Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisViral Harimau Melintas di Jalan Cisaga-Rancah, BKSDA Ciamis: Hoaks

Viral Harimau Melintas di Jalan Cisaga-Rancah, BKSDA Ciamis: Hoaks

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Viral video yang memperlihatkan seekor Harimau sedang melintasi jalan. Penyebar video menyebut video viral Harimau melintas tersebut terjadi di Jalan Cisaga-Rancah, tepatnya di wilayah perkebunan Lemah Neundeut, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam sebuah video yang beredar luas di berbagai WhatsApp Group, terlihat video diambil dari dalam mobil pada malam hari. Lampu mobil menyorot ke arah jalan.

Mobil dalam keadaan berhenti, seekor Harimau dari arah perkebunan terlihat menyeberang dari sisi kiri jalan menuju sisi kanan jalan. Harimau tersebut lalu masuk lagi ke arah perkebunan di bagian kanan jalan.

Baca Juga: Pohon Usia Ratusan Tahun di Keramat Dungkut Kawali Ciamis Tumbang

Menanggapi beredarnya video viral Harimau yang melintas di Jalan Cisaga-Rancah tersebut, Dede, salah satu petugas BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah III Ciamis, mengatakan, pihaknya sudah menelusuri kebenaran video tersebut.

“Kami sudah konfirmasi mengenai kebenaran video tersebut. Ternyata menurut Babinsa di sana itu tidak benar dan tidak ada kejadian tersebut,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Dede mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari warga terkait video tersebut. Namun, pihak pelapor tidak bisa menjelaskan lokasi di mana Harimau tersebut melintas. Sehingga pihaknya menyimpulkan video tersebut hoaks.

“Ketika ada yang melapor ke kami mengenai video itu, ternyata pihak pelapor tidak bisa membuktikan secara jelas daerah di jalan mana Harimau melintas. Sehingga kami tegaskan bahwa itu tidak benar,” ungkapnya.

Dede menerangkan, untuk populasi hewan yang ada di Gunung Sawal hanya ada Macan Tutul bukan Harimau. 

“Untuk populasi hewan yang berada di Gunung Sawal hanya ada Macan Tutul dan tidak ada Harimau,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -