Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BisnisSaham Core Stock Cocok untuk Investasi Jangka Panjang, Simak Tipsnya

Saham Core Stock Cocok untuk Investasi Jangka Panjang, Simak Tipsnya

Saham core stock adalah saham dari Wonderful Company yang memiliki kinerja konsisten dalam waktu panjang. Sehingga saham yang satu ini tepat untuk investasi jangka panjang.

Saham itu sendiri merupakan salah satu aset investasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk kebutuhan jangka lama. Dari sekian banyaknya saham, salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu core stock.

Saham jenis ini menjadi pilihan investasi jangka panjang hingga 10 tahun kedepan. Pada umumnya, investasi ini bisa untuk dana pensiun atau warisan.

Karena kinerjanya konsisten, valuasinya juga cukup premium. Tersedia saham dengan harga murah dan tinggi. Saham core stock memang tidak sama dengan blue chip.

Hal ini menandakan jika tidak semua saham blue chip cocok dengan core stock. Agar tidak salah dalam menentukannya, ada baiknya jika Anda memilih saham yang tepat.

Baca Juga: Saham Farmasi Termurah di BI Dipengaruhi Varian Kasus Omicron

Tips Memilih Saham Core Stock

Core stock masuk dalam klarifikasi sebagai perusahaan yang memiliki kapitalisasi lebih dari 50T. Memiliki ROE yang stabil sehingga bisa terprediksi dengan bisnis bertahan lebih dari 10 tahun.

Karena alasan inilah tidak sedikit yang menganggap jika valuasi harganya cukup tinggi. Dengan harga yang stabil dan likuiditas baik, tentu menjadi incaran para investor.

Jika Anda menginginkan untuk menjadikannya investasi, simak tips memilihnya. Berikut ini ada beberapa tips memilih yang tepat.

Memiliki High Gross Profit Margin

Tips memilih saham core stock yang pertama yaitu memiliki high gross profit margin. Sebuah perusahaan yang tinggi menandakan jika tidak ada keterlibatan dalam perang harga. Gross profit margin (GPM) umum untuk menjadi standar di atas 30%.

Baca Juga: Rekomendasi Saham ESG dari Beberapa Sektor di Indonesia

Memperhatikan Brand Equity

Brand equity secara sederhana merupakan merek dari perusahaan tersebut. Jika saham tersebut menjadi top of mind di industrinya, hal ini menjadi salah satu pertanda perusahaan memiliki brand equity yang baik.

Good Corporate Governance (GGG) yang Baik

Tips memilih saham core stock selanjutnya, pastikan sudah memiliki GGG yang baik. Artinya perusahaan yang dijalankan oleh manajemen memiliki kredibilitas dan integritas.

Berbeda dengan sebuah perusahaan barang atau jasa yang disukai masyarakat, namun tidak memiliki GGG maka akan berpengaruh pada sahamnya.

Baca Juga: Penyebab Pasar Saham Oleng, Taper Tantrum Selesai Lebih Awal

Capital Expenditure Rendah

Ketika perusahaan memiliki prediksi capital expenditure (capex) yang rendah, maka akan mampu mencetak laba lebih besar. Pada umumnya, perusahaan barang atau jasa tersebut sederhana.

Namun cukup dibutuhkan oleh masyarakat. Sebaiknya untuk investasi jangka panjang, gunakan tips tepat memilih saham. Sebagai investor pemula, tentu Anda perlu memahami apa saja jenis saham yang bisa jadi investasi.

Bahkan untuk pemilihan investasi jangka panjang, direkomendasikan untuk memilih saham core stock. Tentu memiliki harga tinggi yang kompetitif. (R10/HR-Online)

- Advertisment -