersih.

Selain itu, perlu asupan lain yang dapat menjaga kulit tetap sehat. Dengan menggunakan tanaman aloe vera menjadi pilihan sangat tepat lantaran mengandung berbagai mineral dan vitamin yang penting dalam memelihara kulit.

Nah, itulah berbagai bentuk perawatan kulit alami yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan lidah buaya.

Khasiat tanaman lidah buaya tidak saja baik untuk perawatan luar, namun juga bisa Anda manfaatkan untuk perawatan dari dalam. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -