Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita BisnisUsaha Salon Kuku dan Strategi Mengelola Segmen Wanita

Usaha Salon Kuku dan Strategi Mengelola Segmen Wanita

Usaha salon kuku terbilang belum begitu populer seperti halnya salon kecantikan lainnya. Namun jenis bisnis ini termasuk sangat potensial dengan segmen khusus yang masih rendah tingkat persaingannya.

Salon kuku sebenarnya malah popular di berbagai negara. Tempat semacam ini popular juga dengan sebutan nail art shop. Kebutuhan terhadap seni hias kuku tak ubahnya dengan tato untuk gaya hidup modern.

Memulai bisnis memang tidaklah mudah, apalagi bisnis dalam bidang salon kecantikan semacam ini. Anda pastinya memerlukan keterampilan dan keahlian dalam tata rias kuku yang menarik.

Selain hal tersebut, seorang pelaku bisnis ini harus memiliki hobi dalam aktivitas perawatan kecantikan terhadap konsumennya agar bisnis salonnya tersebut bisa sukses.

Baca Juga: Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung, Apakah Menguntungkan?

Perlu Anda tahu bahwasanya bisnis dalam bidang salon ini ternyata memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Jenis bisnis ini juga sangat menjanjikan dan menguntungkan karena tingkat persaingannya yang masih rendah.

Pangsa pasar bisnis salon kecantikan kuku bukanlah pada wanita saja, melainkan juga kalangan anak-anak dan remaja. Dengan strategi yang tepat bukan mustahil usaha Anda akan cepat berkembang.

Strategi Usaha Salon Kuku

Untuk Anda yang tertarik menjalankan bisnis nail art tentunya perlu melakukan berbagai persiapan. Anda juga perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan pasar maupun tingkat persaingan yang ada.

Nah, berikut ini beberapa strategi usaha salon kuku yang bisa Anda lakukan. Keunikan layanan ini akan menjadi daya tarik bagi calon konsumen. Karena itu Anda perlu mempersiapkannya dengan sangat baik.

Pilih Lokasi yang Strategis

Tahap awal yang harus Anda lakukan dalam menjalankan bisnis seni merias kuku ini adalah dengan memilih lokasi atau tempat yang strategis dan dekat dengan keramaian. Belum banyak orang yang secara khusus mencari salon kuku.

Baca Juga: Jenis Usaha Modal Kecil Tapi Untungnya Besar, Pasti Laris Manis!

Oleh sebab itulah, Anda yang harus mendatangi mereka. Salah satu tempat yang paling tepat untuk membuka bisnis salon nail art ini adalah mall.

Gunakan Produk yang Aman

Membangun usaha salon kuku penting menjaga kualitas layanan. Anda perlu menggunakan produk perawatan yang berkualitas dan juga aman. Jangan sembarangan dalam memilih produk. Bekali para nailist banyak ilmu.

Tidak hanya seputar cara dalam melakukan perawatan dan juga menghias kuku, akan tetapi juga masalah kesehatan kukunya. Dengan demikian, ia pun juga bisa sekaligus jadi konsultan kesehatan kuku, kaki, dan juga tangan.

Menjaga Kualitas Pelayanan

Hal penting yang tak boleh Anda lupakan adalah selalu menjaga kebersihan peralatan. Pastikan alat-alat pembersih kuku yang Anda pakai bebas dari bakteri dan juga penyakit.

Ada baiknya alat tersebut telah melewati proses sterilisasi terlebih dahulu sebelum Anda gunakan.

Lakukan Promosi yang Segmented

Urusan promosi salon dan juga pemasaran jadi hal yang paling penting sekali dalam menjalankan usaha salon kuku ini. Apalagi, ini tergolong dari jenis usaha yang relatif baru.

Perlu Anda tahu bahwasanya ada sejumlah cara promosi salon yang tak perlu banyak mengeluarkan uang. Caranya adalah dengan promosi dari mulut ke mulut.

Informasi dari mulut ke mulut para pelanggan memang sangat efektif dan murah. Tetapi hal yang demikian tak lantas membuat mereka hanya bisa berpangku tangan menunggu datangnya pelanggan.

Dengan memberikan biaya yang cukup murah dan terjangkau, upaya pemasaran atau pun promo salon kuku juga tetap bisa Anda lakukan secara kontinyu dan maksimal.

Salah satunya adalah dengan menyebarkan brosur ke perumahan ataupun kantor sekitar lokasi usaha Anda. Hasilnya tak percuma, Anda sebagai pemilik salon kuku akan memiliki jumlah pelanggan kian hari kian bertambah. 

Baca Juga: Bisnis Kerajinan Tangan Modal Kecil yang Menguntungkan, Apa Saja?

Tetapi tak hanya itu saja, berikut ini masih ada beberapa cara atau pun tips mudah untuk mengembangkan usaha salon kuku yang bisa Anda simak terlebih dahulu.

Berikan Promo Secara Berkala

Ada tips lainnya yang dapat Anda tiru dalam mengembangkan bisnis nail art milik Anda. Silakan Anda membuat database pelanggan Anda.

Dengan database inilah pihaknya dapat memberi informasi lewat email atau pun telepon, bila ada promo salon atau pun layanan baru.

Sebagai bonusnya, bagi para pelanggan setia yang sedang berulang tahun, silakan Anda berikan diskon khusus selama satu bulan penuh atau yang lainnya.

Demikianlah sedikit informasi tentang tips mudah memulai dan mengembangkan usaha salon kuku yang bisa Anda coba lakukan. Pasar khusus membutuhkan strategi yang khusus pula dengan memanjakan pelanggan Anda. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -