Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Kulit Sehat dan Cantik, Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Tips Kulit Sehat dan Cantik, Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Tips kulit sehat dan cantik ternyata tidaklah sulit. Untuk memiliki kulit wajah dan tubuh yang menarik juga tidak membutuhkan uang banyak. Cukup lakukan kebiasaan sederhana yang baik ini akan membuat Anda selalu terlihat cantik.

Perawatan kulit sehat secara rutin merupakan syarat mutlak bila Anda ingin terlihat selalu cantik dan menarik.

Anda juga tidak akan risih dengan berbagai jamur kulit maupun penyakit kulit yang kerap membuat kita jengkel.

Kulit kotor akan mudah menjadi sasaran gangguan berbagai penyakit kulit. Selain itu, kulit yang kotor juga menjadi pemicu berbagai tanda penuaan dini, kulit tidak lagi kencang, sehingga wajah terlihat jauh lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Untuk memiliki kulit yang sehat tentunya penting memperhatikan cara dan tips kulit sehat dan cantik. Agar perawatan yang Anda lakukan memberikan hasil optimal, sebaiknya kenali struktur kulit yang melapisi tubuh kita.

Ada dua lapisan kulit yang menyelimuti tubuh kita, yakni lapisan kulit jangat atau dermis, dan kulit ari atau epidermis.

Kulit ari ada pada bagian luar yang juga terbagi atas lapisan tanduk sebelah atas, dan lapis benih yang berada di bawahnya.

Baca Juga : Perawatan Kulit Alami yang Mudah dengan Khasiat Lidah Buaya

Selain melindungi organ tubuh, lapisan ini juga berfungsi untuk membuat sel-sel epitel baru. Pada kulit ari ini juga terdapat pigmen melanin yang memberi warna pada kulit.

Pigmen ini berguna dalam melindungi tubuh dari pengaruh cahaya ultraviolet, baik dari sinar matahari maupun terpaan zat atau bahan berbahaya lainnya.

Sedangkan, pada kulit jangat terdapat kelenjar keringat yang merupakan alat ekskresi untuk membuang zat-zat sampah dalam bentuk keringat.

Tips Kulit Sehat dan Cantik

Lantas, bagaimana cara perawatan kulit sehat yang benar? Berikut ini beberapa tips kulit sehat dan cantik yang penting dalam perawatan kecantikan perhatikan dan lakukan.

Rajin Membersihkan Keringat

Pada umumnya setiap orang akan mengeluarkan keringat rata-rata sebanyak 2 liter setiap hari. Namun jumlah ini berbeda-beda untuk setiap orangnya, tergantung dari aktivitas yang kita lakukan maupun proses metabolisme dalam tubuhnya.

Keringat yang keluar dari tubuh mengandung sejumlah unsur. Antara lain seperti air, garam, dan zat sisa buangan tubuh.

Dalam tips kulit sehat dan cantik sangat penting untuk segera membersihkan sisa keringat dari tubuh. Sebab bila kulit tidak cepat kita bersihkan, maka jamur yang banyak beterbangan dari udara akan menempel.

Setelah menempel, jamur itu akan melakukan penetrasi dan masuk ke lapisan kulit. Kondisi inilah yang akan menyebabkan terjadinya penyakit kulit. Gangguan kulit akan semakin mudah terjadi pada jenis kulit berminyak .

Mandilah dengan Sabun Antiseptik

Mandilah dengan menggunakan sabun antiseptik maupun anti bakteri, terutama setelah berolahraga atau melakukan pekerjaan berat yang mengeluarkan keringat banyak.

Keringat segar itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Munculnya bau badan tak sedap terutama terjadi akibat bakteri jamur yang menempel dan bercampur dalam keringat.

Tips kulit sehat dan cantik sangat penting saat mandi untuk membersihkan berbagai lipatan tubuh secara seksama. Sebab jamur ini umumnya menyukai tempat sekitar lipatan tubuh.

Seperti pada bagian ketiak, lipatan kaki, sekitar payudara, dan sekitar selangkangan. Tak jarang bau badan tak sedap muncul beserta dengan rasa gatal.

Gunakan Deodorant

Deodorant juga bisa Anda gunakan untuk membantu menjauhkan bakteri pada tubuh Anda. Namun pilih deodorant yang terbuat dari campuran wangi-wangian dengan zat anti kuman yang berguna untuk menekan sisa kuman dan jamur kulit.

Jangan Sering Menggunakan Scrub

Untuk membersihkan wajah, scrub wajah memang penting. Karena selain membersihkan dari kotoran yang menempel, sabun khusus wajah ini juga berguna untuk membuat wajah lebih halus dan segar.

Namun sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan scrub. Selain dapat mengikis lapisan minyak alami kulit, produk ini juga bisa memicu iritasi atau peradangan. Cukup gunakan sekali sehari terutama setelah pulang dari kantor.

Minum Air Putih yang Cukup

Siapa sangka jika dengan minum air putih yang cukup saja mampu memberikan sumbangan besar untuk kesehatan kulit.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Sehingga dengan minum air yang cukup dapat mencegah dari dehidrasi.

Air juga penting dalam membangun sistem imunitas tubuh. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, tubuh juga akan lebih terjaga kekebalannya terhadap serangan bakteri dan jamur.

Itulah beberapa tips kulit sehat dan cantik yang cukup sederhana namun efektif. Dengan melakukan perawatan secara rutin akan membuat kulit wajah dan tubuh selalu terlihat bersih, segar, sehat, dan cantik. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -