Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisPerlu Anggaran Besar, Pemasangan PJU di Ciamis Kurang 7.000 Titik

Perlu Anggaran Besar, Pemasangan PJU di Ciamis Kurang 7.000 Titik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kurang 7.000 titik dari 14.000 titik jalan yang harus terpasang PJU.

Meskipun demikian Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis terus melakukan pemasangan PJU seperti di jalan koperasi kelurahan Kertasari, Kecamatan Ciamis. Hal itu dilakukan agar jalan tersebut tidak gelap gulita pada malam hari.

Kepala Dishub Ciamis Bambang mengatakan, untuk wilayah kabupaten Ciamis masih banyak titik yang belum terpasang PJU. 

“Wilayah perkotaan Ciamis saja masih belum semuanya kita pasang. Salah satunya Jalan Koperasi ini dan baru bisa kita pasang sekitar 7 PJU. Hal tersebut menyesuaikan anggaran yang ada,” ungkapnya, Selasa (21/12/2021).

Kendala Pemasangan PJU di Ciamis

Menurut Bambang, untuk pemasangan PJU memang memerlukan anggaran yang cukup besar, sehingga tidak bisa sekaligus melakukan pemasangan.

“Seperti halnya di lokasi perkantoran Ciamis belum semuanya kita pasang,” katanya.

Bambang mengatakan, untuk Kabupaten Ciamis baru terpasang sekitar 7.000 titik dari 14.000 titik yang sudah direncanakan.

“Artinya kekurangannya terus kita upayakan setiap tahun anggaran baik anggaran murni maupun perubahan. Sehingga kami terus berupaya untuk menyelesaikan pemasangan tiap tahun anggaran,” katanya.

Baca Juga: Pilkades Serentak Ciamis Digelar 27 Maret 2022, Berikut Tahapannya!

Tidak hanya itu, lanjut Bambang, pihaknya juga mendapatkan subsidi dari pihak pemerintah provinsi untuk pemasangan PJU di jalan nasional.

Hanya saja untuk pemeliharaan dan juga pembayaran listriknya pemerintah kabupaten yang bertanggung jawab.

“Untuk pembayaran listrik PJU seluruh Kabupaten Ciamis cukup besar sekitar Rp 1,3 Miliar per bulan. Namun itu disesuaikan dengan PJU yang menyala ditambah subsidi dari pajak PJU,” jelasnya

Selain itu, kata Bambang, untuk PJU sendiri banyak juga dari aspirasi anggota DPRD Ciamis yang dipasang di setiap desa maupun kecamatan. Namun kekurangan masih ada, sehingga untuk pemasangan tidak bisa sekaligus.

“Hitungan pembayaran listrik sendiri disesuaikan, sebab. kalau PJU padam tidak masuk hitungan. Selain itu kita juga tiap bulan melakukan penggantian lampu PJU yang padam,” katanya.

Bambang berharap dua tahun ke depan kekurangan tujuh ribu titik PJU di kabupaten Ciamis bisa terpenuhi, supaya daerah atau jalan yang setiap malam gelap gulita bisa terang benderang.

“Manfaatnya warga tidak takut ketika melintas jalan tersebut,” tandasnya. (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -