Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita BanjarPohon Trembesi Rawan Tumbang di Kota Banjar Dipangkas

Pohon Trembesi Rawan Tumbang di Kota Banjar Dipangkas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjar, Jawa Barat, memangkas pohon trembesi yang rawan tumbang, Kamis (2/12/2021).

Pohon tersebut berada di Jalan RE. Koesasih, depan lapang sebuah hotel, Lingkungan Parung Lesang, Kec. Banjar, Kota Banjar.

Seksi Pengendalian Kedaruratan dan Logistik (Kasi Darlog) BPBD Kota Banjar, Yudi Andiana mengatakan, pemangkasan tersebut berdasarkan aduan masyarakat.

Warga khawatir dahan dan ranting pada pohon trembesi yang menutupi seluruh jalan dan miring, khawatir tumbang. Hal tersebut seiring dengan kondisi cuaca buruk, seperti hujan yang disertai dengan angin kencang.

“Pemangkasan berdasarkan aduan warga, juga Polres yang punya inisiasi untuk keselamatan pengendara,” kata Yudi kepada HR Online, Kamis (2/12/2021).

Lebih lanjut Yudi menambahkan, pihaknya mengirimkan satu tim berisi 6 personel untuk berkolaborasi dengan tim dari DLH.

Pemangkasan dilakukan mulai pukul 09.15 WIB, ranting dan dahan yang menghalangi jalan mulai dipangkas satu persatu. 

“Rencananya hanya memangkas yang menghalangi jalan saja. Namun melihat banyak bagian yang keropos, jadi kami memangkas semuanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DLH Kota Banjar, Uun Maryonah mengatakan, bahwa pemangkasan pohon trembesi mulai dari yang keropos, karena rawan tumbang.

“Kami mengantisipasi kemungkinan tumbang atau membahayakan. Maka kami lakukan pemangkasan,” katanya.

Dengan eksekusi pemangkasan ini, ia mengharapkan agar masyarakat merasa lebih aman ketika melintasi kedua jalur tersebut.

BPBD dan DLH Kota Banjar pun mengimbau kepada masyarakat, agar melaporkan jika ada pohon yang dirasa membahayakan.

Kendati demikian, para pihak juga tetap melakukan survei kondisi pohon yang sudah tidak layak. (Aan/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -