Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita Ciamis2 Peziarah Jatuh ke Jurang Gunung Bitung Ciamis, Begini Kondisinya

2 Peziarah Jatuh ke Jurang Gunung Bitung Ciamis, Begini Kondisinya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dua orang peziarah makam keramat Situs Madati, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terjatuh ke jurang Gunung Bitung, pada Minggu (19/12/2021).

Dua orang tersebut adalah Dadang Setiawan (55) warga Cipadung Kidul Bandung, dan Didin Wahyudin (48) warga Cilawu Garut.

Gunung Bitung sendiri berada di antara perbatasan Kecamatan Sukamantri dan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Petugas gabungan dari Tagana, BPBD Ciamis, TNI/Polri, Basarnas, Pos SAR Tasikmalaya, PMI, Perhutani, puskesmas dan juga masyarakat yang melakukan pencarian berhasil menemukan kedua korban tersebut.

Anggota Tagana Ciamis, Alan Hariri mengatakan, pada Minggu malam, dikabarkan dua orang terjatuh ke jurang Gunung Bitung.

Beruntung timnya berhasil menyelamatkan kedua orang tersebut pada hari Senin pukul 03:00 WIB dini hari. Keduanya dalam kondisi selamat meski terjatuh ke jurang Gunung Bitung.

Sementara untuk proses evakuasi sendiri, tim gabungan melakukannya pada hari Senin (20/12/2021) dari tebing Curug Ngaruy, Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

“Pagi hari tadi kita berhasil menemukan dan mengevakuasi korban. Keduanya selamat dan langsung dilakukan perawatan,” katanya, Senin (20/12/2021).

Lebih lanjut Alan menuturkan, satu orang mengalami luka pada bagian kakinya. Sedangkan satu orang lagi dehidrasi dan badannya lemah. “Sehingga saat dievakuasi harus ditandu oleh petugas,” tuturnya.

Alan menambahkan, dari pengakuan korban, kedua orang tersebut telah melakukan ziarah ke makam keramat di Situs Madati.

Namun saat perjalanan pulang, salah satu korban yakni Didin terpeleset dan jatuh ke jurang Gunung Bitung.

“Dadang berusaha menolong. Akan tetapi kondisinya lemah dan dehidrasi, sehingga sama-sama terperosok,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Panjalu, AKP Endang Suwandi, melalui Kanit Binmas Polsek Bripka Doni Hermana membenarkan, bahwa sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan ada dua orang hilang.

Dalam laporan tersebut, kedua orang yang hilang tersebut terjatuh ke jurang Gunung Bitung, setelah berziarah ke makam keramat Situs Madati, Kabupaten Ciamis.

“Kami langsung melakukan koordinasi dengan Tim SAR. Dan sekarang alhamdulilah  sudah ditemukan dengan keadaan selamat,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -