Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruSeperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Film Adaptasi Novelis Pangandaran

Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Film Adaptasi Novelis Pangandaran

Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas akhirnya tayang di bioskop-bioskop Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Adaptasi dari novel karya Eka Kurniawan ini sangat berkesan di hati para penontonnya. Apalagi alur ceritanya sangat tidak biasa.

Sementara itu Eka Kurniawan sendiri merupakan novelis kelahiran Tasikmalaya. Meskipun begitu sejak usianya 10 tahun, Eka tinggal di Pangandaran.

Bahkan jika mudik, Eka Kurniawan akan mudik ke Pangandaran. Dalam salah satu tulisannya di blog pribadinya, Eka menyebut Pangandaran sebagai kampung halamannya.

Selain novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Eka juga menulis Cantik Itu Luka, Manusia Harimau, Corat-coret di Toilet dan novel lainnya.

Baca Juga: Sinopsis Teka Teki Tika, Film Ernest Prakasa Bernuansa Knives Out?

Novel Cantik Itu Luka bahkan sudah diterjemahkan dalam beberapa bahasa dan terbit di berbagai negara.

Selain itu, Eka juga mendapat penghargaan Prince Claus Award pada tahun 2018 untuk kategori sastra atau literatur.

Sementara itu, dalam film adaptasi novel Eka Kurniawan ini, sejumlah aktor ikut bermain. Salah satunya Reza Rahadian. Hanya saja bukan sebagai pemeran utama. Pemeran utamanya adalah Marthino Lio yang memainkan karakter Ajo Kawir.

Review Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Sebelum menonton filmnya, berikut HR Online sajikan review film yang sudah melanglang buana dari satu festival ke festival lainnya sebelum akhirnya bisa tayang di bioskop Indonesia.

Pandemi membuat film karya sutradara Edwin ini tak bisa langsung tayang di bioskop pasca produksi.

Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas menceritakan seputar kehidupan Ajo Kawir, seorang jagoan tapi punya kekurangan fisik. Ya Ajo Kawir menderita impotensi, burungnya tak bisa berdiri layaknya laki-laki lainnya.

Hal itu membuatnya tak bisa berhubungan baik dengan perempuan. Namun suatu hari Ajo Kawir bertemu dengan Iteung (Ladya Cheryl). Iteung adalah perempuan yang jago berkelahi.

Awal pertemuannya dengan Iteung pun dimulai dengan perkelahian keduanya. Ajo Kawir saat itu kalah, tapi ia sangat penasaran dengan perempuan yang mengalahkannya tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Alegori Damai

Ia akhirnya tahu tempat biasa Iteung berlatih beladiri, ke sanalah Ajo Kawir menuju. Singkat cerita keduanya malah jadi akrab bahkan berakhir dengan pacaran.

Peran Reza Rahadian

Selanjutnya dalam film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Budi Baik (Reza Rahadian) cemburu dengan kedekatan Iteung dan Ajo Kawir.

Padahal sebelumnya Budi Baik adalah kawan baik Iteung. Bahkan sudah berkali-bali Budi Baik menyatakan perasaannya pada Iteung.

Hanya saja Iteung ogah-ogahan dan tidak membalas perasaan Budi Baik. Padahal Budi Baik sudah seringkali menyombongkan diri dengan menyebut dirinya sebagai pacar Iteung.

Sebaliknya Iteung malah jatuh cinta dengan Ajo Kawir. Pada versi novelnya, cerita berlanjut dengan kehidupan pernikahan Ajo Kawir dan Iteung.

Ajo Kawir yang impoten tak bisa memberikan seorang anak dalam kehidupan pernikahannya dengan Iteung.

Sebelum menikah Iteung sudah tahu masalah Ajo Kawir, namun ia tetap menerimanya dan bersedia menikah dengan Ajo Kawir.

Namun rupanya impotensi Ajo Kawir ini jadi masalah dalam rumah tangga mereka. Sampai akhirnya tiba-tiba Iteung hamil. Jika Ajo Kawir tak bisa menghamilinya, lantas anak siapa yang ada dalam kandungan Iteung?

Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas lantas berlanjut dengan cerita betapa sakit hatinya Ajo Kawir.

Ia kemudian memilih hengkang dari rumah dan kampungnya. Ajo Kawir menjadi seorang supir truk. Pendiriannya yang tak takut mati membuat banyak orang segan. Namun tetap masalahnya hanya satu, burungnya tak bisa berdiri tegak.

Penyebab Masalah Ajo Kawir

Apa sebenarnya penyebab dari masalah yang menimpa Ajo Kawir tersebut? Peristiwa traumatis pada masa kecil Ajo Kawir menjadi penyebabnya.

Suatu hari Ajo Kawir mengintip seorang perempuan bersama kawannya. Tak ada yang menyangka kejadian berikutnya Ajo Kawir menyaksikan perempuan tersebut mengalami pelecehan.

Bertahun-tahun kemudian, dalam perjalanan Ajo Kawir menjadi seorang sopir truk antar pulau, ia bertemu kembali dengan perempuan lain.

Perempuan ini sama sekali tidak cantik. Bahkan jauh dari kecantikan Iteung sekalipun. Namun bersama perempuan ini, Ajo menemukan sesuatu yang dulu lama terpendam sejak peristiwa traumatis masa kecilnya.

Sejak saat itu Ajo Kawir memiliki masalah dengan burungnya. Akankah Ajo Kawir berhasil menyembuhkan kekurangannya tersebut?

Sebenarnya cerita dalam film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas bukan semata tentang kehidupan Ajo Kawir dan Iteung.

Ada juga masalah balas dendam, hingga perkelahian-perkelahian yang memperkaya cerita dalam film ini.

Bagi Anda yang penasaran kelanjutan kisah film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Anda sudah bisa menyaksikannya di bioskop-bioskop terdekat. Selamat menonton, jangan lupa protokol kesehatan ya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -