Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Hemat Baterai HP Saat Tethering, Performa Ponsel Lebih Terjaga

Tips Hemat Baterai HP Saat Tethering, Performa Ponsel Lebih Terjaga

Tips hemat baterai HP saat tethering penting untuk Anda ketahui dalam menjaga performa ponsel yang Anda gunakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengakses internet tidak selalu mengandalkan adanya jaringan WiFi atau LAN.

Dalam hal ini, kita dapat menggunakan alternatif lain. Salah satunya adalah memanfaatkan fitur mobile hotspot atau WiFi Tethering dengan perangkat HP.

Mobile hotspot atau yang lebih familiar dengan sebutan tethering manjadi cara praktis bagi pengguna untuk dapat berbagi koneksi internet melalui HP. Fitur hotspot ini dapat Anda aktifkan, baik pada perangkat Android ataupun iPhone.

Akan tetapi, penggunaan hotspot atau tethering mempunyai efek boros pada baterai HP. Terutama jika Anda mengaktifkan hotspot terlalu lama. Dengan baterai ponsel yang boros, tentunya akan berpengaruh terhadap performa ponsel.

Baca Juga: Perbandingan Qualcomm dan Mediatek, Qualcomm Tertinggal?

Pahami Tips Hemat Baterai HP Saat Tethering

Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone mempunyai berbagai jenis teknologi yang sangat mendukung penggunaannya, salah satunya adalah akses internet.

Tidak hanya berselancar dalam genggaman saja, akan tetapi smartphone juga dapat membagikan jaringan internet ke perangkat lain yakni mobile hotspot atau teknologi WiFi Tethering.

Cara ini terbilang sangat praktis bagi para pengguna untuk dapat terkoneksi dengan internet melalui perangkat HP. Akan tetapi, penggunaan hotspot juga dapat menguras daya baterai.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi pemborosan baterai akibat dari penggunaan tethering dengan perangkat HP antara lain:

Sesuaikan Kecerahan Layar HP

Untuk dapat menghemat baterai ponsel saat Anda gunakan tethering yang pertama adalah menyesuaikan brightness atau kecerahan layar HP. Selain lebih menghemat baterai, cara ini juga dapat memaksimalkan baterai pada hotspot Anda.

Semakin kecil tingkat kecerahan layar yang Anda gunakan, maka akan semakin sedikit daya yang digunakan. Untuk dapat menyesuaikan kecerahan layar ponsel, maka Anda dapat masuk ke Setting lalu pilih Display & Brightness.

Cara ini khusus para pengguna perangkat iPhone. Sedangkan untuk Anda para pengguna Android, Anda dapat mengatur kecerahan layar dengan Setting > Display > Brightness Level.

Tips Hemat Baterai HP Saat Tethering dengan Mematikan GPS

Tips hemat baterai saat tethering selanjutnya adalah dengan mematikan GPS. Sama halnya dengan jaringan WiFi, seringkali fitur GPS akan terus menyala pada perangkat HP.

Sebaiknya ketika Anda terhubung dengan hotspot atau tethering, cek terlebih dahulu apakah fitur GPS menyala atau tidak.

Baca Juga: Cara Hemat Baterai iPhone untuk Semua Tipe, Daya Lebih Tahan Lama

Apabila fitur GPS masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut. Ini bertujuan agar penggunaan baterai tidak semakin boros.

Untuk dapat mematikan fitur ini sangat mudah. Bagi Anda pengguna iPhone, maka masuk ke Setting, lalu pilih Privacy kemudian Location.

Selanjutnya geser toggle menjadi off. Untuk para pengguna Android, masuk dalam menu pengaturan (Setting,) kemudian pilih Location dan geser toggle menjadi off.

Menonaktifkan Fitur WiFi

Fitur WiFi yang aktif juga dapat menguras daya baterai yang cukup besar. Hal ini karena fitur tersebut akan mencari jaringan WiFi terdekat hingga dapat tersambung ke HP.

Oleh karena itu, dengan menonaktifkan fitur ini, dapat menjadi tips hemat baterai HP saat tethering. Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda tinggal mematikan ikon WiFi pada smartphone yang Anda gunakan.

Menonaktifkan Fitur Push Notification

Selain menonaktifkan fitur WiFi, untuk dapat lebih hemat baterai HP saat Anda gunakan tethering, maka ikuti tips satu ini.

Tips tersebut adalah dengan mengaktifkan fitur push notification atau pemberitahuan aplikasi yang telah terinstal dalam ponsel.

Pada saat notifikasi muncul, maka akan memberikan tanda dengan layar yang menyala atau dengan suara.

Untuk menonaktifkannya, Anda dapat mengubahnya menjadi mode “do not disturb atau jangan ganggu”.

Baca Juga: Copy Link Instagram di HP Praktis dan Cepat, Simak Cara Mudahnya!

Pengaturan Waktu Lock Screen

Untuk dapat menghemat baterai saat tersambung dengan hotspot, maka Anda dapat mengatur waktu kunci layar ponsel supaya mati dalam waktu singkat.

Dengan demikian, dapat membantu memaksimalkan daya baterai HP ketika Anda gunakan untuk mobile hotspot saat ponsel sudah tidak Anda gunakan.

Setelah mengetahui beberapa tips hemat baterai HP saat tethering, maka koneksi internet pun akan lebih maksimal. Bahkan performa HP akan lebih terjaga. (R10/HR-Online)

- Advertisment -