Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruSnapdragon 8 Gen 1 Rilis, Ini Vendor HP yang Akan Menggunakannya

Snapdragon 8 Gen 1 Rilis, Ini Vendor HP yang Akan Menggunakannya

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset keluaran terbaru Qualcomm. Chipset Snapdragon terbaru ini resmi Qualcomm perkenalkan kepada publik pada Selasa (30/11/2021) lalu.

Hal Menarik di Snapdragon 8 Gen 1

Pada setiap akhir tahun, tepatnya bulan Desember, Qualcomm mengadakan acara tahunan. Acara tersebut terselenggara di Hawaii yang bertujuan untuk mengumumkan chipset ponsel andalan terbaru mereka.

Tahun ini mereka mengumumkan secara resmi peluncuran Snapdragon 8 Gen pertama. Chipset terbaru Qualcomm ini merupakan penerus dari Snapdragon 888 yang rilis pada bulan Desember tahun 2020 lalu.

Sesuai namanya, Snapdragon 8 Gen 1 akan masuk ke dalam jajaran chipset 800 (seri 8) Qualcomm untuk penggunaan pada smartphone flagship.

Chipset ini juga memiliki beberapa kelebihan dari produk pendahulunya. Snapdragon 8 mereka kali ini merupakan chipset pertama yang Qualcomm buat dengan fabrikasi 4 nm.

Hadir dengan berbagai fitur premium membuat chipset terbaru ini menjadi idaman. Fitur premiumnya termasuk koneksi internet 5G, dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence/AI, game, WiFi, dan Bluetooth.

Qualcomm mengklaim bahwa chip Snapdragon terbaru mereka akan mengalami peningkatan 20 persen dan dapat menghemat daya hingga 30 persen.

Baca Juga: Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Selain spesifikasi keren di atas, ada juga hal-hal menarik lainnya. Berikut daftarnya.

Chipset Pertama Dengan CPU Armv 9

Chipset Snapdragon terbaru ini akan menjadi produk pertama Qualcomm yang menggunakan CPU Armv9. CPU Armv9 ini memiliki ini Cortex-X2 dengan kecepatan clock hingga 3,0 GHz.

Core pelengkap lainnya adalah 3 Cortex-A710 yang memiliki kecepatan 2,5GHz dan 4 core Cortex A510 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Dengan itu, Qualcomm mengklaim bahwa CPU mereka kali ini akan meningkat 20 persen dan mesin AI empat kali lipat dari pendahulunya.

Kemampuan Download Super Singkat

Snapdragon 8 Gen 1 ini digadang-gadang akan memiliki kemampuan download yang luar biasa cepat. Dengan System-on-a-chip termasuk modem X65 5G, Qualcomm mengatakan bahwa chipset ini mampu menghasilkan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Tetapi, kecepatan yang perusahaan tersebut klaim dinilai tidak berarti banyak di dunia nyata. Alasannya karena dalam beberapa jaringan 5G tercepat sekalipun belum bisa memberikan kecepatan lebih dari 4Gbps.

Baca Juga: Rekomendasi HP Snapdragon 855 Plus Anti Lag, Cocok Buat Gamer

Kamera yang Semakin Bertenaga

Qualcomm mengklaim bahwa chipset terbaru mereka nantinya akan hadir dengan kamera Snapdragon. Snapdragon Sight merupakan fitur yang perusahaan tersebut rancang khusus untuk para profesional.

Fitur Snapdragon Sight ini juga sudah ada di chipset generasi sebelumnya yang terkenal sebagai Image Signal Processor / ISP.

Hal yang berbeda dengan versi kali ini adalah Snapdragon Sight dapat memproses data dengan cepat. Fitur tersebut mampu memproses data sebanyak 3,2 gigapiksel per detik.

Jumlah tersebut naik sebanyak 2,7 gigapiksel dari generasi pendahulunya, yaitu Snapdragon 888. Snapdragon 8 Gen 1 memungknkan vendor ponsel untuk memasang satu kamera sebesar 200 MP atau 36 MP.

Chipset ini juga mendukung fitur koreksi distorsi yang kamera ultra-wide hasilkan. Soal video, chipset ini mendukung Electronic Image Stabilization untuk merekam video sambil memotret. Resolusi video hingga 8K/30fps. Lalu dapat merender bokeh dalam video hingga resolusi 4K.

Lengkap Dengan Fitur Gaming

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini akan mendapat peningkatan grafis 30 persen dengan kemampuan penghematan daya 25 persen dari generasi sebelumnya.

Mendukung API Vulkan yang memiliki kinerja 60 persen lebih cepat membuatnya berguna untuk game 3D tingkat lanjut.

Dengan spesifikasi tersebut, membuat chipset ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati dua kali lipat frame rate pada tingkat daya yang sama. Chipset Qualcomm terbaru ini juga akan menjadi saingan chip Samsung Exynos dalam hal gaming.

Baca Juga: HP iPhone SE 2022 Akan Bawa Chipset A15 Bionic dan Konektivitas 5G

Daftar Ponsel Android Dengan Chip Ini

Ponsel yang pertama yang pasti memakai chipset flagship terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini adalah Xiaomi 12 Series mendatang.

Qualcomm sendiri menyebut beberapa nama vendor yang sudah pasti akan memakai chipset Snapdragon terbaru mereka.

Vendor tersebut seperti Honor, iQOO, Motorola, Redmi, Sony, Vivo, ZTE, OnePlus, Nubia, Black Shark, hingga Oppo.

Meski demikian, beberapa vendor yang disebutkan hanya sebatas mengkonfirmasi saja. Artinya, mereka belum menyebutkan nama perangkat yang akan meluncur ke pasaran.

Motorola dan Realme sudah mengkonfirmasi perangkat yang akan ditenagai chipset ini, yaitu Realme GT2 Pro dan Moto Edge 30X.

Ponsel-ponsel yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 1 diisukan mulai beredar di pasaran pada kuartal pertama tahun 2022. (R10/HR-Online)

- Advertisment -