Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruSuara Misterius di Bulan Jupiter Dirilis NASA, Misi Juno

Suara Misterius di Bulan Jupiter Dirilis NASA, Misi Juno

Suara misterius di bulan Jupiter terungkap dalam rekaman dari NASA. Ilmuwan menangkap suara tersebut beberapa saat lalu ketika berada dalam pesawat terbang menuju Ganymede yang merupakan bulan dari planet besar ini.

Salah satu planet terbesar yang kita ketahui ini memiliki bulan mengorbit dalamnya. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hal ini bukan?

Nah, kali ini yang berhasil menjadi perhatian ketika ilmuwan ungkap penemuan barunya. Karena selama ini belum ada tanda-tanda kehidupan dari planet lain selain Bumi.

Hal yang menarik dari suara tersebut karena nadanya tidak hanya sebentar dan biasa. Namun bisa didengarkan langsung oleh telinga manusia dan seperti tidak asing lagi.

Baca Juga: Bulannya Planet Jupiter, Sistem Jovian Bak Miniatur Tata Surya

Temuan Suara Misterius di Bulan Jupiter Terungkap Oleh NASA

Terlansir bahwa pemantauan dan pengumpulan data yang NASA lakukan dalam misi Juno sudah sejak bulan Juni lalu. Mereka terbang dan mengorbit planet Jupiter sebanyak 38 kali sampai pada lokasi Ganymede.

Menggunakan gelombang Waves, para ilmuwan merekamnya. Sehingga ge;ombang radio dan magnetiknya sampai pada lapisan magnetosfer.

Ketika melakukan pergeseran frekuensi rekaman tersebut, mereka berhasil mendapatkan suara. Trek tersebut berkisar 50 detik dan bahkan bisa tertangkap dalam telinga manusia secara langsung.

Tentu saja hal ini berhasil membuat para ilmuwan berpikir dan semakin tertarik. Pada akhirnya mereka mengungkapnya ke publik terkait penemuan kali ini.

Baca Juga: Laut di Bawah Bulan Jupiter Ganymede, Temuan Hubble

Suara Seperti Lonceng Star Wars

Pernyataan dari Penyidik Utama Juno Bolton yang berasal dari penelitian Southwest, San Antonio mengungkapkan hal ini.

Ketika tim mendengarkan suara misterius di bulan Jupiter tersebut dengan seksama, maka akan terdengar mirip lonceng bernada tinggi pada film terkenal.

Anda pasti mengenal film Star Wars bukan? Suaranya nyaris seperti nada tinggi dalam lonceng atau peluit film tersebut.

Tidak hanya itu, suara dari rekaman 50 detik tersebut terdengar seperti adanya perubahan yang cukup mendadak. Pada durasi sekitar pertengahan adanya perpindahan masuknya wilayah pada bagian magnetosfer.

Mereka memikirkan kemungkinan adanya perpindahan waktu dari malam ke siang pada bulan Ganymede yang mengorbit planet Jupiter ini.

Baca Juga: Gunung Tertinggi di Tata Surya, Tiga Kali Lebih Besar dari Everest!

Bulan Terbesar Dalam Tata Surya

Karena tertangkapnya berlokasi di Ganymede, bulan terbesar dari tata surya kita ini, tentu saja banyak kemungkinan yang terjadi. Karena pada jaraknya tertentu yang terdapat medan dari magnet masing-masingnya.

Ukurannya mencapai 3.280 diameternya, bahkan sangat besar jika kita bandingkan dengan Planet Merkurius. Misi Juno sejak tahun 2011 ini baru saja diperpanjang sampai 2025.

Pesawat luar angkasa pertama ini bisa mendapatkan data terkait dengan raksasa gas dan bagaimana asal usul tata surya kita.

Tentu saja kali ini akan memecahkan bagaimana planet Jupiter dan atmosfernya yang bisa bergejolak tersebut.

Suara misterius di bulan Jupiter yang terkuak ini saja sudah berhasil menjadi sorotan, bagaimana nantinya jika akan ada data lain yang lebih mengejutkan? (R10/HR-Online)

- Advertisment -