Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPesan WA Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka, Bagaimana Solusinya?

Pesan WA Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka, Bagaimana Solusinya?

Pesan WA baru masuk saat aplikasi dibuka seringkali terjadi. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna. Terdapat beberapa faktor penyebab mengapa pesan pada aplikasi WhatsApp mengalami delay.

Secara normal, ketika terdapat pesan teks atau suara masuk, biasanya akan muncul pemberitahuan atau notifikasi pada perangkat. Dengan demikian, kita dapat langsung melihat serta membalas setiap pesan yang masuk tersebut.

Dengan hadirnya sistem Push Notification pada aplikasi WhatsApp, maka seharusnya pemberitahuan dapat muncul kapan saja, meskipun kita tidak sedang menggunakan aplikasi WA.

Namun terkadang, terdapat masalah yang bisa terjadi. Masalah tersebut adalah pesan WhatsApp yang tidak masuk sebelum kita membuka aplikasinya.

Jika hal ini pernah terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Fitur Undo di Postingan Status WhatsApp Hadir Untuk Para Penggunanya

Inilah Cara Mengatasi Pesan WA Baru Masuk Saat Aplikasi Dibuka

Aplikasi pesan WA pada HP Android seringkali mengalami masalah, yakni pesan tidak masuk saat aplikasi dalam posisi tertutup. Selanjutnya pesan baru akan masuk saat aplikasi WA pengguna buka.

Hal ini dapat saja terjadi pada HP Android yang menggunakan versi Android terbaru. Masalah ini terjadi karena fitur hemat baterai pada versi Android terbaru.

Dengan demikian, beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting apabila dalam keadaan tertutup selama 5 menit lebih, maka aplikasi tersebut akan tertutup permanen. Dalam hal ini, memerlukan langkah manual untuk membuka aplikasi sehingga kembali normal.

Hal lain yang dapat menyebabkan pesan WA baru masuk saat aplikasi dibuka adalah terdapat pada pengaturan sistem yang tidak sesuai dengan aplikasi WhatsApp.

Mulai dari mode baterai yang aktif hingga adanya masalah RAM yang penuh. Perubahan setelan ini bisa sengaja atau tidak. Karena hal ini dapat terjadi tanpa kita ketahui.

Baca Juga: Aplikasi Unduh Status WA Aman Tanpa Diketahui Pemilik, Ini Pilihannya!

Aktifkan Data Latar Belakang Aplikasi WA

Perlu Anda ketahui, WhatsApp pada dasarnya adalah aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang. Hal ini artinya ketika aplikasi WA sedang tidak dalam keadaan terbuka, maka aplikasi ini akan terus berjalan sendiri.

Oleh karena itu, apabila pesan WA masuk hanya saat aplikasi dalam keadaan terbuka, maka kemungkinan data latar belakang WhatsApp pada ponsel Anda dalam posisi non aktif.

Untuk dapat menghidupkan kembali, Anda masuk saja ke menu Setting lalu pilih Aplikasi. Kemudian cari aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya pilih Penggunaan Data dan aktifkan tombol yang tersemat pada bagian samping menu Data Latar Belakang.

Update Google Play Service

Pesan WA baru masuk saat aplikasi dibuka bisa jadi karena Google Play Service yang telah usang serta perlu adanya pembaharuan.

Pasalnya, salah satu fungsi Google Play Service adalah untuk mengatur notifikasi. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat melakukan update Google Play Service melalui aplikasi Play Store.

Mematikan Mode Hemat Daya

Hampir sebagian besar smartphone Android masa kini telah mempunyai dukungan fitur hemat daya. Fitur ini berfungsi untuk membantu baterai lebih tahan lama.

Namun perlu Anda ketahui bahwa kehadiran fitur tersebut dapat membuat aplikasi yang berjalan di latar belakang menjadi terhenti. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp.

Jika pesan WA baru masuk saat aplikasi dibuka, kemungkinan ini terjadi dari pengaruh penggunaan fitur hemat daya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Caranya, Anda tinggal masuk pada menu Setting > Baterai > lalu klik tombol yang terdapat di samping menu Mode Hemat Daya.

Baca Juga: Panduan Download Video TikTok Menjadi Mp3, Ikuti Cara Ini!

Hapus Data dan Cache WhatsApp

Terjadinya masalah pesan WA baru masuk saat aplikasi terbuka bisa saja terjadi karena sistem aplikasi WhatsApp.

Hal ini dapat berakibat tidak munculnya notifikasi pada layar smartphone. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus data dan cache WhatsApp yang Anda miliki.

Caranya pun cukup mudah. Buka menu Pengaturan, kemudian pilih Pengelola Aplikasi. Lanjut pilih Semua Aplikasi, pilih WhatsApp dan Hapus Data.

Namun cara untuk mengatasi masalah pesan WA baru masuk saat aplikasi dibuka satu ini dapat menjadikan aplikasi WhatsApp seperti pertama kali didownload.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda telah back up terlebih dahulu chat, foto, dan video ke dalam akun Gmail yang Anda daftarkan ke WhatsApp. (R10/HR-Online)

- Advertisment -