Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda Kolesterol Tinggi, Badan Gemuk Belum Tentu Banyak Kolesterol

Tanda Kolesterol Tinggi, Badan Gemuk Belum Tentu Banyak Kolesterol

Tanda kolesterol tinggi kerap diidentikan dengan badan yang gemuk. Padahal belum tentu badan gemuk memiliki kolesterol tinggi. Kolesterol sendiri adalah lemak yang menyerupai zat lilin dan berada dalam darah.

Oleh karena itu, tubuh manusia butuh kolesterol sebagai penunjang pertumbuhan sel supaya tetap sehat. Namun, kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Sebenarnya kolesterol tinggi dapat dirasakan oleh setiap orang. Tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak peka akan tanda kolesterol tinggi. Ada juga yang terkesannya cuek saja walaupun merasakan hal itu.

Lantas, apa saja yang menjadi tanda kalau kadar kolesterol sedang tinggi? merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

Kenali 5 Tanda Kolesterol Tinggi

Badan Terasa Pegal dan Sakit Kepala

Baca Juga : Kolesterol Tinggi pada Remaja dan Cara Mengatasinya!

Saat kadar kolesterol sedang tinggi akan menyebabkan darah mengandung banyak lemak sehingga menjadi kental. Akibatnya, lemak bisa menghambat aliran darah akibat menumpuk pada pembuluh darah.

Penumpukan lemak pada pembuluh darah dapat menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen akibat penyempitan saluran darah.

Saat kondisi seperti itulah seseorang bisa terserang sakit kepala atau badannya terasa pegal-pegal.

Bercak Kuning Bawah Kelopak Mata

Tanda kolesterol tinggi pada kelompok usia di bawah 30 tahun biasa saja adanya bercak kuning di bawah area kelopak mata. Namun kondisi ini tidak selalu sebagai tanda tingginya kolesterol.

Jadi kalau Anda memiliki tanda atau gejala seperti itu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Tujuannya agar Anda mendapatkan diagnosa yang tepat.

Baca Juga : Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Perlu Anda Hindari!

Luka Kekuningan pada Beberapa Bagian Tubuh

Luka berwarna kekuningan pada bagian kulit juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Kondisi seperti ini jika kolesterol tinggi yang seseorang alami karena faktor keturunan.

Sedangkan, yang menjadi penyebab luka khas ini akibat adanya pertumbuhan lemak pada bawah jaringan kulit atau xanthoma.

Ketika kolesterol naik, maka xanthoma pun bisa muncul pada sejumlah bagian tubuh, seperti siku, tangan, lutut, kaki, dan pantat.

Lingkaran Putih pada Kornea

Baca Juga : Manfaat Madu Hitam, Ampuh Atasi Diabetes hingga Kolesterol Tinggi

Tanda kolesterol tinggi yang berikutnya yaitu munculnya bentuk lingkaran atau setengah lingkaran putih pada kornea mata.

Biasanya gejala ini dialami oleh penderita yang usianya kurang dari 30 tahun. Atau penderita kelompok usai 50 tahun ke atas.

Lemah Syahwat atau Impotensi

Masalah ini dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi yang banyak menyerang kaum pria. Adapun yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah penumpukan kolesterol pada pembuluh arteri.

Pada umumnya gejala kolesterol tinggi itu tidak terlihat mencolok. Biasanya penderita baru merasakan kolesterol tinggi ketika sudah mengalami stroke atau serangan jantung.

Jadi sebelum terlambat, sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -