Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruTata Cara Baca Yasin yang Baik dan Benar Sesuai dengan Ajaran Islam

Tata Cara Baca Yasin yang Baik dan Benar Sesuai dengan Ajaran Islam

Tata cara baca Yasin adalah ilmu pengetahuan yang sangat penting dan harus kita ketahui dalam Islam. Sebagai umat muslim, tentunya kita mengetahui bahwasannya surat Yasin mempunyai banyak keutamaan dalam kehidupan kita.

Sehingga, tidak heran apabila terdapat beberapa orang yang mengamalkan dan meluangkan waktunya untuk membaca surat tersebut.

Tidak sedikit pula yang mengamalkan untuk membaca surat ini dengan tujuan mengirimkannya kepada mereka yang sudah meninggal. Tidak heran apabila demikian.

Sebab banyak sekali kita temui orang-orang yang mengamalkan membaca surat tersebut dengan tujuan membacakannya kepada mereka yang sudah meninggal.

Kendati demikian, tidak sedikit pula yang masih belum mengetahui bagaimana tata cara ketika membaca surat tersebut.

Padahal harapannya, Allah menerima amal ibadah kita tersebut dan mereka yang kita bacakan juga mendapatkan aliran pahala dari Allah. Lantas bagaimana jika cara yang kita lakukan saja salah?

baca juga: Keutamaan Membaca Surat Yasin, Bisa Permudah Segala Urusan

Pahami Tata Cara Baca Yasin yang Baik dan Benar

Dalam Al-Qur’an, surat Yasin menduduki urutan ke-36. Terdiri dari 83 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah. Nama Yasin tersebut memiliki alasan, sebab surat ini diawali dengan 2 huruf hijaiyah yakni ي dan س.

Perlu Anda ketahui bahwasanya terdapat hadis riwayat Abu Dawud, jantung dalam Al-Qur’an itu terdapat pada surat Yasin.

Apabila ada seseorang yang membaca surah tersebut, berarti dia mengharapkan rida dan keselamatan dari Allah di hari akhir. Akan tetapi, Allah juga akan mengampuni dosanya.

Tidak heran apabila kita harus membaca surat Yasin dengan baik dan benar. Seperti yang sudah kita ketahui, surat dalam Al-Qur’an ini mempunyai keistimewaan dan keutamaan.

Dalam kehidupan juga surat ini menjadi panduan. Bahkan ketika seseorang yang sudah meninggal atau dalam kondisi sakaratul maut, surat ini akan memberi manfaat bagi mereka.

Apabila dalam ajaran Islam memberikan anjuran supaya kita membaca surat Yasin atau membacakan kepada mereka yang sudah meninggal, memiliki tujuan supaya Allah meringankan proses keluarnya ruh dari jasad serta dosanya diampuni.

Tetapi bagaimana supaya apa yang kita niatkan itu diterima oleh Allah? Untuk mengetahui bagaimana tata cara baca Yasin yang baik dan benar, penting sekali Anda menyimak penjelasannya berikut ini.

Tapi sebelumnya, perlu untuk Anda ketahui juga tata cara membaca surat Yasin sama seperti halnya kita hendak membaca Al-Qur’an.

baca juga: Cara Mengirim Doa untuk Almarhum, Kewajiban dalam Islam

Niat yang Baik

Niat selalu menduduki urutan yang paling pertama. Salah sudah menjadi pengetahuan umum dalam Islam, niat merupakan kunci dari segala amalan yang akan kita lakukan. Niat yang baik selalu mengantarkan kita kepada kebaikan.

Begitu pula sebaliknya. Tak perlu menghiraukan apa yang dikatakan orang terkait apa yang kita lakukan. Pada intinya, usahakan untuk selalu berniat baik dalam melakukan segala hal yang tentunya sesuai dengan syariat dan ketentuan Islam.

Jadi, tata cara baca Yasin yang pertama itu tergantung bagaimana Anda meniatkannya. Dalam perkara niat, tata cara baca Yasin itu ada juga yang meniatkan supaya Allah memanjangkan umur, terhindar dari bala, dan lainnya.

baca juga: Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Melindungi Pada Hari Kiamat Kelak

Bersuci

Kemudian tata cara baca Yasin yang selanjutnya adalah alangkah lebih baiknya jika kita bersuci terlebih dahulu. Karena tidak sedikit orang yang membaca Yasin menggunakan Al-Qur’an, maka sudah menjadi kewajiban kita jika wudhu terlebih dahulu.

Sebab, Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT. Ini merupakan sumber utama dalam agama Islam untuk menentukan hukum.

Bukan hanya hukum saja, tetapi juga kisah-kisah teladan dari umat terdahulu, akidah, akhlak, dan lainnya. Selain suci, usahakan Anda juga dalam keadaan bersih.

Menutup Aurat

Selanjutnya, hendaknya kita juga menutup aurat. Ini juga menjadi tata cara baca Yasin yang benar-benar harus kita perhatikan.

Saat itu, berarti kita juga sedang menghadap kepada Allah SWT. Hendaknya kita harus menutup aurat dengan sempurna.

Waktu Terbaik

Perlu Anda garis bawahi, Islam juga mengajarkan bahwa waktu terbaik untuk membaca surat Yasin adalah Kamis malam atau malam Jumat.

Ada baiknya juga jika kita melengkapinya dengan memperbanyak berdzikir dan menyebutkan nama-nama Allah.

Dengan memperhatikan tata cara baca Yasin serta memperbanyak berdzikir, Allah akan mengabulkan hal baik yang sudah kita niatkan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -