Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Tropis dan Subtropis Lengkap Dengan Daerah Persebarannya

Perbedaan Tropis dan Subtropis Lengkap Dengan Daerah Persebarannya

Perbedaan tropis dan subtropis dapat terlihat dari berbagai hal. Perbedaan tersebut yang nantinya akan menjadi karakteristik hingga kondisi alam suatu wilayah di muka bumi.

Iklim dapat berbeda-beda karena pengaruh dari kondisi geografis maupun astronomis suatu wilayah. Lalu apa saja perbedaan daripada tropis dan subtropis?

Ini Dia Perbedaan Tropis dan Subtropis

Setiap negara ataupun wilayah yang ada di Bumi memiliki iklim berbeda-beda. Mulai dari negara dengan iklim subtropis, tropis, sedang, hingga iklim kutub.

Masing-masing iklim tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Karakteristik tersebutlah yang mempengaruhi kondisi alam di suatu negara.

Baca Juga: Urutan Lapisan Matahari, Dari Lapisan Terluar Hingga Inti

Contohnya adalah Indonesia, negara dengan iklim tropis cenderung memiliki suhu udara tinggi karena selalu mendapat pancaran sinar matahari.

Iklim tropis dan subtropis memiliki nama yang hampir sama. Tetapi kedua iklim ini memiliki karakter yang sangat berbeda.

Kebanyakan orang sering mengira iklim tersebut sama, padahal sangatlah berbeda. Agar kamu tidak salah lagi, ayo simak perbedaan iklim tropis dan subtropis di sini.

Mengenal Iklim

Kamu perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan iklim sebelum mengetahui perbedaan tropis dan subtropis, 

Iklim merupakan cuaca rata-rata di suatu tempat atau wilayah selama bertahun-tahun. Iklim berbeda dengan cuaca. Jika cuaca dapat berubah dengan waktu cenderung cepat, maka iklim stabil atau bersifat tetap.

Untuk berubah, iklim memerlukan waktu yang cenderung lama. Bisa ratusan, ribuan, bahkan hingga jutaan tahun. Hal tersebutlah yang membuat iklim dapat mempengaruhi kondisi alam suatu negara atau wilayah.

Dalam proses pembentukannya, iklim memiliki beberapa komponen sistem. Komponen sistem iklim merupakan berbagai faktor alam yang bekerja sama dan saling terkait sehingga membentuk iklim.

Baca Juga: Perbedaan Iklim dan Cuaca, Penting untuk Diketahui!

Berikut beberapa komponennya:

  1. Cryosphere (salju dan es), komponen ini memiliki fungsi untuk mendinginkan Bumi. Ia memantulkan sinar matahari yang rusak sehingga terserap oleh permukaan.
  2. Atmosfer (lapisan udara), memiliki fungsi sebagai pengisolasi bumi dengan cara menjebak panas dan mengangkut panas serta uap air.
  3. Litosfer (tanah padat), komponen ini berfungsi untuk menyerap energi matahari yang masuk. Ada juga benua yang membantu dalam mengarahkan arus laut serta angin.
  4. Komponen biosfer (makhluk hidup), pada komponen ini terdapat berbagai organisme yang berfungsi mengambil karbon dan menukarnya dengan atmosfer.
  5. Hidrosfer, air di lautan berfungsi menyerap panas dan karbon. Air tersebut nanti akan terangkat ke seluruh planet yang membuatnya secara alami mengontrol CO2 di atmosfer.

Hal yang Membedakan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 4 jenis iklim di dunia ini. Iklim tersebut meliputi tropis, subtropis, iklim sedang, hingga iklim kutub.

Dari iklim-iklim tersebut, iklim tropis dan subtropis yang seringkali mengecoh. Penulisan dan pelafalannya yang hampir sama, membuat banyak orang mengira kedua iklim ini sama.

Padahal perbedaan tropis dan subtropis sangatlah terlihat. Berikut hal-hal yang membedakannya.

Letak Astronomis

Perbedaan yang pertama berada pada letak astronomis kedua iklim tersebut. Iklim tropis merupakan kondisi suhu udara rata-rata di Bumi yang berdasarkan pada lokasi matahari.

Posisi matahari akan berubah di atas garis ekuator selama satu tahun. Karena itulah iklim tropis seringkali terjadi di beberapa wilayah dengan garis astronomis 23,5º LU dan 23,5º LS.

Sedangkan iklim subtropis biasanya berada di wilayah dengan garis lintang 23,5º-66,5ºLU hingga 23,5º-66,6º LS.

Ini terjadi karena wilayah iklim sub tropis biasanya berada pada bagian luar utara atau selatan dari garis ekuator.

Suhu Udara

Perbedaan garis astronomi membuat penyinaran sinar matahari kedua wilayah dengan iklim tersebut berbeda.

Baca Juga: Pengertian Tata Surya, Bagaimana Proses Pembentukannya?

Iklim subtropis memiliki rata-rata suhu udara yang berbeda di setiap musim. Dengan rata-rata 30 derajat Celcius pada musim panas dan tidak lebih dari 18 derajat saat musim dingin.

Berbeda dengan wilayah iklim tropis yang suhu udaranya cenderung stabil, yaitu 29 derajat saat panas dan 18 derajat saat dingin.

Musim

Perbedaan tropis dan subtropis selanjutnya terletak pada musim. Musim yang dimiliki iklim tropis hanyalah penghujan dan kemarau.

Sedangkan pada subtropis terdapat 4 jenis musim, yaitu musim salju, semi, panas, dan musim dingin.

Zona Persebaran

Kawasan dengan iklim subtropis mencakup Asia Tengah, Asia Barat, Eropa, Australia, dan lainnya. Sedangkan iklim tropis mencakup wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika Selatan, hingga Afrika.

Selain itu, perbedaan tropis dan subtropis terlihat jelas pada jenis hewan dan vegetasi yang tumbuh. Iklim tropis cenderung memiliki lebih banyak jenis flora di bandingkan dengan wilayah subtropis. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -