Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbandingan Qualcomm dan Mediatek, Qualcomm Tertinggal?

Perbandingan Qualcomm dan Mediatek, Qualcomm Tertinggal?

Perbandingan Qualcomm dan Mediatek wajib Anda ketahui. Apa saja? Saat ini semua orang sudah sangat akrab dengan ponsel Android. Salah satu unsur penting dalam ponsel pintar adalah chipset.

Chipset bagaikan sebuah otak untuk menjalankan ponsel pintar Anda. Dengan chipset, maka ponsel dapat menghasilkan performa yang kencang.

Ada dua merek terkenal untuk chipset atau prosesor di Android, yaitu Mediatek dan Qualcomm. Mana yang lebih baik?

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Sistem UI di Android Mudah dan Praktis

Intip Perbandingan Qualcomm dan Mediatek

Zaman globalisasi yang serba teknologi dan internet ini membuat orang tidak bisa lepas dengan smartphone atau ponsel pintarnya.

Tidak hanya anak muda dan remaja, tetapi dari seluruh kalangan muda hingga tua saat ini aktif menggunakan ponsel.

Dengan banyaknya permintaan, maka produsen ponsel semakin gencar menghadirkan serta mengembangkan produk mereka. Mereka berlomba untuk memberikan ponsel dengan spesifikasi dan performa terbaik.

Dalam perbandingan keduanya, Qualcomm dan Mediatek adalah jenis prosesor yang paling terkenal bahkan sangat sering digunakan untuk ponsel Android saat ini. Tentunya masing-masing chipset memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Prosesor Mediatek

Mediatek adalah sebuah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan. Perusahaan tersebut menghadirkan berbagai produk semikonduktor yang diantaranya adalah prosesor untuk smartphone berbasis Android bernama Helio Mediatek.

Prosesor Mediatek sendiri terdiri dari banyak seri, seperti Helio A series, Helio G, P, dan X series.

Kekurangan dan Kelebihan Mediatek

Untuk mengetahui perbandingan Qualcomm dan Mediatek, tentunya harus terlebih dahulu paham kekurangan dan kelebihannya.

Untuk Mediatek sendiri, kelebihan utamanya ada di harga yang murah karena ongkos produksinya sedikit.

Meskipun terbilang cukup murah, tetapi prosesor ini sangat bisa bersaing di pasaran dengan kualitas yang baik.

Kekurangan prosesor ini adalah citra buruknya di masa lalu yang diklaim membuat ponsel cepat panas.

Tidak perlu khawatir karena saat ini chipset Mediatek sudah membenahi masalah tersebut dan tidak lagi ditemukan di produk terbarunya.

Baca Juga: Kunci Folder Di Android Paling Mudah dan Aman, Ini Caranya

Adapun daftar chipset terbaik dari Mediatek sebagai berikut:

  • Dimensity 1200, chipset ini memiliki kinerja 22 persen lebih kuat dan menghemat daya hingga 25% daripada seri sebelumnya. Hal yang tak kalah mengejutkan adalah chipset ini klaimnya mempunyai kemampuan proses foto dan video yang lebih baik ketimbang iPhone 12 dengan harga fantastis.
  • Dimensity 1000 series, chipset ini termasuk ke dalam kelas atas Mediatek yang mendukung jaringan 5G dan dual SIM.

Prosesor Qualcomm

Qualcomm merupakan chipset asal Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2007. Pada dasarnya, Qualcomm bukan produk prosesor pertama yang perusahaan tersebut rancang.

Kelebihan dan Kekurangan Qualcomm

Kelebihan dari chipset Qualcomm yang pertama adalah grafis maksimal berkat teknologi canggih pada CPU core Snapdragon. Hal tersebut membuat ponsel dengan chipset ini sangat cocok untuk bermain game resolusi tinggi.

Selanjutnya adalah kinerja Snapdragon yang sangat stabil dan efisien dalam penggunaan baterai.

Perbandingan Qualcomm dan Mediatek yang paling menonjol berada di harganya. Qualcomm Snapdragon memiliki harga yang cenderung lebih mahal ketimbang Mediatek.

Daftar Chipset Qualcomm Terbaik

  • Qualcomm Snapdragon 888 dan 888+, chipset ini menawarkan performa yang anti lelet pada Android. Chipset 888 5G bahkan bisa mendapatkan 8 nilai Antutu pada angka 700 ribu. Snapdragon 888 juga tergolong chipset kelas atas karena beberapa fitur tambahannya.
  • Snapdragon 855 dan 855+, memiliki prosesor dan GPU yang kencang membuat chipset ini menjadi salah satu yang terbaik dari Qualcomm. Smartphone yang menggunakan Snapdragon 855 dan 855+ biasanya tergolong mahal karena berada di kelas atas (flagship).

Baca Juga: Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android, Gunakan Jalur Praktis!

Mediatek Ungguli Qualcomm di Tahun 2021

Perbandingan Qualcomm dan Mediatek sebagai chipset smartphone canggih sepertinya tidak akan pernah habis.

Tetapi sepertinya Qualcomm harus menahan kekecewaan karena dalam perbandingan keduanya, Mediatek lebih unggul di pasar global tahun 2021 ini.

Hal tersebut berdasarkan riset firma pasar Counterpoint yang memberikan daftar perusahaan teratas berdasarkan pengiriman chipset smartphone di kuartal ketiga 2021.

Dalam laporan tersebut terlihat bahwa Mediatek lebih unggul karena berhasil meraup pangsa pasar sebesar 40 persen.

Mereka juga menyebutkan bahwa keunggulan Mediatek karena portofolio produk 5G yang kompetitif. Selain itu, tingginya permintaan atas SOC 4G atau System on Chip juga bisa menjadi salah satu faktor.

Sedangkan Qualcomm hanya mendapat sekitar 27 persen pangsa pasar. Hal itu membuat perbandingan Qualcomm dan Mediatek pada tahun 2021 dimenangkan oleh Mediatek dengan telak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -