Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita BisnisProspek Bisnis Paling Menjanjikan, Modal Kecil Pasar Tak Pernah Sepi

Prospek Bisnis Paling Menjanjikan, Modal Kecil Pasar Tak Pernah Sepi

Prospek bisnis paling menjanjikan sebenarnya ada banyak. Namun tak sedikit jenisnya yang membutuhkan keterampilan khusus atau modal besar. Namun ada sejumlah pilihan yang tak kalah menarik untuk yang bermodal kecil asal memiliki semangat tinggi.

Sebuah peluang usaha tak jarang datang secara tiba-tiba dan menjadi berkah bagi siapapun yang mampu menangkap, mengolah dan menjalankannya. Namun suatu peluang juga bukannya tidak bisa kita perkirakan.

Baca Juga: Tanaman Bunga Hias Terpopuler yang Cocok untuk Usaha Rumahan

Tak sedikit pelaku bisnis yang kerap menggunakan parameter ‘trend’ atau kecenderungan sebagai indikator untuk melihat dan menangkap peluang usaha yang akan datang.

Beberapa Prospek Bisnis Paling Menjanjikan

Begitu juga menyangkut sebuah peluang bisnis sebenarnya juga dapat kita prediksi dan perkirakan berdasarkan kecenderungan pertumbuhan yang ada pada beberapa waktu atau tahun sebelumnya.

Ada beberapa peluang bisnis yang mengalami tren kenaikan yang sangat positif. Usaha ini juga sangat prospektif untuk Anda jalankan pada tahun depan. Nah, berikut ini ragam prospek bisnis paling menjanjikan yang bisa Anda pilih.

Usaha Rumahan

Peluang usaha rumahan termasuk salah satu bisnis yang selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan dan gairah bisnis rumahan ini setidaknya bisa kita kenali dari dua hal.

Pertama, kebutuhan masyarakat terhadap berbagai barang atau makanan yang lebih unik dan berbeda dari produk pabrikasi akan semakin meningkat. Produk-produk busana, aksesoris, kerajinan, makanan cemilan, hingga warung makan akan lebih variatif.

Baca Juga: Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Solusi Terbaik Finansial Anda

Faktor kedua, semakin tingginya kebutuhan hidup rumah tangga juga akan mendorong masyarakat untuk membuat atau mencari sumber penghasilan tambahan.

Pilihan utama yang akan banyak orang lakukan adalah menjalankan usaha kecil-kecilan dari rumah. Para istri akan lebih kreatif untuk membuat produk yang dapat mereka jual agar segera bisa memperoleh uang.

Pandemi Covid-19 memberikan pengalaman berharga bagaimana usaha rumahan mampu menjadi penopang ekonomi keluarga. Apalagi dengan banyaknya layanan delivery akan semakin mendekatkan usaha ini dengan konsumennya.

Prospek bisnis paling menjanjikan dari usaha rumahan ini tampaknya selalu berkaitan dengan bisnis musiman yang selalu meningkat. Beberapa peluang usaha musiman yang sangat prospektif untuk Anda jalankan meliputi :

  • Usaha yang berkaitan dengan awal tahun ajaran baru
  • Bisnis menjelang Ramadhan dan Lebaran
  • Jenis usaha menjelang Natal dan tahun baru.

Bisnis Online

Meningkatnya jumlah pengguna gadget dan ponsel pintar di tanah air juga menjadi mendorong semakin besarnya peluang bisnis online

Gadget atau ponsel pintar merupakan perangkat mobile phone yang sudah mampu mengakses internet dengan kecepatan yang makin tinggi. Sehingga jumlah pengguna internet pun mengalami peningkatan yang cepat.

Mengutip data internetworldstats, jumlah pengguna internet Indonesia hingga Maret 2021 mencapai angka 212,35 juta jiwa. Jumlah ini setara 80 persen dari jumlah penduduk yang menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga pengguna internet terbesar di Asia.

Ini tentunya suatu angka yang tak bisa kita anggap sebelah mata. Apalagi dari jumlah itu tak kurang dari separuhnya pernah atau sering melakukan transaksi bisnis secara online.

Untuk jenis usaha dengan prospek bisnis paling menjanjikan antara lain toko online dan bisnis afiliasi (dropshipping). Bisnis afiliasi dapat Anda jalankan dalam bentuk toko online tanpa kita perlu membuat produk sendiri.

Baca Juga: Bisnis Sampingan Pegawai Kantor yang Mudah dan Menjanjikan

Selain tidak membutuhkan modal besar dan mudah menjalankannya, bisnis online ini juga merupakan peluang usaha yang sangat prospektif hingga beberapa tahun ke depan.

Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba juga termasuk jenis usaha yang tak ada matinya. Selain lebih mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, usaha ini juga mudah kita jalankan karena tinggal mengadopsi sistem yang sudah berhasil dari pemilik franchise.

Meskipun bisnis waralaba sempat menurun sebelumnya, namun jenis usaha ini tampaknya akan meningkat kembali dan menjadi prospek bisnis paling menjanjikan yang akan menjadi pilihan banyak orang.

Semakin kondusifnya stabilitas dan keamanan di Indonesia akan mendorong banyak pemilik franchise terutama dari luar negeri yang kembali akan menyerbu pasar Indonesia.

Sedangkan untuk jenis usaha waralaba yang tetap akan menjadi primadona adalah dalam bidang makanan dan minuman. 

Gairah dan tren bisnis waralaba makanan tampaknya akan mengulang gairah usaha instan yang pernah berjaya pada sekitar tahun 2010. Apalagi jenis usaha ini juga termasuk memiliki prospek bisnis paling menjanjikan. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -