Rabu, Juli 6, 2022
BerandaTeknologiAplikasiTikTok Jadi Situs Terpopuler 2021, Kalahkan Google

TikTok Jadi Situs Terpopuler 2021, Kalahkan Google

TikTok jadi situs terpopuler 2021 dan berhasil menggeser Google. Selama pandemi Covid-19, tampak adanya lonjakan pengguna internet.

Bahkan di media sosial terdapat sejumlah tren yang berbeda apabila membandingkannya dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Cloudflare, TikTok.com sebagai situs web terpopuler pada tahun 2021. Sehingga mengambil alih tempat nomor satu dari Google.com. Tidak hanya Google, TikTok juga menggeser Facebook sebagai situs terpopuler di dunia.

Baca Juga: Panduan Download Video TikTok Menjadi Mp3, Ikuti Cara Ini!

Data Terbaru, TikTok Jadi Situs Terpopuler 2021

Data terbaru mengungkapkan mengenai aplikasi video pendek yang banyak digunakan tersebut. Kini berhasil kalahkan dominasi sang teknologi pencarian, yaitu Google.

Sebelumnya Google tercatat menjadi domain paling populer di sepanjang tahun 2020, bahkan pada semester pertama tahun ini.

Situs web Google.com yang meliputi Maps, Translate, Photos, Flights, Books, News, dan yang lainnya. Namun kini tidak lagi dapat menghindari dominasi TikTok. TikTok saat ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna untuk seluruh dunia.

Google.com menutup tahun 2020 menjadi domain paling populer. Sedangkan TikTok.com berada di peringkat 7 saat itu.

TikTok tidak hanya berhasil menyalip raksasa teknologi AS lainnya. Bahkan memiliki peringkat di atasnya pada tahun lalu. Seperti halnya Amazon, Apple, Facebook, Microsoft, serta Netflix.

Baca Juga: Amazon, Facebook dan Twitter Undur Diri Dalam CES Las Vegas Tahun Ini

Pencapaian TikTok

TikTok yang raih posisi puncaknya tercatat oleh perusahaan ternama Cloudflare. Hal tersebut tampak dalam ulasannya yang namanya Cloudflare’s Year in Review. Ulasan tersebut mengungkapkan bahwa popularitas TikTok yang tidak tertandingi.

TikTok pertama kali memperoleh posisi teratas selama sehari. Hal ini pada 17 Februari 2021. Meski sempat turun beberapa hari kemudian, TikTok kembali berada pada posisi teratasnya.

Sehingga TikTok menjadi sebagai situs terpopuler tahun 2021. Bahkan setelah 10 Agustus 2021, TikTok memimpin posisinya setiap hari.

Salah satu alasan pengguna memakai aplikasi video tersebut yaitu pandemi Covid-19. Hal tersebut yang memaksa banyak orang untuk menghabiskan lebih banyak waktunya dalam ruangan.

Hal ini untuk dapat menjauh dari pertemuan sosial pada kehidupan nyata. Meskipun Google berhasil memimpin posisinya selama beberapa hari, TikTok juga mendominasi hari libur penting.

Seperti pada Thanksgiving tepatnya pada 25 November, sedangkan Black Friday pada 26 November.

Daftar Domain Terpopuler

Melansir dari Neowin, Senin (27/12) ada beberapa daftar domain terpopuler akhir tahun 2021.

  1. TikTok.com
  2. Google.com
  3. Facebook.com
  4. Microsoft.com
  5. Apple.com
  6. Amazon.com
  7. Netflix.com
  8. YouTube.com
  9. Twitter.com
  10. WhatsApp.com

Baca Juga: Peristiwa Nasional Tahun 2021 Paling Trending di Google, Berikut Rangkumannya

Untuk perbandingan, ketahui daftar domain terpopuler akhir tahun 2020 berikut ini.

  1. Google.com
  2. Facebook.com
  3. Microsoft.com
  4. Apple.com
  5. Netflix.com
  6. Amazon.com
  7. TikTok.com
  8. YouTube.com
  9. Instagram.com
  10. Twitter.com

TikTok baru menginjak usia 5 tahun, namun dapat menjadi website terpopuler. Seperti yang tampak pada daftar, TikTok berhasil mengalahkan pasukan Google dan Meta.

TikTok jadi situs terpopuler 2021 yang melampaui Google sebagai domain terpopuler. Namun mengambil alih Facebook sebagai situs web media sosial terpopuler. Sementara, Facebook masih menjadi platform dengan paling banyak penggunanya di seluruh dunia. (R10/HR-Online)