Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BisnisPotensi Investasi Waralaba Ini Mampu Capai Sebesar Rp 25,7 Miliar

Potensi Investasi Waralaba Ini Mampu Capai Sebesar Rp 25,7 Miliar

Potensi investasi waralaba ini mampu membuat Indonesia Franchise Forum-Bizfet 2021 mencatat nilai transaksi senilai Rp 35,9 miliar.

Nilai tersebut berasal dari adanya potensi jenis investasi waralaba ini sebesar Rp 25,7 miliar serta transaksi belanja senilai Rp 6,5 miliar.

Seperti yang kita ketahui, IFF-Bizfest 2021 telah terselenggarakan atas kerjasamanya dengan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga dengan Asosiasi Franchise Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, dan dukungan dari Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Strategi Investasi Warren Buffett Ini Patut Anda Tiru, Begini Penjelasannya!

Mengejutkan, Potensi Investasi Waralaba Ini Capai Transaksi Senilai Miliaran Rupiah

Muhammad Lutfi yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan telah menyampaikan bahwa pelaku usaha waralaba harus bisa untuk beradaptasi dengan kondisi normal.

Terutama bagi mereka warga masyarakat yang lebih banyak melakukan kegiatannya di dalam rumah.

Pasalnya, adaptasi ini harus dilakukan guna menghadapi kondisi pandemi ini yang berdampak pada dunia usaha, termasuk waralaba.

Hal tersebut telah tersampaikan oleh Mendag Lutfi dalam pembukaan Franchise Forum-Bizfest 2021 sejak Selasa, 7 Desember 2021.

Seperti yang kita ketahui bahwa menjalankan bisnis franchise atau waralaba akan memiliki kelebihan seperti mendapat bantuan bisnis dari pemilik waralaba. Biasanya penerima waralaba akan menerima operasi bisnis yang telah siap pakai.

Baca Juga: Aplikasi Pluang Investasi, Apa dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bisnis Waralaba

Adanya potensi investasi waralaba seperti ini menurut Mendag Lutfi, Indonesia sudah tak lagi menjadi pasar untuk waralaba asing. Hal ini karena waralaba lokal sudah mampu dalam menjadi seorang tuan dan dapat menguasai pasar dalam negeri, bahkan hingga merambah ke pasar regional.

Seperti yang kita tahu, kemendag sudah sangat optimistis dengan kolaborasi bersama pemerintah maupun dunia usaha dan asosiasi. Tentunya waralaba Indonesia ini mampu menguasai hingga bersaing di pasar global.

Bahkan IFF-Bizfest 2021 harus mampu untuk membuka peluang kerja yang lebih banyak serta semakin banyak pelaku usaha waralaba maupun lisensi.

Sebagai salah satu bagian IFF-Bizfest 2021, maka turut dilaksanakan Bizfest Award untuk bentuk penghargaan kepada semua pelaku usaha.

Baca Juga: Marketplace Investasi Aset Digital Nanovest Terbukti Menguntungkan

Bizfest 2021

Selain potensi investasi waralaba, tampaknya Bizfest 2021 adalah bagian dari Gerakan Nasional Ayi Berbisnis serta terselenggara secara hibrida.

Bahkan Anang Sukandar selaku Ketua AFI pun menyampaikan bahwa Bizfest 2021 ini harus bisa mendorong peningkatan konsumsi domestik.

Dengan tujuan untuk terus memutar dan meningkatkan perekonomian nasional yang lebih baik. Selain itu, Tri Raharjo yang menjabat sebagai Ketua WALI juga mengemukakan banyaknya gerai bisnis yang sudah tutup sejak awal pandemi.

Berbagai asosiasi pun ikut mendorong kegiatan tersebut. Lalu mencanangkan gerakan nasional Ayo Berbisnis guna mencapai beberapa hal.

Kesimpulannya, potensi investasi waralaba ini berhasil mencapai Rp 25,7 miliar yang berasal dari IFF-Bizfest 2021.

Tentunya IFF-Bizfest 2021 ini harus mampu untuk membuka lebih banyak lagi terkait peluang kerja. Sehingga semakin banyak pelaku bisnis dalam bidang lisensi maupun waralaba yang bisa tercetak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -