Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Yuni, Kisah Gadis Terjerat Mitos Tolak 3 Kali Lamaran

Sinopsis Film Yuni, Kisah Gadis Terjerat Mitos Tolak 3 Kali Lamaran

Sinopsis film Yuni salah satu kisah menarik. Film Yuni sudah tayang di Bioskop Indonesia sejak Kamis, 9 Desember 2021 lalu.

Salah satu keunikan film ini adalah bahasa yang digunakan oleh para pemerannya. Mereka menggunakan bahasa Jaseng atau bahasa Jawa Serang.

Kamila Andini pembuat film ini memang sengaja mengksplorasi bahasa Jaseng dalam film Yuni. Bahasa Indonesia jarang digunakan karakter dalam film ini.

Bahasa Jawa dengan logat unik pada film ini bercampur dengan bahasa Sunda membuat film ini begitu menarik.

Apalagi dengan alur ceritanya. Sebelum menyimak sinopsis film Yuni, perlu Anda ketahui film ini masuk seleksi Oscar 2020. Sementara pada ajang Piala Citra, film Yuni meraih 14 nominasi dan masuk sebagai Film Terbaik.

Pemeran film ini adalah Arawinda Kirana, berkat perannya sebagai Yuni, ia mendapat penghargaan di Asian World Film Festival 2021 yang digelar di Los Angeles.

Baca Juga: Sinopsis Film Daredevil, Ben Affleck Pengacara Buta yang Jadi Superhero

Selain itu, banyak yang menyebut Arawinda Kirana merupakan aktris masa depan Indonesia karena aktingnya yang mumpuni dalam film Yuni.

Apalagi Arawinda Kirana juga menggunakan bahasa Jaseng dalam film Yuni dengan sangat baik. Arawinda sampai menginap di salah satu rumah warga Serang, Banten untuk mendalami karakternya. Sekaligus mempelajari bahasa Jaseng sampai mahir dengan seorang mentor.

Arawinda bahkan menulis kamus bahasa Jaseng untuk memudahkannya mengingat, hingga ia bisa menghayati perannya sebagai Yuni.

Simak Sinopsis Film Yuni

Selain panen penghargaan, film karya Kamila Andini juga cukup unik karena menceritakan gadis remaja yang terjerat mitos di kampungnya.

Yuni merupakan seorang gadis yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA. Sebentar lagi Yuni lulus, ia berniat melanjutkan kuliah.

Ibu Lies yang diperankan Marissa Anita melihat potensi Yuni yang memang terkenal sebagai gadis yang cerdas. Karena itu Ibu Lies ingin membantunya untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa.

Selanjutnya dalam sinopsis film Yuni, meskipun ia cerdas namun suatu hari nilai bahasa Indonesia Yuni jelek. Ia lantas mendapat banyak tugas dari Pak Damar (Dimas Aditya).

Seorang adik kelas Yuni bernama Yoga (Kevin Ardilova) membantu Yuni mengerjakan tugas dari Pak Damar. Diam-diam Yoga mengagumi Yuni. Sementara di sisi lain, Yuni naksir Pak Aditya.

Baca Juga: Sinopsis Spoiled Brats, Film Komedi Perancis Tayang di Netflix

Yuni memang terkenal sebagai gadis yang menarik di kampungnya. Karena itu ada dua laki-laki yang mengajukan lamaran kepada Yuni.

Bahkan salah seorang pelamar berani memberi mahar tinggi. Jika kemudian pada malam pertama Yuni masih perawan, sang pelamar berani menambah Rp 25 juta.

Dalam sinopsis film tersebut, Yuni ditakut-takuti mitos yang beredar di kampungnya. Jika ia menolak lamaran sampai tiga kali maka jodohnya akan menjauh. Yuni bisa jadi perawan tua.

Yuni tentu saja bingung. Apakah ia harus mengabaikan mitos tersebut dan memilih melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi atau mengabaikan keinginan kuliah dan menikah dengan salah satu pria yang melamarnya?

Sementara ketika Yuni bertanya kepada orang tuanya, orang tua Yuni menyerahkan keputusan ke tangan Yuni.

Pernikahan Dini

Sementara itu, dalam sinopsis film Yuni diceritakan kisah teman Yuni yang menjalani pernikahan dini. Suci (Asmara Abigail) teman Yuni tersebut menjalani pernihakan dini, namun kini sudah menjanda.

Bukan itu saja, Suci juga jadi korban KDRT, karena itulah Suci memilih bercerai dan dalam usianya yang masih belia Suci sudah menjadi janda.

Yuni berpikir dengan matang apalagi trauma Suci juga membuatnya ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Sebaliknya orang-orang terdekat Yuni memintanya untuk menerima lamaran salah satu pelamar.

Baca Juga: Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Film Adaptasi Novelis Pangandaran

Bukan itu saja, Yuni juga jadi bahan gunjingan tetangganya karena terus menolak lamaran. Apakah Yuni akan memilih kuliah dan mengabaikan lamaran yang datang?

Kebebasan

Dalam sinopsis film ini, saat Yuni bertemu dengan Suci ia merasakan sebuah kebebasan. Segala hal yang ia pertanyakan akhirnya menemukan jawaban dari Suci.

Asmara Abigail yang memerankan karakter Suci, korban KDRT sekaligus seorang janda juga mendapat acungan jempol dari penonton.

Bersama Arawinda, Asmara Abigail menghidupkan cerita dalam film Yuni. Tak hanya sebagai karakter tempelan, namun Suci juga berhasil membuat cerita lebih berwarna.

Setelah mengetahui sinopsis film Yuni, Anda bisa menontonnya di bioskop terdekat. Jangan lupa protokol kesehatan ya, selamat menonton. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -