Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruTerapi Plasma Darah untuk Kecantikan Agar Terlihat Awet Muda

Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan Agar Terlihat Awet Muda

Terapi plasma darah untuk kecantikan akhir-akhir ini sedang populer dan menjadi pembicaraan banyak orang. Karena efektivitasnya yang tinggi dalam mengatasi problem penuaan dini dan membuat wajah lebih muda.

Popularitas terapi plasma darah sejak mewabahnya penyebaran virus Corona yang melanda seluruh dunia. Tak sedikit korban jiwa akibat terserang penyakit Covid-19. Salah satu cara penanganan pasien Covid adalah dengan terapi plasma darah.

Terapi plasma dalam dunia medis terkenal dengan sebutan PRP therapy. Ini merupakan kependekan dari Platelet Rich Plasma therapy, yaitu suatu terapi kesehatan dengan cara mengambil dan mempergunakan darah dari pasien itu sendiri.

Terapi PRP atau plasma darah sebenarnya bukan metode baru karena sudah ada sejak tahun 1987.

Saat itu cara tersebut terkenal sebagai terapi plasma darah untuk kecantikan. Khususnya untuk membantu proses bedah plastik, mempercepat penyembuhan pada sakit gigi, maupun pada kasus ortopedi.

Namun seiring perkembangan teknologi kesehatan modern, terapi ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai problem kecantikan. Terutama dalam mengatasi pengerutan kulit, penuaan dini, dan penyakit kulit lainnya.

Saat ini aplikasi terapi PRP antara lain untuk mengatasi kerutan kulit sekitar dahi, kantung mata, sekitar bibir dan cekungan garis senyum, sekitar leher. Maupun untuk mengatasi bekas jerawat atau cacar.

Baca Juga : Terapi Plasma Darah untuk Corona Membutuhkan Syarat Khusus

Metode Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

Akhir-akhir ini banyak orang mulai membicarakan khasiat dan efektivitas terapi plasma darah untuk kecantikan.

Seperti kita tahu, banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit tubuh cepat mengalami pengeriputan atau pengerutan.

Mungkin Anda dan banyak orang lainnya mengenal atau mendengar istilah ini dalam pengobatan pasien Covid-19.

Apalagi terapi ini juga memang sering menjadi promosi dari klinik-klinik kecantikan yang menawarkan metode baru mengatasi problem kecantikan.

Terpaan sinar ultraviolet dari matahari, polusi yang makin pekat, maupun faktor usia merupakan faktor utama yang menyebabkan timbulnya problem kulit.

Bahkan kulit bukan saja akan terlihat berkerut, namun juga berubah warna menjadi kecoklatan serta kusam.

Baca Juga : Manfaat Terapi PRP untuk Kesehatan Selain Mengatasi Covid-19

Bagi para wanita, pengeriputan tentu akan bisa menjadi bencana sekaligus menurunkan rasa percaya diri.

Apalagi jika problem ini terjadi saat usia belum saatnya mengalami hal itu atau sering disebut problem penuaan dini.

Kulit wajah dan sekitar leher merupakan bagian yang paling cepat mengalami proses pengeriputan tersebut. Untuk mengatasi problem semacam itu, terapi PRP merupakan alternatif yang paling tepat.

Selain efektif dalam mengatasi sumber masalah, metode ini juga relatif aman karena menggunakan darah dari pasien yang bersangkutan untuk menstimulasi tumbuhnya sel-sel baru pada kulit pasien.

Agar Anda lebih memahami dan mengetahui prosedur terapi PRP untuk kecantikan, berikut ini beberapa tahapan dalam prktek terapi plasma darah untuk kecantikan yang sebaiknya Anda tahu.

Langkah Pertama

Pada tahap ini darah yang telah kita ambil dari pasien kemudian menjalani proses dengan menggunakan alat khusus.

Proses ini terutama untuk mengurai darah guna mendapatkan zat yang bernama Platelet Rich Plasma (PRP), yang merupakan sumber growth factor.

Baca Juga : Plasma Konvalesen Sebagai Obat, Sekedar Tren Atau Teruji Klinis?

Zat inilah yang nantinya akan berguna untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mengganti sel-sel kulit yang telah rusak terkena radiasi matahari atau polusi.

Langkah Kedua

Tahap selanjutnya adalah dengan memasukkan zat PRP ke lapisan kulit yang mengalami masalah atau rusak.

Caranya dengan proses yang sangat halus agar zat tersebut meresap dan masuk ke bagian terdalam dari kulit pasien.

Cara yang umum berlaku dalam terapi plasma darah untuk kecantikan adalah dengan menyuntikan atau memasukan zat PRP atau dengan menggunakan  masker.

Masuknya zat PRP ke dalam kulit inilah yang nantinya akan melakukan regenerasi terhadap sel-sel kulit secara alami. Sehingga kulit akan menjadi lebih muda dan lebih segar.

Itulah proses yang berjalan dalam pelaksanaan terapi PRP untuk kecantikan dengan cara yang alami dan aman untuk pasien.

Coba bandingkan dengan terapi lain yang menggunakan teknik injeksi. Seperti terapi  yang menggunakan hyaluronic acid maupun bahan-bahan lain yang belum tentu aman untuk kulit anda.

Selain itu, metode terapi PRP (Platelet Rich Plasma) juga tidak menimbulkan alergi pada kulit pasien seperti yang kerap kita temukan pada metode lain.

Karena itulah, jika Anda ingin mengatasi problem keriput atau penuaan dini dan ingin selalu tampil cantik menawan secara alami dan aman. Maka terapi plasma darah untuk kecantikan merupakan solusi yang patut Anda pertimbangkan. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -