Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruTrue Tone iPhone Tidak Berfungsi, Apa Penyebab Sebenarnya?

True Tone iPhone Tidak Berfungsi, Apa Penyebab Sebenarnya?

True tone iPhone tidak berfungsi dapat disebabkan oleh banyak faktor. Adanya fitur true tone ini berfungsi untuk menyesuaikan intensitas cahaya pada ponsel.

Jika Anda para pengguna iPhone mengaktifkan fitur ini, maka cahaya dan warna di ponsel tidak akan menyakiti mata karena sudah terdapat sensor penyesuaian yang canggih. Bagaimana jika fitur ini tidak berfungsi secara tiba-tiba?

Baca Juga: Bug WhatsApp di iPhone Trending di Twitter, Apa penyebabnya?

Alasan Mengapa True Tone iPhone Tidak Berfungsi

iPhone merupakan jenis ponsel yang terkenal dengan keunikan dan kecanggihannya. Ponsel besutan perusahaan Apple ini sudah sejak lama memimpin sebagai nomor satu di dunia, termasuk Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika produk Apple memiliki kualitas yang tinggi dan tidak tersaingi. Mereka menggunakan berbagai macam komponen khusus sehingga penggunanya dapat menggunakan dengan nyaman.

Harganya yang mahal tentu sebanding dengan kualitas yang mereka tawarkan. Mulai dari software hingga hardware, semua Apple secara khusus dengan fitur-fitur pendukung yang tak kalah keren.

Fitur unggulan mereka pada iPhone adalah true tone. Fitur ini berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya dan warna sehingga pengguna tidak akan merasakan sakit di mata mereka.

True tone pada iPhone memiliki sensor yang akan secara otomatis menyesuaikan dengan keadaan cahaya sekitar. Selain itu, fitur true tone ini juga membantu menyajikan grafik yang HD dan mulus.

Sayangnya, banyak dari pengguna yang mengeluhkan bahwa true tone iPhone tidak berfungsi dengan baik. Apa penyebabnya?

Belum Mengaktifkan True Tone

Jika true tone di iPhone tidak berfungsi, maka jangan panik. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengecek apakah fitur true tone sudah aktif atau belum.

Cara mengeceknya pun sangat mudah, hanya swipe layar ke atas. Nanti akan muncul pengaturan tampilan dan kecerahan. Kalian bisa langsung mengaktifkannya pada menu true tone.

Baca Juga: Fitur Video 60 Detik Tanpa Jeda di Instagram Sedang Lalui Tahap Ujicoba

Software dan Hardware Bermasalah

Fitur true tone tidak berfungsi bisa jadi karena software pada iPhone kalian bermasalah. Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa Apple memberikan software khusus untuk produk-produknya.

Jika software tersebut tergantikan oleh yang tidak asli, maka fitur yang ada akan ikut bermasalah. Jika kalian membeli iPhone second dan fitur true tone tidak bisa aktif, maka tandanya LCD tersebut tak lagi original atau asli.

Selain software, hardware juga menjadi alasan kenapa fitur true tone tidak bisa berfungsi dengan normal. Bisa jadi ponsel kalian pernah terjatuh pada bagian layar dan tanpa sadar merusaknya.

Jika layar rusak, tentunya true tone tidak akan berfungsi dengan baik lagi. Selain karena kerusakan, kalian juga harus memeriksa perangkat seri apa yang digunakan. Tidak semua produk iPhone mendukung fitur true tone ini.

Karena Faktor Lainnya

Selain faktor di atas, true tone iPhone tidak berfungsi bisa juga karena faktor tak terduga lainnya. Bisa jadi karena kegagalan saat update iOS atau penggunaan ponsel yang terlalu lama sehingga menyebabkan error.

Baca Juga: Fitur Windows Defender Memberi Perlindungan dari Tindak Kejahatan

Servis True Tone iPhone

Jika true tone iPhone benar-benar sudah tidak bisa berfungsi lagi, maka kalian tentunya harus memperbaikinya di tempat servis. Tempat servis produk Apple pun tidak bisa sembarangan.

Servis produk Apple harus dengan teknisi khusus yang mengerti tentang komponen produk dan sudah terverifikasi secara resmi.

Apple sudah merancang khusus layar agar pas dengan perangkat iOS untuk menghasilkan kualitas yang maksimal. Adapun masalah yang akan terjadi jika servis atau penggantian komponen abal-abal.

Tidak akan memperbaiki true tone yang error. Hal itu karena fitur ini memiliki sensor cahaya yang hanya bisa didukung dengan layar LCD asli buatan Apple. Menggantinya dengan yang palsu tidak akan menyelesaikan masalah.

Warna tidak merata. Tone akan terlalu kuning atau biru sehingga menyakiti mata dan memperburuk grafik gambar di ponsel.

Tidak akan bertahan lama dan cepat rusak. Bahkan dalam beberapa kasus akan muncul titik hitam yang sangat mengganggu pada LCD layar.

Lalu di mana tempat servis yang baik? Bagi kalian yang true tone iPhone tidak berfungsi bisa langsung datang ke stan iPhone atau Apple Store di mall-mall besar Indonesia. Apple Store sangat terpercaya karena merupakan distributor resmi dari Apple. (R10/HR-Online)

- Advertisment -