Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruUpdate One UI 4 Resmi Diumumkan, Hadirkan Beragam Fitur Baru

Update One UI 4 Resmi Diumumkan, Hadirkan Beragam Fitur Baru

Update One UI 4 resmi diluncurkan oleh Samsung belum lama ini dalam beberapa produk pilihan. Sistem operasi terbaru ini pertama kali hadir pada Galaxy S21, Galaxy 21+, serta Galaxy S21 Ultra mulai tanggal 15 November 2021. Melalui sistem operasi terbaru ini terdapat beragam pembaharuan dari generasi sebelumnya.

Dengan pilihan kustomisasi baru, maka fitur privasi serta akses menuju ekosistem Samsung terus mengalami perkembangan. Dengan demikian, One UI 4 mampu menghadirkan pengalaman mobile yang lebih canggih dan terbaik.

Baca Juga: HP Samsung One UI, Penggunaan Ponsel Lebih Nyaman dan Optimal

Kabar Terbaru, Update One UI 4 Resmi Meluncur

Samsung Electronics belum lama ini mengumumkan adanya peluncuran resmi One UI 4 yang mereka hadirkan pada beberapa perangkat.

Sebelumnya, Samsung telah melakukan hal yang cukup fantastis dalam pembaharuan One UI 3.1 berdasarkan Android 11 pada sebagian besar ponsel dalam portofolionya.

Kini perusahaan pun melakukan pembaharuan Android 12 Samsung yakni One UI 4. Pembaharuan ini hadir dengan serangkaian fitur baru serta penyegaran UI.

Meskipun dalam segi desain tidak terlalu berbeda dengan One UI 3.1, saat ini terdapat banyak hal menarik dalam One UI 4.

Dalam pembaharuan ini, Samsung menggunakan versi estetika Material You Design yang bernama Dynamic Color. Desain ini menawarkan penyesuaian yang lebih baik, terdapat 60 desain, dan fitur baru secara keseluruhan.

Hal yang menarik lain adalah pembaharuan stabil One UI 4 yang saat ini resmi meluncur setelah Samsung memberikan pembaharuan hanya selang sebulan usai Google merilis seri Pixel 6. Versi stabil One UI saat ini tersedia di seri Galaxy S21 untuk negara-negara tertentu.

Baca Juga: Fitur SSS Instagram Hadir dan Memudahkan Download Konten Video

Tampilan Lebih Seru dan Menarik

Update One UI 4 menghadirkan beragam jenis Color Palettes terbaru yang dapat dipilih. Para pengguna pun bisa mengubah tampilan serta merasakan perubahan yang ada. Mulai dari home screen, tombol, background, menu, hingga ikon.

Dengan kata lain, pembaharuan software One UI 4 ini mampu menghadirkan interaksi yang sederhana. Selain itu, juga dengan desain yang lebih elegan dan bersih.

Dengan rancangan widget yang disetel ulang serta menawarkan kustomisasi lebih detail. Para pengguna dapat letakkan widget penting pada lock screen.

Seperti calender untuk cek jadwal sekilas. Dapat pula meletakkan Voice recorder guna merekam ide-ide yang hadir secara tiba-tiba.

Selain itu, para pengguna juga memperoleh akses lebih mudah pada rangkaian emoji yang menarik serta beragam pada satu tempat.

Dengan update One UI 4 pada beberapa perangkat Samsung ini, pengguna dapat menikmati pengalaman berkomunikasi yang lebih seru.

Dengan sistem operasi terbaru ini, terdapat banyak variasi fitur emoji, sticker, dan GIF yang tersedia langsung dari keyboard perangkat.

One UI 4 Update Sistem Keamanan

Tidak hanya membawa pembaharuan dalam fiturnya saja, akan tetapi Samsung juga membawa pembaharuan pada pengaturan privasi yang lebih mudah.

Mulai dari adanya notifikasi jika aplikasi mencoba akses kamera, mikrofon, hingga dashboard privasi baru yang menampilkan semua pengaturan dalam satu tempat.

Selain itu, dalam sistem keamanan terbaru One UI 4, ada rangkuman riwayat dari hal-hal yang dapat izin selama kurun waktu 7 hari terakhir.

Penggunaan data dari aplikasi yang meminta akses ke hal tertentu juga dapat pengguna ketahui statistiknya.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy A23 Hadir dalam Edisi 4G dan 5G, Kamera 50MP!

Menghubungkan Pengguna ke Ekosistem yang Diperluas

One UI 4 yang telah melalui proses update ini dapat membantu pengguna untuk memaksimalkan ekosistem perangkat serta aplikasi pihak ketiga Samsung yang luar biasa. Lalu juga membantu membuka pengalaman seluler yang lebih kuat.

Dapat membantu dalam hal kemitraan Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google. Hal ini dapat memastikan pengalaman yang lebih baik ketika menggunakan aplikasi serta layanan pihak ketiga favorit pengguna.

Dengan demikian, pengguna pun dapat menikmati berbagai aplikasi seperti Google Duo yang menyediakan panggilan video dengan kualitas tinggi bersama keluarga dan teman.

Pembaharuan pada sistem operasi One UI 4 resmi meluncur pada 15 November 2021 lalu. Akan tetapi, untuk pembaharuan awal, One UI 4 baru tersedia pada Samsung Galaxy S21.

Meskipun demikian, Samsung memastikan bahwa update One UI 4 ini akan segera hadir untuk seri Galaxy lainnya. Mulai dari Galaxy S21, Galaxy Note, Galaxy A, tablet, serta foldables. (R10/HR-Online)

- Advertisment -