Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisKades di Ciamis Diminta Tutup Obwis Tanpa Legalitas saat Nataru

Kades di Ciamis Diminta Tutup Obwis Tanpa Legalitas saat Nataru

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meminta ke kepala desa (Kades) untuk menutup objek wisata (obwis) yang berisiko tinggi terutama tanpa legalitas.

Kadispar Ciamis, Wasdi mengatakan, bahwa penutupan tersebut merujuk Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021.

Surat mengenai Natal dan tahun Baru (Nataru) tersebut, bahwa Kabupaten Ciamis akan melakukan pengetatan pada beberapa obwis dari tanggal 24 Desember 2021- 2 Januari 2022. 

Namun, pihaknya menegaskan tidak akan menutup objek wisata maupun cafe menjelang Nataru nanti.

“Akan tetapi para pengelola harus memperketat mengenai protokol kesehatannya. Seperti dengan membatasi jumlah kapasitas pengunjung sebanyak 50%,” katanya kepada HR Online, Rabu (22/12/2021).

Sementara untuk memberikan informasi tersebut, pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada seluruh pengelola objek wisata. Terutama point mengenai ditutupnya obwis yang berisiko dan tanpa legalitas atau tidak ada pengelolaannya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk objek Wisata yang tidak mempunyai izin terutama wisata alam, harus ditutup untuk mencegah risiko-risiko yang tidak diinginkan.

“Maka kita meminta kepada para kepala desa untuk menutup obwis tanpa legalitas atau tidak ada pengelolaan,” tegasnya.

Sedangkan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Ciamis, khususnya saat malam tahun baru, pihaknya akan menyiarkan hiburan secara virtual.

Jadi, nanti masyarakat bisa melihat hiburan tersebut di  channel YouTube BP2D Ciamis, agar masyarakat Ciamis tetap diam di rumah saja. 

“Semoga acara tersebut bisa memberikan hiburan yang menarik untuk masyarakat Ciamis saat malam tahun baru,” harapnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -