Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruTelinga Kemasukan Air dan Cara Mudah Mengeluarkannya

Telinga Kemasukan Air dan Cara Mudah Mengeluarkannya

Telinga kemasukan air setelah kita mandi memang menyebalkan. Karena selain telinga terasa mampet, juga membuat pendengaran kita menjadi tidak jelas. Tentu saja kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman, dan mengganggu saat kita berkomunikasi.

Bahkan terkadang air yang sudah masuk itu susah untuk keluar lagi dari dalam telinga. Butuh beberapa waktu untuk membuat telinga benar-benar terasa lega kembali.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah tersebut, karena ada beberapa cara supaya air bisa keluar lagi dari dalam telinga.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

5 Cara Mudah Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Baca Juga : Obat Sakit Telinga Tradisional, Ini Daftar Pilihannya!

Miringkan Kepala

Cara yang pertama ini sangat mudah, kamu cukup memiringkan kepala agar air yang masuk dalam telinga bisa keluar lagi.

Miringkan kepala sejajar dengan lantai, kemudian tempelkan telapak tangan pada bagian telinga yang mengalami masalah tersebut. Lalu tekankan bagian telapak tangan secara perlahan pada lubang telinga, kemudian lepaskan dengan cepat.

Cara ini akan menjadikan telapak tangan sebagai vakum sementara untuk membantu menyedot air keluar dari dalam telinga. Setelah airnya keluar, bersihkan telinga menggunakan korek kuping.

Pencet Hidung

Cara lainnya dalam mengatasi telinga yang kemasukan air yaitu dengan menutup mulut sambil memegang hidung. Kemudian ambil napas dalam-dalam lalu keluarkan udara melalui hidung.

Baca Juga : Telinga Sakit Sebelah Kiri, Apa Sebab dan Cara Mengatasinya?

Dengan cara ini kamu bisa mengatur tekanan udara serta membikin saluran eustachian. Sehingga hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada bagian dalam telinga setelah kemasukan air.

Bawang Putih

Mengatasi telinga yang kemasukan air bisa juga dengan menggunakan bawang putih. Caranya, hancurkan bawang putih beberapa siung lalu ambil saripatinya.

Setelah itu, ambil dua atau tiga tetes saripati bawang putih, lalu masukkan ke dalam telinga yang mengalami masalah tersebut.

Kemudian, tunggu beberapa menit, dan keringkan telinga dengan pengering rambut. Cara ini bisa mengeringkan air yang ada dalam telinga. Bahkan, rasa sakit pada telinga juga akan hilang.

Baca Juga : Telinga Terasa Penuh, Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya

Menggunakan Hair Dryer

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut. Pegang alat tersebut sekitar 25 centimeter depan telinga. Tapi sebelumnya atur dulu panasnya yang paling rendah dengan kecepatan anginnya juga rendah.

Kemudian nyalakan hair dryer, biarkan beberapa detik angin yang keluar dari alat tersebut masuk ke dalam telinga. Ulangi sampai telinga benar-benar terasa lega.

Menggunakan Garam dan Kain

Mengatasi masalah telinga ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan garam dan kain. Caranya, pertama sediakan garam seperempat cangkir lalu panaskan ke dalam microwave.

Setelah itu, letakkan garam dalam kain berbahan katun ke dekat lubang telinga, biarkan beberapa menit. Garam akan membantu menyerap air dari dalam telinga.

Beberapa cara tersebut dapat membantu mengatasi telinga ketika kemasukan air. Apabila cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya kamu segera konsultasikan dengan dokter spesialis THT. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -