Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruUpdate iOS 16 Siap Rilis, Simak Tipe Ponsel yang Akan Mengantonginya!

Update iOS 16 Siap Rilis, Simak Tipe Ponsel yang Akan Mengantonginya!

Update iOS 16 untuk iPhone dan iPad rumornya telah mengemuka di dunia maya. Sebelumnya Apple telah merilis iOS 15 pada 2021. Para penggemar Apple mengharapkan adanya peningkatan iOS 16 berikutnya.

Para pengguna pun banyak yang melaporkan kelemahan iOS 15 terbaru. Mereka pun optimis terkait dengan iOS 16 yang akan datang ini. Perkiraan tanggal rilis serta fitur iOS 16 akan hadir dan mulai datang secara online.

Baca Juga: Update iOS 15.2 Sudah Resmi Meluncur, Apa yang Baru?

Rumor Update iOS 16

iOS merupakan sistem operasi seluler yang telah dikembangkan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini akan menjadi rilis utama keenam belas iOS yang saat ini tengah melalui proses pengembangan.

Sistem operasi ini akan hadir untuk menggantikan iOS 15. Ini merupakan sistem operasi yang akan menggerakkan banyak perangkat dari perusahaan, termasuk iPhone.

Selanjutnya iOS 16 akan membawa perubahan antaramuka pengguna, pengalaman menjelajah yang didesain ulang. Terdapat pula fitur privasi baru, kemampuan AR/VR, dan lain sebagainya.

Update iOS 16 kabarnya akan datang pada Juni 2022 di Worldwide Developers Conference. Akan tetapi, pembaruan perangkat lunak ini akan resmi meluncur tiga bulan setelahnya. Ini mungkin akan rilis ke publik pada September 2022.

Apple mencoba mendukung beberapa model iPhone setiap perilisan iOS terbaru. Seperti iOS 15 yang mendukung paling tidak iPhone 6S yang rilis pada tahun 2015 lalu.

Namun dalam bocoran awal, menyebutkan bahwa iPhone 6S ini termasuk iPhone 6S Plus dan iPhone asli SE tidak akan memperoleh update iOS 16. Sistem operasi ini akan hadir pada iPhone 7 dan di atasnya.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Apple terkait rumor ini, akan tetapi fakta bahwa iphone 6S dan iPhone SE generasi pertama tidak memperoleh update iOS 16 memang cukup masuk akal.

Baca Juga: Cara Update Telegram di iPhone, Nikmati Berbagai Fitur Menarik!

Perangkat yang Siap Didukung iOS 16

Sebagai informasi, Apple memberikan dukungan pada setiap produknya selama 6 tahun setelahnya. Tidak heran jika iPhone 6S resmi rilis 2015 tidak masuk dalam list perangkat yang mendukung iOS 16.

Kedua perangkat tersebut (iPhone 6S serta iPhone SE generasi pertama) bisa dikategorikan sebagai ponsel lawas Apple pada saat ini. Untuk iPhone SE rilis pada tahun 2016, hadir dengan dukungan versi 9.3.

Pada tahun 2022 mendatang, iPhone 6S akan memasuki usia yang ke 7 tahun. Sedangkan untuk iPhone SE generasi pertama masuk pada usia 6 tahun.

Perlu Anda ketahui, dengan perilisan iOS 16, Apple juga hendak meluncurkan versi iPadOS teranyar. Ini adalah iPadOS 16.

Sama halnya dengan perangkat iPhone, beberapa model iPad terdahulu juga mungkin tidak akan memperoleh dukungan sistem operasi terbaru ini.

Berdasarkan laporan iPhoneSoft, beberapa perangkat iPad yang mungkin tidak akan memperoleh update iOS 16 antara lain iPad Mini 4, iPad 5, iPad Air 2, iPad Pro 12.9 (2015), dan iPad Pro 9.7.

Sementara itu, sistem operasi terbaru Apple ini diharapkan muncul bersamaan dengan iPhone 14 pada tahun 2022 mendatang.

Sedangkan untuk perangkat iPhone yang mungkin akan memperoleh dukungan iOS 16 antara lain keseluruhan model iPhone 12, model iPhone 13, model iPhone 14, iPhone SE 2020, model iPhone 11, iPhone XS, XS Max, iPhone 7, 7 Plus, iPhone 8, 8 Plus, iPhone X, dan XR plus.

Program Sistem Operasi Apple Beta

Kabar menarik, Anda dapat bergabung dengan program beta iOS untuk mencoba sistem operasi terbaru yang akan rilis.

Program ini dapat terakses oleh siapa saja menggunakan ID Apple yang valid dengan ketentuan proses pendaftaran.

Baca Juga: Cara Melakukan Panggilan Internasional Gratis WhatsApp yang Aman

Dalam tahap awal, Apple akan merilis beta pengembang pertama iOS 16 untuk para pengembang saja, Selanjutnya, perusahaan juga akan mengumumkan update iOS 16 ke publik nantinya.

Setelah Anda menjadi anggota program perangkat lunak beta Apple, maka Anda bisa mendaftarkan perangkat untuk mengakses beta publik dan mencoba berbagai fitur baru. Sedangkan cara instal beta public iOS 16 adalah:

  1. Masuk ke laman Apple Beta, lalu klik Daftar. Daftar dengan menggunakan ID Apple Anda.
  2. Selanjutnya masuk ke program serta daftarkan perangkat iOS Anda
  3. Berikutnya buka beta.apple.com/profile pada perangkat iOS Anda
  4. Undah serta install profil konfigurasi. Versi beta akan tersedia dalam aplikasi pengaturan pada bagian bawah pembaruan perangkat lunak.

Perlu Anda perhatikan bahwa informasi ini masih sebatas rumor. Kemungkinan daftar iPhone serta iPad yang akan memperoleh update iOS 16 ini berubah hingga Apple mengumumkan daftar resminya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -