Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruSkincare Air Wudhu, Ini Fakta di Balik Kehebohannya

Skincare Air Wudhu, Ini Fakta di Balik Kehebohannya

Sempat viral skincare air wudhu, produk perawatan kulit yang terbuat dari embun surga dan mengklaim bisa bikin glow up di akhirat.

Harga yang tercantum terbilang sangat fantastis, mulai dari Rp 99 ribu hingga Rp 40 juta. Namun, apakah produk tersebut aman untuk kulit?

Sebelum membeli skincare, ada baiknya kita teliti lebih dulu. Apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM? Apakah komposisi dari produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit kita?

Meski klaim dari suatu produk terkesan menjanjikan, belum tentu hasil yang kita dapat akan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Skincare untuk Menyamarkan Pori-pori, Kulit Wajah Tampak Mulus

Agar tidak salah pilih produk, simak penjelasan seputar skincare air wudhu yang sempat viral di sosial media.

Viral Skincare Air Wudhu

Berawal dari unggahan akun Instagram @nenk_update pada 24 Februari 2021 lalu, terdapat sebuah foto produk dari online shop dengan caption “Diambil langsung dari surga ya?”

Unggahan tersebut mendapat banyak like dan komentar. Akun @angelin_lensenia berkomentar, “Oh jadi ini skincare orang yang ditanya pake apa, jawabnya cuma air wudhu.”

Anti Wrinkle Ekstrak Embun Surga

Skincare air wudhu yang sempat viral itu memakai kemasan jar berwarna hitam dengan keterangan Anti Wrinkle Ekstrak Embun Surga.

Tidak ada informasi mengenai nomor BPOM dan komposisi, penjual hanya menyebutkan bahwa produk tersebut bisa menghilangkan noda-noda hitam atau flek membandel.

Setelah ditelusuri lebih jauh, akhirnya terungkap bahwa produk tersebut fiktif alias tidak memiliki wujud fisik. Menurut akun @hafizahsya, ia tertarik menjual skincare air wudhu karena banyaknya lelucon beredar. Ketika mendapat pertanyaan “Pakai skincare apa?”, sebagian orang menjawab “Cuma air wudhu.”

Tentu saja lelucon tersebut hanya mitos belaka, karena seolah menyiratkan orang yang berkulit kusam tidak pernah berwudhu.

Baca Juga: Rekomendasi Toner Berbahan Niacinamide, Hilangkan Bekas Jerawat

Lagipula, berwudhu adalah syarat sah shalat, bukan pengganti skincare yang sesungguhnya. Saat ini produk Anti Wrinkle Ekstrak Embun Surga pun sudah dihapus oleh penjual.

Air Wudhu Sleeping Mask

Saat mengetik skincare air wudhu di situs e-commerce, muncul produk-produk rujukan dengan klaim serupa. Salah satunya adalah sleeping mask yang mencantumkan harga Rp 55 ribu untuk kemasan tube isi 10 gram.

Berdasarkan deskripsi penjual, produk ini menggunakan nama air wudhu karena pemakaiannya setelah berwudhu.

Sleeping mask ini diproduksi skala terbatas dan mengklaim bisa bikin cantik secara lahiriah dan batiniah. Akan tetapi, tidak ada keterangan komposisi maupun nomor BPOM di kolom deskripsi.

Saat ini produk Sleeping Mask Air Wudhu masih ada di situs e-commerce, telah terjual 20 pcs dan difavoritkan oleh 513 pengguna. Akan tetapi belum ada ulasan positif mengenai efektivitasnya dalam mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, atau mengurangi kerutan.

Pentingnya Teliti Sebelum Membeli

Meski klaim dari skincare air wudhu terdengar menggiurkan, ada baiknya kita teliti sebelum membeli. Produk yang sudah terdaftar BPOM lebih aman di kulit karena sudah lulus uji klinis. Selain itu, kebutuhan setiap kulit berbeda-beda sehingga kita juga harus tahu komposisinya.

Memakai produk skincare yang tidak punya izin edar bisa berbahaya bagi kulit dan kesehatan secara menyeluruh.

Kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya bisa memicu kanker kulit bahkan merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, mari kita beralih ke produk-produk legal yang sudah terdaftar BPOM supaya lebih terjamin.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

PIlih Produk dari Brand Ternama

Daripada mencari skincare air wudhu, memilih produk dari brand terkenal akan lebih aman dan harga yang tercantum lebih masuk akal.

Beberapa merk kosmetik yang sudah puluhan tahun berdiri masih eksis sampai sekarang. Tak hanya itu, brand-brand lokal terbaru juga menawarkan skincare dengan kualitas yang tak kalah hebatnya.

Alasan brand-brand tersebut masih bertahan sampai sekarang sudah pasti karena kualitas dan keamanannya telah teruji.

Sehingga kita tidak perlu khawatir dengan dampak-dampak berbahaya, karena produknya aman dan sudah terdaftar BPOM. Beauty influencer juga tidak ragu menggunakan produk-produk mereka karena khasiatnya yang sudah terbukti.

Di samping itu, kegiatan berwudhu yang menjadi syarat sah shalat memiliki manfaat bagi kesehatan. Mencuci tangan dengan pijatan akan mencegah pengapuran di sekitar jari, lalu berkumur bisa membuang enzim pembusuk dari mulut, dan masih banyak lagi. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -