Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita JabarTransmigran Asal Jabar Banyak yang Sukses, Jadi Legislator dan Direktur

Transmigran Asal Jabar Banyak yang Sukses, Jadi Legislator dan Direktur

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebut transmigran asal Jawa Barat banyak yang sukses. Ada yang menjadi anggota DPRD sampai jadi direktur perusahaan.

Ridwan Kamil menyampaikan hal tersebut saat memberangkatkan 69 transmigran dari 19 kepala Keluarga ke Aceh dan Kalimantan Tengah. Pemberangkatan dilaksanakan di Aula Gedung Sate, Bandung, Senin (13/12/2021).

“Transmigran asal Jabar bagus-bagus. Anak-anaknya ada yang menjadi anggota DPRD, ada juga yang jadi Direktur PDAM Jayapura. Itu merupakan keberhasilan orang tuanya sebagai transmigran. Semoga ini menjadi penyemangat,” ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, transmigran dapat meraih kesuksesan apabila memiliki itikad baik serta semangat kuat. Para transmigran ini dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuannya hasil dari pelatihan.

Para transmigran harus terap menjaga dan mempertahankan nilai tradisi warga Jabar. Jaga hubungan yang baik dengan masyarakat pada daerah penempatan.

Pemprov Jabar akan terus melakukan program transmigran ke daerah yang membutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka serta perluasan lapangan kerja.

“Kita kirimkan ke Aceh dan Kalimantan Tengah. Angka pengangguran asa penurunan dari 10,4 persen tahun 2020 menjadi hanya 9,6 persen. Ini menunjukan ada penambahan 240 ribu lapangan kerja selama setahun,” jelasnya.

Menurut Ridwan Kamil, perluasan lapangan kerja tak hanya sebatas menambah lowongan kerja. Namun meluaskan mereka yang belum mendapat pekerjaan memilih program transmigrasi ke beberapa wilayah. Terbukti, transmigran asal Jabar ternyata banyak yang sukses.

Pada pelepasan transmigran asal Jabar ini, Ridwan Kamil pun menyerahkan hibah 2 bus operasional kerja. Masing-masing untuk Kabupaten Bandung Barat dan Indramayu. Bus ini bertujuan untuk mendukung kesejahteraan pekerja. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -