Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisPohon Usia Ratusan Tahun di Keramat Dungkut Kawali Ciamis Tumbang

Pohon Usia Ratusan Tahun di Keramat Dungkut Kawali Ciamis Tumbang

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pohon usia ratusan tahun yang berada di Keramat Dungkut Rangga Yunan Weningsari, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tumbang menutup akses jalan dan juga menimpa kandang ayam milik warga.

Dadang Kusmayadi, salah seorang warga setempat mengatakan, sebuah pohon kayu berusia ratusan tahun yang tumbang itu memiliki diameter lebih dari 3 meter.

“Tumbang ya pohon yang berada di Keramat Dungkut Rangga Yunan terjadi pada Sabtu dini hari lalu, sekitar pukul 01.00 WIB,” katanya kepada HR Online, Senin (27/12/2021).

Menurut Dadang, tumbangnya pohon tersebut mengakibatkan kandang ayam milik warga rusak. Bahkan beberapa pohon kelapa ikut roboh tertimpa pohon tua yang tumbang hingga menutup akses jalan.

Baca Juga : Kisah Penjual Burung Asal Bantul Rela Mangkal di Kawali Ciamis

Ia juga menjelaskan, akses jalan yang menghubungkan Dusun Weningsari dan Dusun Sukajadi, Desa Winduraja menjadi tertutup. Akibatnya aktivitas warga menjadi terganggu karena mereka tidak bisa melewati akses tersebut.

Bahkan, besarnya diameter pohon membuat warga kesulitan untuk memotong dan memindahkannya.

Warga pun berharap instansi terkait menurunkan bantuan alat untuk mengevakuasi pohon berusia ratusan tahun yang tumbang. Sebab, selama pohon masih menghalangi akses jalan, maka selama itu pula aktivitas warga terganggu.

“Adanya pohon tumbang yang usianya sudah  ratusan tahun di Keramat Dungkut Rangga Yunan juga sempat terjadi beberapa tahun silam. Namun pada waktu itu tidak sampai menutup akses jalan seperti yang terjadi sekarang,” imbuh Dadang. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -