Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPlanet Ekstrasurya TOI-2109b, Rekor Gas Terpanas dan Orbit Cepat

Planet Ekstrasurya TOI-2109b, Rekor Gas Terpanas dan Orbit Cepat

Planet ekstrasurya TOI-2109b berhasil pecahkan rekor dengan masa orbit yang sangat cepat. Selain itu, dari ukurannya yang raksasa memiliki suhu sangat panas.

National Geographic melansir berita mengenai salah satu planet raksasa satu ini. Selama ini para ilmuwan telah menemukan lebih dari 400 Jupiter panas yang menjadi julukan planet sejenis ini.

Namun data terbaru mengenai planet satu ini benar-benar mengejutkan. Dari kondisinya yang sangat besar dan bersuhu panas, membuatnya menarik.

Sejak 23 November 2021, penemuan ini berhasil terbit dalam Astronomical Journal dengan judul TOI-2109: An Ultra Hot Gas Giant 16 hr Orbit.

Baca Juga: Urutan Lapisan Matahari, Dari Lapisan Terluar Hingga Inti

Temuan Planet Ekstrasurya TOI-2109b Pecahkan Rekor

Dari data tersebut terlihat bahwa masa orbit dari planet satu ini sangat cepat. Mencapai 16 jam saja dalam satu tahunnya, tentu saja waktu dalam planet ini berlalu cepat.

Sehingga data ini menjadikannya orbit planet yang terpendek dari semua raksasa gas. Tidak heran jika akhirnya planet ini jadi perhatian.

Tak hanya itu saja, mereka mengklaim bahwa massanya mencapai 5 kali massa Planet Jupiter. Namun anehnya, pusaran tersebut belum bisa terkuak dan terpecahkan hingga saat ini.

Bisa kita bayangkan pada ukuran raksasanya dengan orbit secepat itu. Bahkan dengan suhu sepanas ini, tentu saja planet dengan massa 50% lebih besar dari Matahari ini cukup membuat ngeri.

Baca Juga: Bumi Diklaim Bakal Punya Cincin, Tersusun Dari Sampah Antariksa

Suhu Planet Ekstrasurya TOI-2109b

Setelah membahas masa orbit dan ukurannya yang luar biasa, selanjutnya kami akan membahas keadaan suhunya.

Berasal dari obit pendeknya, maka perputaran ke arah bintangnya lebih cepat. Sehingga bisa membuatnya memiliki suhu yang cenderung lebih panas daripada lainnya.

Karena mereka menyebutkan bahwa suhunya mencapai 3.500 Kelvin. Jika dalam derajat Fahrenheit, maka bisa mencapai 6.000.

Dari sini kita bisa mengkategorikan planet yang satu ini menjadi terpanas kedua. Hal ini jika kita bandingkan dengan Jupiter Panas yang sudah ditemukan para peneliti lainnya.

Baca Juga: Eksoplanet Baru TOI 179b, Memiliki Ciri Unik dan Suhu Panas

Penelitian Lebih Lanjut pada Tahun Depan

Terletak pada selain konstelasi Hercules pada 855 tahun cahaya Bumi. Menggunakan beberapa teleskop yang berbasis darat pada tahun depan akan ada penelitian lanjutan.

Hal ini untuk mengetahui lebih dekat rentang pita frekuensi. Mulai dari konfirmasi transit dan mengorbitnya, lalu akan berlanjut dengan panjang gelombang optik serta inframerah.

Terlihat bahwa memang bintang tersebut berukuran 5 kali daripada Jupiter panas. Dengan 1,5 juta mil, membuatnya tampak terkunci dengan hasil siang dan malam secara terus-menerus pada data tersebut.

Planet ekstrasurya TOI-2109b tetap menjadi yang paling panas atau ultrahot. Pada kondisi atmosfer yang secara fisik dan kimianya berproses, namun tidak memiliki analog seperti tata surya kita.

Menggunakan ilmu astronomi, peneliti akan mendapatkan data dan kesempatan lanjutan untuk pelajari planet ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -