Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Mengusir Nyamuk yang Aman untuk Pernapasan

Tips Mengusir Nyamuk yang Aman untuk Pernapasan

Tips mengusir nyamuk berikut ini akan membantu kamu beristirahat dengan nyaman, tanpa membahayakan pernapasan.

Menjelang tidur banyak nyamuk berkeliaran dan mengganggu orang yang sedang beristirahat. Apalagi di musim hujan, nyamuk lebih cepat berkembang biak dan bisa menyebabkan penyakit.

Pemakaian obat nyamuk bakar sebaiknya kita hindari, karena ada resiko kesehatan yang mengintai. Proses pembakaran obat nyamuk menghasilkan asap yang mengganggu sistem pernapasan.

Sejumlah zat yang terdapat dalam obat nyamuk bakar bisa memicu asma, sakit tenggorokan dan batuk.

Dengan mengikuti panduan tips mengusir nyamuk di bawah ini, kamu bisa terbebas dari gangguan pernapasan.

Baca Juga: Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam, Begini Cara Menghilangkannya

Terutama jika di rumah ada bayi dan anak-anak perlu mendapat perhatian lebih karena mereka masih belum kebal terhadap ancaman nyamuk. Agar tidak terkena penyakit, yuk kita terapkan beberapa langkah antisipasi ini.

Ini Tips Mengusir Nyamuk

Ada beberapa metode menghilangkan nyamuk tanpa menggunakan asap. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai, tergantung dari budget dan pola kebiasaan sehari-hari.

Lotion Anti Nyamuk

Nyamuk menyukai karbondioksida yang berasal dari pori-pori kulit manusia. Tips mengusir nyamuk yang aman adalah dengan mengoleskan lotion pada permukaan kulit terbuka.

Produk lotion anti nyamuk bekerja dengan menutupi zat-zat kimia di kulit yang menarik perhatian nyamuk. Harganya berkisar 15-49 ribuan tergantung merek.

Selain lotion anti nyamuk, parfum dan deodoran yang memiliki aroma tertentu juga bisa menjadi alternatif.

Lavender, serai, dan kulit jeruk adalah beberapa bahan alami yang bisa mengusir nyamuk sekaligus menenangkan pikiran.

Jika ingin menggunakan lotion anti nyamuk pada bayi dan anak-anak, pilih yang memiliki formula lembut.

Pengusir Nyamuk Elektrik

Jika kamu tidak menyukai rasa lengket dari lotion, maka bisa coba gunakan pengusir nyamuk elektrik.

Tips mengusir nyamuk satu ini bersifat investasi karena harus membeli alat terlebih dulu, kemudian mengisi ulang selama pemakaiannya. Ada yang harus diisi ulang setiap malam, ada juga yang hanya sebulan sekali.

Pengusir nyamuk elektrik bekerja seperti pestisida yang mengusir serangga. Alat ini menggunakan daya listrik untuk mengaktifkan bahan kimia tertentu agar nyamuk tidak bisa mendeteksi keberadaan manusia.

Baca Juga: Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Letakan di Beranda atau Teras Rumah

Zat kimia yang sering ditemukan pada obat nyamuk elektrik biasanya diethyltoluamide, propoxur (karbamat), dan dichlorovinyl dimethyl (DDVP).

Pengusir Nyamuk Ultrasonic

Tips mengusir nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia adalah dengan gelombang ultrasonik. Alat pengusir nyamuk ultrasonik mengeluarkan gelombang frekuensi tinggi yang bisa mengusir nyamuk, lalat, bahkan tikus.

Selain membuat ruangan terbebas dari nyamuk, alat ini juga bisa menjadi lampu hias untuk dekorasi.

Akan tetapi, menggunakan gelombang ultrasonik sebaiknya jangan terlalu sering. Meski tidak mengeluarkan suara bising, namun bisa terdengar oleh telinga bagian dalam dan otak.

Lama kelamaan gelombang ultrasonik bisa mempengaruhi suasana hati, jadi gunakan seperlunya saja.

Perangkap Nyamuk Elektrik

Untuk nyamuk elektrik, cara kerjanya mengeluarkan sinar UV yang menarik perhatian nyamuk. Ketika alat ini menyala, nyamuk akan hinggap dan mati tersengat listrik.

Penggunaan alat ini cukup praktis dan murah, namun kita harus membersihkannya secara berkala.

Selain itu, penting untuk menaruh alat perangkap nyamuk di tempat yang terhindar dari jangkauan anak-anak.

Meski merepotkan karena harus rutin dibersihkan, tapi alat ini bebas zat kimia dan tidak berbahaya apabila digunakan secara tepat. Harga perangkap nyamuk berkisar antara 28-85 ribu tergantung merek.

Lilin Aromaterapi

Secara umum orang menggunakan lilin aromaterapi di spa atau klinik pijat. Lilin aromaterapi terbuat dari bahan-bahan alami yang mengeluarkan wangi menenangkan.

Selain bisa membuat kita lebih rileks, ternyata lilin dengan aroma tertentu bisa menjadi tips mengusir nyamuk yang aman.

Baca Juga: Manfaat Bunga Lavender Tak Hanya untuk Usir Nyamuk

Sama seperti lotion, aroma yang bisa mengusir nyamuk adalah lavender, sereh, dan kulit jeruk atau citrus. Jika ingin menggunakan lilin aromaterapi untuk mengusir nyamuk, pastikan AC dalam keadaan mati.

Lilin tidak boleh menyala lebih dari 4 jam karena proses pembakarannya bisa mengurangi manfaat.

Itulah tips mengusir nyamuk yang aman bagi pernapasan dan tidak menimbulkan asap. Ruangan yang bebas nyamuk akan terasa lebih nyaman dan bebas dari ancaman penyakit menular. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -