Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruTeknologi NASA Sentry-II Sebagai Sistem Pertahanan Bumi Dari Asteroid

Teknologi NASA Sentry-II Sebagai Sistem Pertahanan Bumi Dari Asteroid

Teknologi NASA Sentry-II akan menjadi sistem pertahanan planet Bumi yang lebih baik. Para astronom telah bekerja keras guna mengembangkan algoritme pemantauan.

NASA melansir berita terbaru ini beberapa hari yang lalu guna memberitahukan penelitian terbarunya. Dari pemantauan, memberikan data lebih dari 28 ribu batuan asteroid yang mendekati bumi.

Mereka juga memperkirakan adanya risiko yang kian terlihat. Tidak heran jika ada aksi segera untuk pertahanan. Dari angka yang terus terlihat meningkat sekitar 3.000 ini, akhirnya pengembangan teknologi terbaru harus segera hadir.

Melakukan evaluasi dan inovasi yang lebih baik dari teknologi sebelumnya. Tentu saja hal ini jadi menarik perhatian dunia.

Baca Juga: Ciri Planet Jovian, Si Kelompok Planet Besar di Tata Surya Kita

Mengenal Teknologi NASA Sentry-II Guna Pertahanan Bumi

Pusat Studi Objek Dekat Bumi yang juga Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA kelola ini mengembangkan algoritme pemantauan. Hal ini untuk membantu dalam evaluasi probabilitas dari banyaknya asteroid yang mendekat ke Bumi.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, data melansir bahwa asteroid yang mendekat ke Bumi terus alami peningkatan. Bahkan bisa mencapai 3.000 lebih dari hitungan per tahunnya.

Alat terbaru ini akan memberikan data lebih akurat daripada sebelumnya. Tidak hanya melacak lokasi, namun bisa memberikan data mengenai analisis yang bisa dijadikan acuan akibat ancaman benda luar angkasa.

Hal ini akan membantu banyak dari yang manusia ketahui sebelumnya. Seperti budaya yang beredar bahwa doktrin asteroid yang terdapat di luar angkasa berada lokasi acak dan sembarang. Tentu dengan ini, kita bisa mengetahui lebih pastinya.

Baca Juga: Lubang Hitam Leo I Terletak di Galaksi Bima Sakti, Ukurannya Raksasa

Tujuan Penciptaan Teknologi NASA Sentry-II

Apabila membahas tujuan dari pembuatan dan pengembangan ke lebih serius tentu mudah saja. Sebagai pertahanan dan antisipasi jangka yang berkelanjutan dalam keamanan penduduk Bumi.

Seperti evaluasi probabilitasnya bisa memperkuat adanya sistem pertahanan dari bumi kita ini. Sehingga misalnya ada benda luar angkasa seperti asteroid yang mendekat, kita sudah bisa memprediksi.

Perhitungan dan analisisnya lebih cepat dan efektif untuk kita jadikan acuan. Sebenarnya asteroid memiliki sifat yang cenderung mematuhi hukum fisika.

Bahkan ia akan mengikuti jalur dari orbit yang otomatis mengelilingi matahari. Maka dari itu, kita bisa memprediksinya dengan lebih mudah.

Baca Juga: Pengertian Rasi Bintang, Fungsi, Jenis, Beserta Sejarahnya

NASA bahkan sudah mempercayai dampak potensialnya memiliki peluang 1:10 juta. Tentu kali ini kita bisa mempertimbangkan untuk lebih percaya dan mengikuti perkembangan dari hasil yang akan mereka rilis selanjutnya.

Dengan perkembangan zaman, alat seperti ini terus alami inovasi dan lebih baik kedepannya. Teknologi NASA Sentry-II menjadi salah satu contoh nyata dari pertahanan Bumi.

Karena kita tidak akan tahu apa yang benar-benar mengancam kelangsungan kehidupan di Bumi. Hadirnya teknologi ini akan membantu banyak, setidaknya merasa lebih aman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -